[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Infeksi Saluran Kemih

Selasa, 03 Oktober 2017

Mudra untuk Infeksi Saluran Kemih

Mudra untuk Infeksi Saluran Kemih, Mudra for Urinary Tract Infection ~ Siapa yang suka menunda-nunda keinginan untuk buang air kecil? Merasa waktu begitu sempit, hingga bahkan mengabulkan permintaan alamiah tubuh saja dikesampingkan. Kebiasaan ini biasanya berakhir dengan infeksi saluran kemih, yang lebih seringnya terjadi pada wanita.

Infeksi saluran kemih adalah "Kondisi ketika organ yang termasuk dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi". *sumber kutipan: Alodokter.com

Wanita lebih sering mengalami ini, karena saluran uretranya lebih pendek ketimbang pria. Normalnya, saat kotoran yang terkandung dalam darah dibersihkan oleh ginjal (berupa urine), maka akan disalurkan oleh ureter ke tempat panampungan sementaranya, yaitu kandung kemih. Konon, kandung kemih ini bisa menampung urine sebanyak 3000-4000 ml. Namun, sebanyak 250-450 cc saja (pada orang dewasa) sudah cukup merangsang syaraf-syaraf untuk segera dikosongkan.

Pengosongan ini dinamakan berkemih, atau buang air kecil, yang terjadi pada uretra. Bila rangsangan ini sering diabaikan, maka akan terjadi perkembangbiakan bakteri, sehingga menimbulkan infeksi pada keseluruhan sistem pembuangan. Menunda-nunda ini hanyalah satu dari beberapa penyebab infeksi saluran kemih, namun paling sering terjadi.

Yuk, sayangi tubuh dengan memperhatikan kebutuhannya, dan obati infeksi saluran kemih dengan ber-Mudra!


Hara Mudra

Hara mengandung arti 'lautan energi', letaknya di pusar, sekitar 5 cm masuk ke dalamnya. Dikatakan demikian karena sejak janin, manusia diberi makan melalui pusar, dan hingga saatnya meninggal nanti pun tetap bisa mengumpulkan energi melalui Hara, jika kesehatan perut terjaga. 

Ada banyak formasi Mudra untuk kesehatan bagian bawah tubuh, baik untuk sistem pencernaan, atau sistem reproduksi, seperti Apaana Mudra, Mahatrika Mudra, dan lain-lain. Untuk kesehatan sistem pembuangan, terutama saluran berkemih, Hara Mudra adalah yang paling pas.

Secara harafiah, Hara menunjuk pada perut dan fungsi-fungsi di dalamnya, termasuk pencernaan, penyerapan, dan pembuangan. Oleh sebab itu, melakukan Hara Mudra akan sangat baik untuk sistem pencernaan dan pembuangan. Bahkan dikatakan bahwa Mudra ini bisa menyelesaikan berbagai macam masalah yang sering timbul pada wanita, seperti Infeksi saluran kemih, peradangan panggul, atau inkonsistensi urine. 



Caranya: Hara Mudra memiliki formasi jari yang berbeda antara tangan kanan dan tangan kiri. Untuk tangan kanan, satukan ujung-ujung ibu jari dengan jari manis dan kelingking. Biarkan dua jari lainnya tetap lurus namun tidak kaku. 

Sedangkan pada tangan kiri, satukan ujung-ujung ibu jari dengan jari tengah dan manis. Lakukan selama setidaknya 5 menit sampai senyamannya, sambil duduk bersila dan memperhatikan napas.

......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

3. Untuk Keintiman

atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"
Selamat mencoba, semoga bermanfaat,
post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.

19 komentar:

  1. mudra untuk wanita beda dengan untuk pria gitu? eh gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, mbak Sari. Hara Mudra ini baik untuk berbagai macam masalah organ2 seputaran perut. Cuma kebetulan, buat wanita, masalah perutnya lebih banyak daripada pria :)

      Hapus
  2. Wah aku baru berkunjung kesini dan betah banget bacanya. Mau coba ahh teh mudra yang ini, maklum kayanya kalau udah keenakan duduk jadi mager buat beranjak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kebanyakan kita emang mager kalo lagi asyik nulis, makanya ini ceritain pengalaman pribadi, hehehe

      Hapus
  3. Macem2 ya fungsinya..blm sempat aja nyobain. Kalo ada mudra supaya rajin ngeblog kyk dirimu mau da... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha, teh Ida lebih rajin deh kayaknya :)

      Hapus
  4. Banyak banget ya manfaat mudra, tergantung penyakitnya mungkin yah.

    BalasHapus
  5. Wahhh tenyata sampe ke penyakit dalam juga ya, Teh. Aku baru tau. Pantes tth sempet sakit dan ada keluhan lalu sembuh dalam waktu 2 hari salah satu cara self healingnya pake ini ya. Mantap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Zi, sama ekstrak blueberry nya juga manfaat banget, nuhun yaa ^^

      Hapus
  6. Mantap kih midranya, hampir semua mudra dr teh putu aku save

    BalasHapus
  7. Baca judulnya, Aku kira produk herbal, gk taunyaaa. Hihi. Akunhrs coba nih kayaknyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga taunya produk herbal dari dalem diri sendiri, ya, hihihi

      Hapus
  8. Wah.. Informasi bagus nih. Bermanfaat banget. Awalnya pas baca judul dan lihat gambar nya saya pikir obat, eh ternyata ngga.

    Terimakasih, sharing-nya. Salam bahagia dari Bondowoso. 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matur nuwun, salam juga dari Bandung ya, semoga manfaat ^^

      Hapus
  9. Ini informasi baru lagi, aku jadi tahu. Beberapa kali main selalu dapat mudra nih di blog ini. Cara yang sederhana tapi banyak manfaatnya :)

    BalasHapus
  10. Dulu pernah ngalamin infeksi ini :'(

    BalasHapus