[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Membimbing Diri

Minggu, 28 Januari 2018

Mudra untuk Membimbing Diri

Mudra untuk Membimbing Diri Sendiri, Mudra for Inner Guidance ~ Bagi sebagian orang, zaman now ini terasa membingungkan. Jika dulu sumber pengetahuan adalah para orang tua, guru dan buku, saat ini ada banyak informasi yang bisa dengan mudahnya diakses. Terlau banyak dan mudah, sehingga membingungkan. Tidak jelas lagi batasan antara informasi yang benar dan bermanfaat, atau yang menyesatkan.

Orang tua dan para guru, juga buku-buku yang sudah dicetak ulang sebagai bahan referensi tentu saja tidak akan mengajarkan keburukan apalagi membimbing pada kesesatan, namun entah bagaimana halnya dengan sumber informasi lainnya zaman now ini. Berbagai portal berita berseliweran di dunia maya, dan bahkan, orang biasa-bukan jurnalis pun bisa menyebarkan berita melalui akun-akun media sosialnya. Membuat media sosial sebagai bagian dari sumber informasi dan berita.

Informasi dan berita-berita itu, mungkin saja masuk ke alam bawah sadar tanpa disadari. Yang membuat pikiran jadi tidak tenang, perasaan jadi tidak tentram. Gamang, tanpa jelas sebabnya. Oleh sebab itu, selain meningkatkan kedekatan dengan Sang Illahi dengan ibadah, praktik Meditasi juga semakin digemari. Untuk memfasilitasi diri berhening sejenak, dan bertanya kepada diri sendiri tentang penyebab kegamangan.  

Mari, berteman dengan keheningan sambil berPalli Mudra.


Palli Mudra

Dalam bahasa Sansekerta, Palli berarti 'Tempat Perlindungan', atau 'Shelter' dalam bahasa Inggris. Ini dikarenakan, melakukan Palli Mudra akan membawa diri pada suatu tempat yang membuat nyaman. Mudra ini akan membimbing diri untuk mendengarkan suara hati, atau 'Inner Voice', yang akan membimbing pada jati diri. 

Terekspos pada berbagai informasi yang belum jelas kebenarannya membuat kita sering merasa bimbang untuk memutuskan. Tidak hanya itu, menjalin hubungan intens dengan media juga akan menjauhkan dari keyakinan di dalam diri. Palli Mudra membantu kita kembali yakin pada apa yang dimiliki oleh diri sendiri. 

Keyakinan dan nilai-nilai yang kita telah alami, pelajari, dan maknai secara bijak sepanjang hidup, akan kembali mengalir. Memupuk lagi rasa kepercayaan, semangat, dan kepositifan dalam diri yang memudar. Pada gilirannya, ini akan membimbing kita dalam perjalanan kehidupan. Dikatakan juga, pada tingkat yang halus, Palli Mudra akan membentuk keselarasan jiwa yang akan mengalir ke dalam, maupun ke luar. 

Kapanpun merasa gamang atau sedang kehilangan jati diri, sila mengaplikasikan Mudra ini. Untuk berdialog dengan diri, menemukan sebab permasalahan yang sedang terjadi pada diri sendiri, agar kembali menjadi dirinya sendiri yang optimis dan bermanfaat. Jadi, tidak hanya untuk kebaikan diri sendiri, Mudra ini membantu kita berkontribusi positif dalam alam raya, baik secara pikiran, ucapan, maupun tindakan.

Selain itu, Palli Mudra juga sangat baik bagi pernapasan, dan memperbaiki tulang belakang. Melakukan Palli Mudra akan menegakkan punggung, sehingga tubuh fisik menemukan lagi keseimbangannya. Sungguh sebuah Mudra yang memfasilitasi keselarasan fisik dan mental!


Caranya: Bawa kedua tangan ke atas masing-masing paha dalam posisi duduk bersila, menghadap ke atas. Lingkarkan masing-masing jari tengah ke jari telunjuk, lalu satukan ujung-ujung ibu jari dengan jari manis. Biarkan jari kelingking tetap lurus namun tidak kaku. Tidak ada peringatan apapun dalam melakukan Palli Mudra (dan kebanyakan Mudra lainnya), sehingga aman untuk diaplikasikan kapan saja, dalam waktu dan posisi senyamannya (tidak selalu harus duduk bersila).

.......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 






16 komentar:

  1. Gerakan nya simple.. bisa dicoba dimana saja dan kapan saja hehehe thanks for sharing nya mbak ^_^

    BalasHapus
  2. Harus belajar langsung ini mah, biar praktek, simple ya gerakannya, tapi kadang suka lupa aja mak..

    BalasHapus
  3. aku selalu cobain mudra terbarunya teteh hihihi

    BalasHapus
  4. Banyak banget ya sebenarnya jenis mudra...

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. iya teh, ada banyak.... jangan bosen yah hehehee

      Hapus
  6. Balasan
    1. Senyamannya aja boleh, atau sekitar 2-5 menit :)

      Hapus
  7. Wah cocok ini buat siapa saja, gerakan simple tapi manfaatnya banyak

    BalasHapus
  8. Aku cobain ah. Pas banget dengan kondisiku sekarang, lagi galau nih hihihi

    BalasHapus