[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Sakit Gigi

Senin, 04 Desember 2017

Mudra untuk Sakit Gigi

Mudra untuk Sakit Gigi, Mudra for Toothache ~ Beruntung sekali orang yang tidak pernah mengalami sakit gigi, walaupun sepertinya hampir semua orang pernah mengalaminya. Alat pengunyah makanan ini memang mudah-mudah-susah mengurusnya. Berbagai jenis perawatan sampai diciptakan untuk menjaga kesehatan, bahkan estetikanya. Mulai dari pasta gigi, obat kumur, dental floss, sampai kawat gigi yang (katanya) menyiksa. Semua demi gigi sehat dan indah!

Karena sakit gigi ini sangat umum dan cukup mengganggu, yuk bantu atasi dengan Mudra. Ada dua Mudra yang baik untuk mengurangi nyeri saat sakit gigi melanda. Namun, berkurangnya rasa nyeri bukan berarti kesembuhan total, karena jika gigi terasa sakit itu pasti karena ada yang berlubang sampai kumannya mengganggu syaraf. Setelah melakukan Mudra ini sebagai pertolongan pertama, segera ke dokter gigi untuk menambal lubangnya, ya!

1. Apaana Vayu Mudra

Apaana Vayu Mudra menurut ingatan saya adalah untuk masalah organ vital Jantung. Mudra ini sampai disebut sebagai Mritsanjeevani, yang bisa menjadi penyelamat jiwa saat serangan jantung melanda. Namun demikian, satu pose Mudra memang bisa bermulti-manfaat, tidak hanya untuk satu penyakit saja.


Apaana Vayu Mudra dilakukan dengan menekuk dalam-dalam jari telunjuk, yang artinya 'menaklukan' elemen udara dalam tubuh. Berkurangnya angin dalam tubuh tentu saja dapat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Setelah menekuk jari telunjuk, ujung jari tengah dan manis diketemukan dengan 'ibunya', atau ibu jari, untuk menstimulasi elemen api dan bumi. Kegunanaannya adalah untuk pembersihan tubuh (detoksifikasi) dan menambah masukan oksigen ke Jantung sehingga kekuatan detaknya bertambah.

Untuk sakit gigi, mengurangi elemen udara yang berada dalam rongga kepala karena gigi berlubang juga dapat dilakukan oleh Apaana Vayu Mudra. Oleh karena itu, lakukan saat sakit gigi melanda untuk membantu mengurangi nyerinya. Aplikasikan senyamannya, sampai nyerinya berkurang, atau setidaknya selama 5 menit, dalam posisi duduk bersila agar aliran energi mengalir sempurna di sepanjang tulang belakang.

2. Vata-Nashaak Mudra

Vata mewakili elemen udara dan ruang dalam tubuh. Vata-Nashaak Mudra membuat tubuh mengurangi kedua elemen tersebut dalam tubuh. Orang-orang yang memiliki pembawaan Vata, berarti memiliki elemen udara dan ruang yang cukup banyak dalam tubuhnya. Beberapa cirinya adalah yang sangat aktif dalam berpikir, hingga kadang terlalu khawatir, juga selalu siaga dan cenderung jarang istirahat.

Sakit gigi juga berarti adanya ketidakseimbangan dalam elemen udara dan ruang. Lubang di gigi membuat udara masuk dan membuat ngilu syaraf. Selain itu, karena kepala adalah satu-satunya anggota tubuh yang terdiri dari ruangan-ruangan, maka nyeri gigi juga berhubungan dengan sakit kepala. Untuk itulah kedua elemen ini perlu dikontrol pleh Vata-Nashaak Mudra.

Jari telunjuk yang mewakili elemen udara serta jari tengah yang mewakili elemen ruang ditekuk ke dalam dan ditahan oleh 'ibunya'. Ibu jari pada dasaranya memang bertugas menyeimbangkan elemen-elemen lainnya, baik mengurangi maupun menstimulasi. Pada Mudra, mengurangi adalah dengan cara menekuk jari, dan menstimulasi adalah dengan menyentuhkannya dengan sang ibu.


Lakukan Vata-Nashaak Mudra senyaman mungkin sampai nyeri gigi dan sakit kepala berkurang. Dengan catatan, untuk orang-orang yang tidak berpembawaan Vata, cukup melakukan Vata-Nashaak ini selama 3-5 menit saja.

......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

3. Untuk Sakit Tenggorokan


atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra

"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!
Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.

16 komentar:

  1. Aku..aku.. sering sakit gigi..
    Iya healing tuh paling nikmat banget, apalagi kalo lagi sepi.

    Makasih sharingnya Mak, ntr aku praktekin kalo pas kumat hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha, iya teh, aku juga lg sakit gigi wae inih, hiks.. Betul, self healing dalam hening itu sesuatu :)

      Hapus
  2. Dokter Mudra nih Teh Ayu :) itu keinget semua posisi tangannya, Teh? Asa banyak pisan soalna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaa, cuma bantu dokumentasikan, Lu. Inget2 lupa, ada yg inget ada juga yg lupa :D

      Hapus
  3. Ada ya untuk sakit gigi juga....penting niih (btw folbek yak xixixi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada untuk semua penyakit, teh. Dari sananya begitu :)

      Done folbek, yaa

      Hapus
  4. Asyiik nambah lagi mudranya, nanti mah bikin workshop mudra dong, teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada nat ke sana,Ran, ikut doain terlaksana yaa....

      Hapus
  5. Bagus banget nih mudra untuk sakit gigi, sakit gigi tuh sering datang tiba-tiba dan sangat menyiksa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu.. sampe katanya lebih baik sakit hati, padahal engga juga, hihihi

      Hapus
  6. Wah sakit gigipun bisa ya mbak? Mau aku share ke suamiku, soalnya yg suka bermasalah gigi sakit suami TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaaAllah ada untuk semua penyakit. Misami ^^

      Hapus
  7. Saya sering melakukan teknik ini, tapi tujuannya hanya untuk membuat pikiran tetap focus, dan konsentrasi.

    BalasHapus
  8. Asik nambah lagi nih, beberapa hari yang lalu aku sempat sakit gigi, Teh. Tapi alhamulilah sekarang udah nggak. Tapi ini mudra bisa dicoba nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sakit gigi kan datang dan pergi hihihi

      Hapus