[] Bilik Menulisku: Ini dia tempat Outbond yang very recommended!

Jumat, 20 Maret 2015

Ini dia tempat Outbond yang very recommended!

Sebagai emak-emak yang punya anak kecil (Kekey 7 tahun, kelas 2 SD, dan Raynor 4 tahun, masih di Play Group), saya lumayan sering bepergian outbonding. Baik hanya kami berempat (sama suami), berenam (sama Pekak-Nini nya = Kakek-Nenek, bahasa Bali), maupun ramai-ramai bersama Sekolahan. Tapi...


Outbonding di Pandiga Educration Sport yang terletak di daerah Cibabat, Cimahi bersama teman-teman dan guru sekolah Kekey kemarin itu berkesan banget. Tempatnya ngga terlalu luas, ngga seablak-ablak yang bikin emak panikan (dikit!)  macem saya ini 'hariwang' alias ketakutan, "Lah anak gue dimanaa?!?". Lapangan rumput (yang lembut, terata rapi, dan keliatan diurus) tempat bermain uji ketangkasannya hanya sekitar 500m x 500m. Pas seukuran 'sejauh-mata-memandang-itu-keliatan'.


Pun demikian, permainan yang disediakan cukup banget untuk menyibukkan anak-anak. Banyak, variatif, menyenangkan, dan tentunya aman! Dari yang paling mudah, ada Balok Keseimbangan. Jangan khawatir, tingginya cuma 10cm dari tanah berumput Jepang yang hijau nan empuk itu, jadi mereka ngga akan kesakitan kalau sampai jatuh. 

Lalu, maju ke yang lebih sulit, ada Tali Keseimbangan. Seperti halnya Balok Keseimbangan, di tali ini anak-anak akan berusaha dengan penuh konsentrasi untuk berjalan melewati titian dengan menyeimbangkan badan. Dengan bantuan tambang-tambang pegangan yang bergantungan, juga dipegangi para instruktur, biasanya mereka akan berhasil sampai tujuan (yang hanya tiga meteran panjangnya) dengan selamat. Yay!

Kemudian, ada permainan keseimbangan lagi, yaitu Jembatan Keseimbangan. Kali ini, taruhannya adalah kejebur di kolam ikan yang tidak dalam, hahaha! Lagi-lagi ngga perlu khawatir karena walaupun bergoyang, jembatan yang dibuat dari kayu ini kuat dan ada pegangannya. 

Makin kesana, ada terowongan yang dibuat dari beberapa drum kaleng berdiameter sekitar 80cm, yang disusun-susun lurus membentuk terowongan. Lucunya, drum-drum itu digantung di ketinggian +/- 50cm dari tanah, jadi drumnya bergoyang-goyang mendebarkan :) Maju sedikit lagi ada 'Spider Web', mainan panjat-panjatan yang naiknya melalui serangkaian tali-temali tambang yang membentuk jaring, lalu sampai di atas harus turun kembali melewati gelondongan kayu-kayu yang disusun landai secara horisontal sampai ke bawah. Seru, walaupun cukup menantang nyali!

Setelah itu, anak-anak akan dihadapkan pada permainan 'Wall Climbing", panjat dinding yang tegak lurus setinggi kurang lebih 2m dengan undakan-undakan yang dipakai untuk pegangan sekaligus pijakan. Setelah di puncak, mereka harus mundur turun dengan hati-hati di atas papan kayu (yang landai juga) -dengan seuntai tambang sebagai pegangan. Fiuh, yang ini lumayan bikin emaknya 'empot jantung' deh :D

 
 Kekey sedang siap-siap ber-Wall Climbing dan sedang naik Getek. 
Raynor ikut-ikutan naik Spider Web

Sampai disini, masih ada lagi 3 permainan yang menunggu, yaitu Jembatan Tali, Flying Fox, dan menyeberang kolam ikan dengan Perahu Kayu alias Getek. Jembatan Tali tambangnya lumayan panjang, menyeberangi lebar kolam (kalau yang Getek, menyeberangi panjang kolam), tapi tetap aman, karena tambangnya saling disusun-ikat sedemikian rupa sehingga. (udah sampe sehingga aja :p). 

Kemudian anak-anak akan lari masuk ke arena Flying Fox, untuk 'terbang' di ketinggian 4meteran diatas kolam sambil jejeritan, hihihi. Lalu mereka akan antri lagi untuk duduk anteng di atas Getek (rata-rata bisa muat 4 orang dengan berat 20-25kg, plus seorang instruktur), sambil bergantian menarik tambang yang diikat dari ujung ke ujung. Kalo ngga ditarik, Geteknya ngga jalan. Hehehe, judulnya tetep 'ngerjain' anak-anak!

