[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Kesemutan

Rabu, 03 Januari 2018

Mudra untuk Kesemutan

Mudra untuk Kesemutan, Mudra for Tingling and Numbness ~ Sepertinya, semua orang pernah merasakan kesemutan. Semacam perasaan campur aduk antara geli dan nyeri, sekaligus tertusuk-tusuk juga mati rasa di anggota tubuh tertentu. Biasanya, kesemutan disebabkan oleh kelumpuhan pada ujung-ujung saraf karena aliran darahnya terganggu. Misalnya kesemutan pada tangan, karena tertindih lama saat tidur.

Keadaan yang bernama medis Parestesia ini juga bisa diakibatkan oleh kurangnya vitamin B, terutama B1. Thiamin atau vitamin B1 diperlukan bagi tubuh, salah satunya karena dapat mengubah karbohidrat menjadi energi. Lebih spesifik lagi, Thiamin sangat penting bagi kesehatan saraf-saraf di sekujur tubuh. Oleh karena itu, ada berbagai suplemen B1 yang beredar di pasaran untuk mengatasi masalah gangguan saraf tepi.

Di samping itu, ada pula jenis kesemutan yang lama hilang, sering kambuh, bahkan merupakan gejala awal penyakit serius. Penderita-penderita diabetes, gangguan ginjal, penyakit hati, dan banyak penyakit serius lainnya juga sering mengalami kesemutan, tapi dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, ada beberapa obat yang dapat juga menimbulkan efek kesemutan, misalnya obat-obatan kemoterapi.

Kesemutan biasanya akan secepatnya hilang saat peredaran darah kembali lancar. Namun jika disertai gejala lain seperti ruam atau kejang otot, segera konsultasikan ke dokter. 

Untuk mengatasi kesemutan atau mati rasa pada ujung-ujung saraf, bisa juga diatas dengan mudah dan alami, yaitu dengan Mudra.

Baca juga: Berkenalan dengan Mudra

Vaata-Naashak Mudra

Vaata mewakili elemen-elemen udara dan ruang pada tubuh. Pada dasarnya, Vaata-Naashak Mudra diperuntukkan untuk orang-orang dengan konstitusi Vata. Yaitu orang-orang yang dalam tubuhnya terdapat kedua elemen tersebut secara berlebih. Ciri-cirinya, biasanya tinggi atau justru pendek, cenderung kurus dan susah bertambah berat badan, dengan kulit dan rambut yang kering. 

Orang-orang Vaata dikarunia dengan pemahaman yang cepat dan tinggi, namun sayang, mudah juga lupa. Mereka adalah tipe pemikir yang cukup aktif secara fisik maupun pikiran, dan oleh karenanya, cenderung susah tidur dan tidurnya pun mudah terganggu. Kelemahan mereka adalah di persendian dan tulang, juga mudah lelah karena keaktifan dan kepintarannya membuatnya lelah.

Vataa-Naashak Mudra dengan demikian akan membantu mengontrol elemen ruang dan udara yang berlebih dalam tubuh. Dan selain baik bagi orang-orang Vaata, Mudra ini membantu mengatasi kesemutan, dengan menyeimbangkan kedua elemen tersebut yang kemudian akan memperlancar supply darah ke saraf-saraf tepi yang menderita kelumpuhan. 

Caranya: Tekuk jari telunjuk dan tengah, tahan dengan ibu jari. Biarkan dua jari lain tetap lurus tapi tidak kaku. Untuk senantiasa menjaga kesehatan saraf dan menyeimbangkan elemen udara dan ruang, lakukan Vaata-Naashak Mudra ini sambil duduk bersila dengan kedua tangan di atas paha, selama lima menit atau senyamannya. Untuk meredakan kesemutan, aplikasikan sampai mati rasanya hilang, dengan posisi yang nyaman. Atau sekitar 45 menit (dapat dibagi dalam beberapa waktu) jika mengalami kesemutan yang sering timbul karena sebuah penyakit.

Catatan: Bagi orang-orang yang sudah cukup berolah raga dan tidak dengan ciri-ciri Vaata, hendaknya melakukan Mudra ini hanya selama 3-5 menit saja. Atau jika diaplikasikan untuk mengatasi kesemutan, segera hentikan saat kesemutannya sudah hilang.
.......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

3. Mudra untuk Masalah Telinga
atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!
Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.

18 komentar:

  1. Saya agak sering nih kesemutan huhu, apalin gerakan tangan mudra nya ah, nuhun teh Ayu

    BalasHapus
  2. wah, boleh dicoba. soalnya sering semutan jg tangan dan kakinya. jd ini metode self healing ya^^

    BalasHapus
  3. Iya betul, semutan datang dan pergi hihihi

    BalasHapus
  4. Wah bisa dipraktekin langsung nih

    BalasHapus
  5. Bookmark lagii.. langsung praktekin.

    BalasHapus
  6. Kalo pas bangun tidur, tangan bagian kanan biasanya suka kesemutan tapi agak sakit. Biasanya digerak2in dan rendem air hangat udah baikan. Tapi bekangan kesemutan agak sering juga, jadi pas nih infonya, nanti dipraktekin. Nuhun, teh.

    BalasHapus
  7. Mbak Ayu, mudra bisa utk sakit otot ga? Lengan kiri saya say, sering ngilu. Kata dokter itu otot harus psioterapi

    BalasHapus
  8. Aku nih sering kesemutan kalau udah asik ngetik suka mager. Kadang kalau kerja pake hp tangan suka kesemutan juga. Bookmarked dulu ah.

    BalasHapus
  9. Aku paling sering kesemutan kaki kanan niy Mak..

    baiklah note pisan

    BalasHapus
  10. Mudra memang simple ya teh...
    Konsentrasi na yang susah. Entah mengapa suka banyak pengganggu nih

    BalasHapus
  11. Wah kebetulan belakangan saya lagi sering ngalamin kesemutan.. Jadi ingin mencoba. Tks infonya yaa,

    BalasHapus
  12. Tiap baca postingan Teteh jadi keingetan buat ngepraketikin mudra, tapi suka lupa terus 😭😭😭

    BalasHapus
  13. Deuh pengen nyoba mudra dari dulu tapi bentrok males wae xixixi

    BalasHapus
  14. Saya juga kesemutan, Teh. Terutama kalau udah duduk di bawah lama. Makasih infonya :)

    BalasHapus