[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Asam Urat

Jumat, 19 Januari 2018

Mudra untuk Asam Urat

Mudra untuk Asam Urat, Mudra for Uric Acid ~ Asam urat tergolong penyakit yang biasa diderita oleh para lanjut usia. Namun di zaman now dengan segala kelebihannya ini, banyak juga orang-orang muda yang sudah mengalami asam urat.

Penyakit Asam Urat adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. *sumber: alodkter.com Rasa sakit ini didapat dari zat purin yang berlebihan dalam darah, sehingga tidak mampu dikeluarkan oleh ginjal dan menumpuk di persendian. 

Zat purin sebenarnya ada dalam setiap makhluk hidup yang kita konsumsi, baik hewan maupun tumbuhan. Jika asupannya masih dalam kadar normal, tidak akan menjadi masalah dan dapat dikelola dengan baik oleh ginjal. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi makanan yang mengandung zat purin tinggi seperti jeroan, sayuran seperti kembang kol dan bayam, dan banyak lagi, serta perbanyak minum air putih. 

Ada banyak ramuan herbal maupun obat kimia untuk mengurangi rasa sakit asam urat. Sebagai tambahan ikhtiar, bisa dengan berMudra untuk self healing.


Sebagai salah satu dari banyak metode self healing, Mudra adalah yang paling sederhana, mudah, dan fleksibel. Dapat dilakukan kapan saja, sambil beraktifitas apa saja, dan di mana saja dalam waktu senyamannya.

Ada beberapa Mudra yang ditujukan untuk membantu mengobati asam urat. Yaitu Shakatam Mudra, yang memberikan kekuatan dan kemampuan bergerak.  Selain itu, ada juga perpaduan dua Mudra Apaana Vayu dan Vayu Shamak, yang masing-masing bisa dilakukan senyamannya, setidaknya 5 menit.  

Atau, kombinasi dari ketiga Mudra ini juga akan membantu penyembuhan, karena Mudra tidak memiliki efek negatif apapun kecuali memberikan energi lebih pada tubuh. Namun sebaiknya formasi-formasi jari ini dilakukan secara kontinu setiap hari, karena keberhasilan memerlukan konsistensi. 

1. Shakatam Mudra


Arti kata 'Shakata' (bahasa Sansekerta) adalah 'Kendaraan'. Seperti maknanya, formasi jari ini memang merepresentasi kendaraan. Dua ibu jari yang bersatu bertindak sebagai poros, telunjuk menandakan kecepatan, dan jari-jari yang terlipat adalah rodanya. Dengan formasi tersebut, ada energi yang tercipta untuk memberikan gerakan dan kekuatan yang diperlukan.  

Aplikasikan Shakatam Mudra secara kontinu sebagai tambahan pengobatan Asam Urat, agar persendian kembali kuat dan mudah untuk digerakkan.

Caranya: Bawa kedua tangan di hadapan dada, lalu tekuk semua jari, kecuali telunjuk dan ibu jari. Satukan kedua ibu jari dan biarkan kedua telunjuk berdiri tegak namun tidak tegang. Lakukan selama 5 menit atau senyamannya. 

2. Vayu-Shaamak Mudra


Sesuai dengan formasi jarinya, Mudra ini mengurangi elemen udara dalam tubuh. Elemen udara diwakili oleh jari telunjuk, sehingga jari ini ditekuk. Mengurangi elemen udara dalam tubuh banyak sekali manfaatnya, terutama bagi yang mudah khawatir, karena bisa menenangkan sistem saraf. 

Dengan Vayu-shaamak, bisa diatasi juga ketidakseimbangan pada hormon endokrin, serta merehidrasi tulang-tulang rawan. Oleh sebab itu, Mudra ini baik untuk kesehatan bagian persendian.

Caranya: Tekuk telunjuk ke dalam, lalu tahan dengan ibu jari. Biarkan ketiga jari lain tetap lurus dan tidak tegang. Lakukan senyamannya juga, dengan niat untuk meremajakan dan merehidrasi tulang-tulang rawan serta persendian. 

3. Apaana Vayu Mudra

Mudra ini terkenal dengan sebutan Mritisanjeevani Mudra, atau penyelamat nyawa saat terkena serangan Jantung. Bagi yang memiliki penyakit Jantung, sila mempraktikkan Mudra ini secara teratur, terutama saat dada mulai terasa nyeri karena serangan, sambil menunggu pertolongan medis datang.

Selain itu, Mudra ini termasuk kategori Pain Killer yang bisa mengatasi berbagai rasa nyeri lain, seperti sakit gigi, nyeri di bagian tumit, termasuk nyeri sendi. Lakukan Apaana Vayu Mudra saat rasa sakit di bagian-bagian tersebut melanda untuk mengurangi penderitaannya.

Caranya: Tekuk jari telunjuk ke dalam, lalu satukan ujung-ujung jari tengah dan manis dengan ujung ibu jari. Biarkan jari kelingking tetap lurus dan tidak kaku. Lakukan senyamannya sampai rasa nyeri hilang, atau saat dada terasa sesak pada penderita sakit jantung untuk mengurangi kelumpuhan otot.


.......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

3. Mudra untuk Kesemutan


atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.

11 komentar:

  1. sangat bermanfaat banget, cocok ini buat ibu aku

    BalasHapus
  2. Lengkap yaa Mudra untuk asam uratnya Mbak Inaaa 😍

    BalasHapus
  3. Sepertinya mudah, tinggal prakteknya

    BalasHapus
  4. Yang vayu mudra shaamka kayaknya bisa buat ngobatin kembung juga, ya? Buat buang angin yang terjebak(((terjebak))) di perut

    BalasHapus
  5. pengen baca semua tentang mudra, wajib dikasih tau nih ke emak karna punya asam urat :D

    BalasHapus
  6. Mbahku kadnag suka kambuh asam uratnya...

    BalasHapus
  7. mantap ka..banyak ibu ibu yan mengidap penyakit asam urat ini dan banyak juga yang mengeluh sakit kaki.. Semoga dengan terapi mudra ini, ibu-ibu bisa sehat ya ka

    BalasHapus