[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Masalah Menstruasi

Jumat, 18 Agustus 2017

Mudra untuk Masalah Menstruasi

Mudra untuk Masalah Menstruasi, Mudra for Menstruation Problems ~ Menstruasi adalah 'tamu bulanan' yang selalu diharapkan kedatangannya -kecuali oleh pasangan yang sedang berbahagia menanti buah hatinya. Diharapkan, karena memang secara normal, dinding rahim yang terdapat banyak sel telur dan tidak dibuahi akan luruh dengan alami setiap bulannya. Proses peluruhan ditandai dengan keluarnya darah dari daerah kewanitaan. 

Periode ini dinamakan masa haid, di mana biasanya yang mengalaminya akan merasakan perubahan hormon reproduksi seperti Estrogen dan Progesteron. Perubahan hormon ini turut berdampak pada ketidaknyamanan secara psikis, sehingga wajar saja bila wanita yang sedang menanti haid (atau PMS) dan sedang haid itu itu sangat sensitif dan mudah emosi.

Pada fase itu, banyak wanita yang mengalami nyeri haid bernama Dismenore, yaitu gejala seperti kram di seputaran perut, pinggang, panggul. Dismenore ini normal, sepanjang terjadinya hanya dalam kisaran hari pertama sampai 2 hari setelahnya. Dikatakan normal, karena proses peluruhan dinding rahim melibatkan kontraksi otot-otot disekitarnya, sehingga daerah perut, pinggang, panggul terasa nyeri. 

Kram ini bisa jadi lebih sakit pada wanita yang mengalami jadwal menstruasi tidak teratur. Normalnya, siklus haid itu terjadi dalam rentang 21-30 hari, namun bila haid belum atau tidak terjadi pada masa tersebut, mungkin ada gangguan lain pada sistem reproduksinya, dan harus berkonsultasi secara medis. 

Bagi yang sering merasa 'tersiksa' saat sedang haid, tentu saja ada banyak cara untuk meredakannya. Misalnya:

1. Minum ramuan kunyit dengan sedikit asam dan gula jawa, 
2. tiduran telentang dengan kaki ke atas bersandar pada dinding, 
3. mengompres perut dengan botol air hangat, atau 
4. minum obat yang banyak dijual. 

Tapi ada satu cara lagi yang efektif membantu meredakan nyeri haid, yaitu ber-Mudra :)


Ada ratusan pose Mudra, namun yang dianggap pas untuk masalah menstruasi bulanan wanita adalah sebagai berikut:

1. Mahatrika Mudra

Mahatrika Mudra disebut juga dengan The Great Trinity, atau Segitiga yang Agung, karena merepresentasikan bentuk anatomi panggul dengan tiga lubang besar. Oleh karenanya, Mahatrika Mudra baik sekali untuk kesehatan reproduksi (yang berada di daerah perut dan panggul). Terutama bagi wanita yang mengalami jadwal menstruasi yang tidak teratur, mempraktikkan Mudra ini akan memperlancar siklusnya.


Mahatrika Mudra bila dilihat dari atas akan
nampak seperti anamtomi panggul

Caranya: Renggangkan kedua tangan dan posisikan berhadapan. Satukan ujung jari manis dengan ibu jari pada masing-masing tangan kiri dan kanan, lalu bawa kedua tangan berhadapan agar saling bersentuhan pada formasi jari-jari tersebut. Satukan ujung jari kelingking kiri dan kanan, dan biarkan jari-jari tengah dan telunjuk tetap lurus, namun tidak kaku. 

Lalukan Mahatrika Mudra dalam posisi duduk yang nyaman, sebaiknya bersila dengan punggung lurus, selama 5 menit untuk menjaga kesehatan seputaran panggul dan organ reproduksi. Untuk mengatasi masalah siklus haid, lakukan sampai 30 menit, dua kali sehari. 

