[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Awet Muda

Kamis, 20 Juli 2017

Mudra untuk Awet Muda

Mudra untuk Awet Muda, Mudra for Youthfull Skin ~ Awet muda. Siapa yang menolak? Wajah yang senantiasa segar, dilengkapi dengan kulit yang tetap kencang, tanpa keriput dan flek menghinggapi. Awet muda adalah keinginan setiap orang, walau menjadi tua adalah kenyataan yang tak terelakkan. Berbagai tuntutan, mulai dari rumah, lingkungan, dan pekerjaan sangat membuat lelah badan dan pikiran. Dampaknya terlihat langsung pada kulit.


Bermacam krim dan losion untuk mengembalikan keremajaan kulit remaja dipasarkan secara umum. Klinik-klinik kecantikan yang menawarkan peremajaan kulit secara khusus atau customized berdasar analisa mendalam pun banyak. Sayang, harganya mahal, dan resikonya adalah penumpukkan zat kimiawi dalam tubuh kita.

Andai ada cara untuk sekadar menjaga vitalitas dan memperpanjang kelenturan kulit supaya tetap awet muda....

Yuk, ber-Mudra!

Untuk mengenal Mudra, baca juga artikel 'Berkenalan dengan Mudra' 

Ada beberapa pose Mudra yang bisa mengembalikan kesegaran badan dan pikiran, juga mempertahankan keremajaan kulit. Menjadi sebuah alternatif refreshing serta anti-aging yang membuat awet muda dengan cara yang natural.


Ada 2 yang rasanya tepat untuk mengembalikan vitalitas dan keremajaan kulit, yaitu:

1. Jala atau Varun Mudra.

Jala atau Varun bisa diartikan sebagai Air dalam bahasa Sanskrit. Air mengisi 70% bagian dalam tubuh manusia. Melakukan Jala Mudra akan merestorasi kadar air, yang jika tidak seimbang akan mengakibatkan kekeringan pada jaringan-jaringan dalam tubuh. Jala Mudra mengaktifkan sirkulasi cairan agar bagian-bagian tubuh yang paling membutuhkan air seperti kelenjar ludah, mata, juga kulit agar tetap lembab sempurna.

Bagi yang memiliki kulit kering atau bersisik, mengaplikasikan Jala Mudra secara kontinu akan mengatasi berbagai masalah kulit, juga menjaga kelembaban kulit agar tidak mudah kering dan keriput. Bagi yang sudah memiliki kulit lembab alami, Jala Mudra bisa dilakukan dalam waktu singkat saja demi menjaga kesehatan dan keremajaannya.


Jala atau Varun Mudra

Caranya: Renggangkan tangan, lalu satukan ujung ibu jari dan kelingking agar saling memijit dengan lembut. Biarkan jari-jari lainnya tetap lurus namun tidak kaku. Lakukan pose ini dengan dua tangan dan letakkan masing-masing tangan di atas paha sambil duduk bersila, atau senyamannya (lihat gambar). Untuk hasil terbaik, lakukan selama setidaknya 5 menit sampai dengan 30 menit.

2. Prana Mudra

Prana dikenal sebagai ‘Energi Kehidupan’. Ada banyak pelatihan Prana untuk pernapasan yang lebih baik, karena bernapas sejatinya adalah hidup. Melakukan Prana Mudra akan melancarkan arus pernapasan, merangsang setiap organ untuk berdenyut dan menghasilkan getaran hangat, lalu membangkitkan energi dari dalam tubuh.

Karena menciptakan getaran, efek yang segera terasa adalah vitalitas. Layaknya menghirup wangi kopi ekspreso, tubuh dan pikiran seketika berkumpul, siap melakukan rutinitas. Prana Mudra memastikan tubuh memiliki cadangan energi untuk tetap beraktivitas, sehingga melakukannya akan dengan cepat merestorasi kesegaran tubuh. Tidak ada keterbatasan waktu untuk melakukan Mudra ini, jadi sila aplikasikan setiap kali memerlukan booster agar tetap fit dan penuh kesadaran dalam kegiatan sehari-hari, tanpa mudah merasa lelah layaknya para remaja.



Caranya: Renggangkan tangan, lalu satukan ujung-ujung ibu jari, jari manis dan jari kelingking, supaya saling memijit dengan lembut. Biarkan dua jari lainnya tetap lurus namun tidak kaku. Lakukan pose ini dengan dua tangan dan letakkan masing-masing tangan di atas paha sambil duduk bersila, atau senyamannya (lihat gambar). Untuk hasil terbaik, lakukan selama setidaknya 5 menit sampai dengan 30 menit. 
.......
Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.
Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

3. Untuk Sakit Punggung

atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan. 

13 komentar:

  1. Wah mau nih, biar saya awet muda selalu

    BalasHapus
  2. sambil baca lngsung tak cobain mom, semoga sering ingat melakukannya, biar awet enom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setiap hari 5 menit aja sambil latihan napas, insyaaAllah hasilnya baik ^^

      Hapus
  3. Ternyata caranya gampang ya bun. Patut dicoba apalagi buat saya yang kulit kering dan bersisik hee

    BalasHapus
  4. Boleh ini neh, sayakan pengena awett muda juga

    BalasHapus
  5. Sambil baca, sambil prektekin biar awet muda hihi

    BalasHapus
  6. Wah, bermanfaat ini sharingnya Mbak..secara saya nih insomnia.Trims Mbak, salam kenal yaaa

    BalasHapus
  7. Wahhh bisa nurunin berat badan....mauuu terima kasih infonya ka.

    BalasHapus