[] Bilik Menulisku: Mudra Untuk Kebahagiaan Bathin

Kamis, 14 September 2017

Mudra Untuk Kebahagiaan Bathin

Mudra Untuk Kebahagiaan Bathin, Mudra for Inner Joy ~ Hari gini, siapa yang tidak dipusingkan oleh keruwetan hidup? Ada saat-saat di mana kita mengharapkan sesuatu dan tidak mendapatkannya, namun juga mendapatkan sesuatu padahal sama sekali tidak mengharapkannya! Bagaimana tidak ruwet?!

Hal-hal demikianlah, yang membuat kita terkadang ingin keluar sebentar dari hiruk-pikuk kehidupan. Tidak lama-lama, karena waktunya tidak ada! Sekadar 5-10 menit atas perasaan bahagia, yang bisa mengembalikan mood atau perasaan hati. Syukur-syukur bisa menuntun kita untuk kembali berpikiran positif, dan merajut ulang segala keruwetan itu menjadi jalinan hidup yang indah. 

Yuk, ber-Hansi Mudra, agar suasana hati kembali berseri! 

Untuk lebih tahu tentang Mudra, bisa klik artikel Berkenalan dengan Mudra ini.

Hansi Mudra

Hansi Mudra dikenal juga dengan 'Mudra Mencintai Diri', atau 'Self-Love Mudra'. Melakukan Mudra ini memberikan efek perasaan yang menyenangkan. Segala kegetiran, rasa keterasingan, dan berbagai kesedihan lain akan serta merta hilang. Hansi Mudra juga meredakan ketegangan yang sedang dirasakan, karena formasinya turut merangsang fungsi otak dan mengatur suplai oksigen ke otak. Selain itu, juga menstimulasi aliran udara menuju jantung (heart), memberinya energi lebih untuk 'bersinar'.

Hansa dalam bahasa Sansekerta adalah Angsa, dan Hansi Mudra seakan merepresentasikan mulut sang hewan anggun ini. Bibir rasanya ingin segera tersenyum, menyuarakan hati yang tetiba menjadi riang. Aplikasikan Mudra ini setiap saat hati membutuhkan nutrisi untuk mencintai diri sendiri, yang dampaknya akan terasa juga dalam berinteraksi dengan yang lain.


Caranya: Renggangkan kedua tangan, lalu satukan ujung-ujung semua jari pada masing-masing tangan --kecuali kelingking. Biarkan kelingking tetap lurus, namun tidak kaku. Waktu yang baik untuk melakukan Mudra ini adalah di pagi hari saat ingin memulai aktivitas, selama setidaknya 5 menit atau senyamannya. Tapi Hansi Mudra akan selalu siap membantu kapanpun diperlukan!
......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:


3. Untuk Kepribadian yang Baik

atau di sini
"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!
post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.

11 komentar:

  1. eh aku coba
    beberapa kali aku coba self healing
    tapi kurang konsen
    coba sih pakai ,udra ini

    BalasHapus
  2. ow, jadi dengan melakukan tapa Mudra sama halnya kita melakukan yoga gituh ya?...soalnya manfaatnya pun sedemikian makjleb, patut dicoba terutama ketika sedang setep ya

    BalasHapus
  3. wahhh baru paham nih, mau coba ah..

    BalasHapus
  4. Belum sempat nyoba nih, Teh. Tapi ini luar biasa banget manfaatnya, semoga bermanfaat ya, Teh, bagi yang praktekin :)

    BalasHapus
  5. Vertigo apa juga bisa berkurang sakitnya jika menerapkan metode ini ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat vertigo ada lagi Mudranya, mbak. Aku pernah nulis tentang Mudra untuk berbagai keluhan sakit kepala :)

      Hapus
  6. Hello mbak, terima kasih info ttg Mudra-nya. Aku coba praktekkan ya, semoga abis itu bisa jd baikan soal mengelola emosi :)

    BalasHapus