2. Shakti Mudra

Seperti halnya formasi tangan atau Mudra lainnya, Shakti Mudra banyak memiliki manfaat. Salah satunya yang baik bagi wanita adalah untuk meningkatkan stamina dan menghilangkan kepenatan pada saat haid, yaitu saat darah sedang banyak keluar sehingga tubuh ikut kepayahan. Mudra ini juga efektif untuk meredakan kram atau nyeri di seputaran perut dan panggul ketika 'tamu bulanan' datang. Selain itu, melakukan Shakti Mudra turut membantu menghilangkan perasaan traumatik pada wanita yang mengalami kekerasan seksual.  



Caranya: Renggangkan kedua tangan dan posisikan berhadapan. Lipat masing-masing ibu jari ke telapak tangan, lalu tahan dengan melipat jari-jari telunjuk dan manis di atasnya. Satukan jari-jari manis dan kelingking satu dengan lainnya, kiri dan kanan, sehingga kedua tangan saling bertemu. Lakukan setidaknya 5 menit atau senyamannya, tidak lebih dari 45 menit setiap mempraktikkan.


......
Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

2. Untuk Osteoporosis
3. Untuk Mengatasi Kelelahan'

atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan. 

34 komentar:

  1. waah tips nya akan Dija simpan Tante
    mungkin suatu saat akan berguna kalo Dija sudah agak besar
    terima kasih yaaa

    BalasHapus
  2. Wah makasih tipsnya Teh, cocok buat perempuan yang suka sumilangeun kalo Bahasa Sunda nya^^

    BalasHapus
  3. Yak! Langsung save post. Mesti dipraktekin wkwkwkwk. Bikin yutub tuturial mudra, teh. Laku bakalnya. Hehehe

    BalasHapus
  4. Pas sekali informasinya, apa salahnya di coba dan sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  5. ini bermanfaat banget, ok aku akan belajar dan mempraktekannya

    http://ikeyuliastuti.com

    BalasHapus
  6. Kebetulan neh menstruasiku selalu sakit, bermanfaat banget neh. Makasih mba

    BalasHapus
  7. Waah jadi pengen tahu lebih banyak lagi ttg Mudra :)

    BalasHapus
  8. Saya baru tau tentang Mudra, nice sharing mbak.

    BalasHapus
  9. Kalau dilakukan saat tidak sedang sakit, buat latihan saja...((pembiasaan)) gitu...gak apa apa kanyaa teh?
    Sebenarnya aku tertarik sama Mudra untuk sakit kepala, mengingat sakit kepala ku lumayan sering muncul.
    Hiiks~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja Len, kan buat kesehatan daerah panggul dsk, hihihi

      Hapus
  10. Saya agak jarang mengalami keluhan ketka menstruasi. Tapi boleh lah dicobain kalau saat menstruasi merasa gak nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat anak gadis2 nanti kalo sudah pada akil balik, mbak :)

      Hapus
  11. GUa baca aja deh, ilmu yang bisa saya bagikan ntar sama istri, skrg mah masih jomblo. eeh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaa.. ya udah semoga cepet ketemu jodohnya ^^

      Hapus
  12. kalo waktu menstruasinya telat kadang pas mens suka ngerasain lebih sakit dari biasanya. Makasih tips nya teh ayu :)

    BalasHapus
  13. Nah ini nih yang saya butuhkan. Masa menstruasi bagi saya adalah siksaan, terutama 3 hari pertama. Selama masa itu saya hampir nggak bisa beraktivitas saking sakitnya. Saya mau coba tips yang Mbak kasih nih. Makasi ya sudah menuliskannya.

    BalasHapus
  14. Biasanya saya sering minum gula asam jawa, tapi belakangan libur dulu karena lagi maag. Rasanya bisa nih dicoba mudranya untuk bulan-bulan ke depan, hehehe. Makasih infonya ^^

    BalasHapus
  15. Aku sih ga sakit2 kalau menstruasi. Tapi ini lho bagus banget buat kEsehatan ya. Aku baru tau tentang mudra ini. Kapan2 boleh dipraktekkan deh. Makaaih infonya ya mbak.

    BalasHapus
  16. Wah penting ini
    Aku termasuk yang sering bermasalah urusan menstruasi ini

    BalasHapus