Nah, setelah itu, barulah mereka bisa menghela napas lega. Mission accomplished! But, wait! Bagi yang mau cebur-ceburan, ada satu kolam khusus yang sangaaat dangkal di ujung sebelah sana, yang banyak ikannya. Anak-anak boleh senang-senang main air sambil nangkepin ikan mas yang lumayan besar. Senangnyaaa!

Sampai disitu sajakah? Tidaaak! Ternyata masih ada satu lagi, ditempatkan terpisah dari lapangan rumput nan hijau empuk itu (kekeuh, da saya pengen punya rumput gitu tapi belom ksampean...), yaitu kolam renang sungguhan dengan airnya yang biru jernih menggoda iman. Ya, mereka boleh masuk ke arena renang, dan berkecipak-kecipuk belajar berenang. Ada 2 kolam renang anak, bulat dan kotak, yang dalamnya sepinggang anak. Menenangkan hati para emak (dan guru!) yang sedari tadi sudah cuapek luar biasa mendampingi. Yess, kami tinggal duduk-duduk saja di pinggir kolam, di kursi-kursi yang disediakan, mengawasi anak-anak yang kegirangan sambil pesan orange juice dan snack dari resto-cafe nya. Sedaaap!

Oh iya, kolam renangnya juga ada yang buat dewasa kok, lebih luas dan dalam tentunya, dan dipayungi beberapa atap dari kain-kain putih tebal yang dipasang seliweran tapi artistik buat menaungi gituu (ah, saya ngga apdet tentang nama dan modelnya, pokonya keren lah). Jadi luamayanlah buat melindungi dari sinar matahari yang sedang mencrang :D

So, buat saya yang terkesan ini, Pandiga Educreation Sport ini very recommended lah! Selain lapangan rumput (again!) dengan banyak permainan ketangkasan untuk anak-anak, tempat itu juga menyediakan kolam renang bersih, dengan tempat mandi dan ganti yang bersih. Soalnya saya agak geuleuhan, suka geli-an sama tempat-tempat yang kurang bersih dan tidak terawat (sok bersih bingits ih...). Jadi nyaman-lah, outbonding di sana, baik nungguin anak-anak sibuk beraktivitas, maupun berenang.

   
Kolam ikan dan kolam renang. Dua-duanya asik buat cebur-ceburan

Oh ya, hampir lupaa! Mereka juga menyediakan saung-saung tempat berteduh. Jadi, sambil melihat anak-anak main, para pendamping bisa santai-santai boboan (atau bawa laptop n ngetik, yaay!) dan cumal-cemil membesarkan perut. Ihiiy! *ngga enak banget siy alasan ngemilnya -_- Daaan, buat yang rombongan seperti kami kemarin, disediakan juga satu balai yang cukup luas untuk karokean! Yup, ada sebuah TV komplit sama audionya buat nyanyi-nyanyi cantik. Asiiiikk! Atau, kalo sampe bosen (yang kayaknya mah ngga mungkin), mereka juga menurunkan satu instruktur untuk mengajak kita bermain keakraban. Macem ieskiu-ieskiu gitu deeh, disuruh nyanyi bareng, main-main olahraga otak bareng, pokoknya ketawa dan mikir bareng gituuw. Jadi tambah seru dan rame dan akrab lah yang jelas mah! 

Nah, tunggu apa lagi?? Sok geura kesana! HTMnya cuma 25ribu rupiah per orang (semua termasuk, boleh berenang trus main di lapangan rumput nan hijau empuk) untuk hari-hari biasa, dan 30ribu rupiah untuk wiken. Mereka juga menyewakan tempatnya untuk event tertentu seperti Pernikahan dll loh. All in one place :) Lokasinya ada di :

PANDIGA EDUCREATION SPORT
Jl. Sirnarasa Cibabat no. 11, 
Cimahi, Jawa Barat

Happy Outbonding ^.^


 

6 komentar:

  1. seru ya mbak,kalau ada saungnya kita para orangtua yng ikut bisa melihat aktivtas anak2 dari jauh^^
    tempatnya bagus..

    BalasHapus
  2. Udah tua gini, aku belum pernah sekalipun ngelakuin outbound T___T

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha.. yawdah cuss sini langsung ke Bandung, mak Mimi ^^

      Hapus
  3. gak seberapa luas, tapi kayaknya komplit juga :)

    BalasHapus