[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Pemulihan dan Penyembuhan

Rabu, 21 Maret 2018

Mudra untuk Pemulihan dan Penyembuhan

Mudra untuk Pemulihan dan Penyembuhan, Mudra for Restoration and Healing ~ Kita semua tentu sudah pernah melihat binatang yang bernama Kura-kura, bukan? Hewan yang berjalan lambat dan suka bersembunyi di dalam 'rumah yang selalu dibawa-bawa'nya, yaitu cangkang. Yang selalu terlihat santai selama hidupnya, yang bisa sampai lebih dari seratus tahun. 

Tapi, pernahkah terlintas di pikiran, "Apa yang dilakukan sang Kura-kura saat berada dalam cangkangnya?". Kalau tidak, mungkin ikan pernah. Sebuah broadcast message di Whatsapp beberapa waktu lalu ini mengungkapkan 'percakapan' mereka.

"Wahai Kura-kura, mengapa setiap kali kamu mengalami masalah selalu bersembunyi, masuk kedalam cangkangmu...?"

“Apa penting pertanyaan itu aku jawab, wahai ikan ?”

“Semua mahluk di perairan ini mempertanyakan sifatmu yang selalu bersembunyi jika ada masalah.”

"Komentar orang lain apakah penting? Aku tidak menghindar, aku tidak lari dari kenyataan, aku hanya mencari suasana yang lebih damai di dalam cangkangku."

"Tetapi apakah kamu tidak peduli selalu jadi bahan pembicaraan ?"

"Inilah alasan mengapa aku lebih panjang umur dari pada kalian. Kalian terlalu sibuk mengurusi kehidupanku sampai kalian lupa siapa diri kalian, kalian terlalu sibuk memperhatikan diriku sampai kalian lupa siapa diri kalian."

Tidakkah kita semua seperti sang ikan? Yang sibuk meng-copas atau mem-forward posting-an orang, sampai tidak punya tulisan hasil pemikiran sendiri? Yang asyik-masyuk dalam megabytes informasi kehidupan orang (yang entah fakta atau hoax) sehingga lupa pada kehidupan kita sendiri? Atau, yang menenggelamkan diri dalam kepedihan atau malah hingar-bingar demi menampikkan masalah, tanpa ingin sejenak berhening diri?

Padahal kata Pak Gede Prama, "Sang Rahasia akan mengungkapkan diri dalam keheningan." Semua masalah menemui solusinya dalam hening. 

Tidak hanya mengenai permasalahan pikiran, berhening diri akan memberikan tubuh cukup waktu untuk memulihkan diri. Setiap sel dalam tubuh akan meregenerasi lebih efektif dalam keadaan raga yang istirahat. Dalam hening, sakit fisik dan psikis akan perlahan pulih dan sembuh. Mari, berhening diri bersama Kurma Mudra.

Baca juga: Berkenalan dengan Mudra

Kurma Mudra

'Kurma' dalam bahasa Sansekerta artinya 'Kura-kura', hewan air yang dapat hidup di darat. Walau nyaman merendam diri dalam air, kura-kura bernapas dengan paru-paru hingga dapat bertahan di daratan. Layaknya kura-kura yang tak kekurangan cairan, Kurma Mudra bermanfaat untuk membantu menyeimbangkan unsur air dalam tubuh, hingga senantiasa lembab dan tidak kekeringan. Dengan demikian, ginjal dapat melakukan tugasnya sebaik mungkin tanpa kekurangan cairan. (*dikutip dari artikel ini: Mudra untuk Ginjal)

Selain untuk menjaga keselarasan unsur air, melakukan Mudra ini sangat baik untuk menenangkan pikiran. Segala kekusutan, kebingungan, kenegatifan yang singgah dalam pikiran akan menemui jawabannya bersama Kurma Mudra. Berkonsentrasilah pada daerah tengah dahi saat mengaplikasikannya, dan bernapaslah dengan tenang dan teratur. Rileks, karena semakin rileks akan semakin hanyut dalam keindahan keheningan. Meluruhkan beban pikiran dan melebur bersama alur alam, dalam skenario yang sudah dipersiapkan oleh Sang Maha Pencipta.

Melakukan Kurma Mudra, oleh karenanya, akan memulihkan dan menyembuhkan berbagai rasa sakit. Tiga menit saat sebelum tidur dan tiga menit saat bangun tidur akan cukup untuk menjaga keselaranan raga dan jiwa.



Caranya: Pada tangan kiri, lipat tiga jari: tengah, manis, dan kelingking. Pada tangan kanan, lipat hanya dua jari: tengah dan manis. Satukan kedua tangan pada jari-jari yang dilipat, sehingga lipatan jari-jari tangan kanan berada di atas lipatan jari-jari tangan kiri. Saat kedua tangan sudah bertangkupan, satukan ujung jari kelingking kanan dengan ujung jari telunjuk kiri. Lalu, satukan ujung jari telunjuk kanan dengan ibu jari kiri. Biarkan ibu jari kanan bersandar pada pergelangan tangan kiri. Lakukan sambil duduk bersila dengan punggung tegak atau senyamannya.
......


Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:


2. Untuk Meredakan Kemarahan
3. Untuk Rasa Takut


atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature



12 komentar:

  1. Bisa untuk ibu hamil tteh Ayu? Kan suka sakit kaki atau punggung hehe

    BalasHapus
  2. Saya kasihin ke Suami ah😊tfs ya teh

    BalasHapus
  3. Gampang banget sebenarnya caranya ya Teh

    BalasHapus
  4. Ini yang saya alami sekarang, makasih teh . Saya pelajari dulu ah gerakan tangannya

    BalasHapus
  5. Wah pas banget aku lagi masa penyembuhan, kemarin sakit kompilasi karena kecapean 😂

    BalasHapus
  6. Kayaknya pengen nyobain Self healing Mudra, tapi bisa gak ya, pikiran fokus gak kemana-mana? Hehehe...
    Suka banget dengan filosofi kura-kura. Selalu tenang ketika menghadapi masalah.

    BalasHapus
  7. Sudah jadi pakar mudra nih teh Ayu hehe...

    BalasHapus
  8. Wah, cuma tiga menit sebelum dan sesudah bangun tidur aja yah Teh? Jadi pengen nyobain agar supaya lebih tenang batin ini hehehe

    BalasHapus
  9. Tips yang oke buat orang kantoran yang jarang gerak hehe

    BalasHapus
  10. suka analogi kisah si kura-kuranya teh :)

    BalasHapus