[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Rasa Takut

Minggu, 01 Oktober 2017

Mudra untuk Rasa Takut

Mudra untuk Mengatasi Rasa Takut, Mudra to Overcome Fear ~ Ada hari-hari di mana kecemasan datang. Cemas akan perjalanan di udara dalam cuaca tak menentu, cemas karena sudah dekat dengan ujian akhir, dan sebagainya. Gangguan psikologis ini memang secara alami mendatangi. Bisa berupa ketakutan, kekhawatiran, keprihatinan, sampai rasa gugup akan hal-hal yang sudah, sedang, atau belum terjadi.

Perasaan ini subyektif, tidak timbul dengan kadar yang sama pada masing-masing individu. Satu masalah yang sama bisa saja dihadapi dengan sedikit gugup oleh sebagian orang, atau dengan ketakutan yang parah bagi sebagian lain. 

Bila ketakutan akan sebuah hal tertentu sudah berlebihan, hal itu bisa disebut fobia, atau gangguan kecemasan fobik. Hal ini tentu saja sangat mengganggu bagi penderitanya. Secara biologis, ada aliran darah dan metabolisme di otak yang anomali, saat fobia datang. 


Untuk menetralisir perasaan yang tidak mengenakkan tersebut, baik kecemasan ringan sampai fobia, yuk ber-Bhairava dan Bhairavi Mudra.


Bhairava Mudra

Dalam bahasa Sansekerta, Bhairava berarti 'mengerikan' atau 'menakutkan'. Mudra ini adalah salah satu yang paling sering diaplikasikan oleh para praktisi Meditasi. Selain itu, Bhairava Mudra dianggap sebagai Mudra tertinggi, di mana kesadaran bersatu dalam tubuh dan pikiran.   

Sesuai dengan artinya, melakukan Mudra ini akan membantu meredakan kecemasan dan melawan ketakutan. Bhairava juga mampu menyelaraskan otak kiri dan otak kanan, memperbaiki aliran napas, serta menyatukan semua yang berlawanan. Oleh karena itu, mengaplikasikan Mudra ini akan membawa kepada harmonisasi bathin.


Caranya: Cukup dengan meletakkan tangan kanan (sebagai simbol maskulin) di atas tangan kiri (simbol feminin). Lakukan sambil duduk yang tenang dan punggung yang tegak, bersila atau senyamannya. Dibantu dengan memperhatikan napas setidaknya selama 5 menit, Bhairava Mudra akan efektif menghalau rasa cemas atau takut.

Bhairavi Mudra

Sebagai simbol feminitas, Bhairavi membawa stabilitas dan kesadaran, melengkapi ketenangan bathin dengan pemeliharaannya. Dengan sisi maskulin dan feminin yang bersatu, diyakini bahwa manusia bisa mencapai ketenangan dan kesadarannya yang tertinggi. Untuk yang sering mengalami kecemasan dan rasa takut berlebih (fobia), kombinasi kedua Mudra ini akan sangat membantu meringankan, bahkan menyembuhkan. 


Caranya: Sama dengan melakukan Bhairava Mudra, hanya posisi tangannya dibalik. Bhairavi berpose tangan kiri berada di atas tangan kanan. Aplikasikan masing-masing Mudra ini bergantian, untuk waktu yang sama sampai senyamannya. 

......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

3. Untuk Pemulihan dan Restorasi


atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.

16 komentar:

  1. Mbak, makin tua rasa cemas terbesar ibu adalah tentang anak-anaknya. Kok belum pulang juga, kalau anak lagi sakit, dll. Thanks for sharing this Mudra...:)
    Btw, usul, bagaimana kalau fotonya sekalian seluruh badan, nggak cuma tangan. Jadi tahu posisinya yang benar. Terima kasih..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbak, kecemasan terbesar itu mengenai anak-anak, hiks! Aduh teima kasih banget atas usulnya, mbak. Jazakillah khair. Penginnya memang begitu, tapi aku belum pede aja nih, foto sebadan-badan, hihihi!

      Hapus
  2. Sepertinya aku harussss bgt mempraktikkan ini, suka dihinggapi kecemasan. Thks for sharing mbak Ayu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, mbak. Namanya juga emak-emak, suka cemas, hiks

      Hapus
  3. Wow artikel yang selali dinanti^^

    BalasHapus
  4. Teh, ini kok ulu banget. Perasaan makin nambah umur, rasa takut, worry, dan sejenisnya tuh lebih sering dateng. Aneh deh. Hiks.

    BalasHapus
  5. Wah, aku nih perlu banget mudra ini. Kayak anak kecil deh aku. Penakut banget. Sama banyak Hal...

    BalasHapus
  6. Aaaak!!! Ini posnya buat aku banget. Aku orangnya takutan banget naik pesawat. Takut masuk lift.... temen-temen bilang aku rempong :| Perlu banget nih aku praktekin ini. Gak nyangka dari penasaran ama judul ternyata isinya berbobot banget, manfaat banget buat aku. Makasi banyaaaakk, mbak.. :"D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaaa..jadi dapet label rempong, yaa. Ya udah selamat mencoba n moga manfaat yaa ^^

      Hapus
  7. makin lengkap nih mudra nya, tinggal bikin kelas, cihuy

    BalasHapus
  8. Wah ini mudranya bakal saya praktikin 😁

    BalasHapus
  9. Makasih udah memperkenalkan aku dengan mudra, walaupun baru coba-coba. Hehehe ini perlu banget dicoba untuk mengatasi takut dan cemas.

    BalasHapus