[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Menurunkan Berat Badan

Kamis, 13 Juli 2017

Mudra untuk Menurunkan Berat Badan


Mudra untuk Menurunkan Berat Badan, Mudra for Weight Loss ~ Zaman sekarang, berat badan adalah penunjang utama penampilan. Saking pentingnya, muncul bermacam cara untuk menunjang penampilan dari segi berat badan. Gym dan sanggar senam menjamur, untuk tubuh yang sehat dan fit. Berbagai merk obat penurun berat badan sampai program diet juga bertaburan, demi tubuh ramping yang ideal. Padahal nampaknya, segala kemudahan yang ada berikut ini berkonspirasi untuk menjatuhkan berat badan, ya?


1.    Fast food dan beragam makanan instan,
2.    penyedap dan pemanis (bahkan pengawet) buatan,
3.    ditambah dengan jasa antar makanan yang effort-nya hanya seujung jari,

semua semakin membuat terlena. Terlena, diiringi dengan sedikit saja, atau bahkan tidak sama sekali, gerak untuk mengimbanginya. Akibatnya adalah ketidakseimbangan; banyak masuk, sedikit keluar, menumpuk di dalam. 

Jadi, siapa yang sudah melakukan usaha untuk mengurangi berat badan? Keep on going and best wishes for you :)

Mudra untuk Menurunkan Berat Badan.

Selain berikhitar dengan program diet atau weight loss management masing-masing, yuk dibarengi dengan ber-Mudra.

Buat yang ingin berkenalan sekilas lagi dengan Mudra, sila baca tulisan yang ini:


Ada ratusan pose Mudra, dan untuk menurunkan berat badan, namun Mudra-mudra ini dianggap efektif untuk membantu programnya.

1.    Apaana Mudra.

Dalam bahasa Sansekerta, Apaana berarti ‘gaya gerak ke bawah’. Dalam tubuh manusia, yang ‘bergerak ke bawah’ adalah sistem pencernaan dan pembuangan. Dikatakan dalam sebuah buku panduan klasik Yoga, istilah Apana itu dikaitkan dengan pencernaan. Apaana Mudra juga dikenal dengan ‘Mudra detoksifikasi’. Dengan demikian, Mudra ini sangat membantu tubuh dalam masalah pencernaan dan pembuangan.

Mengaplikasikan Apaana Mudra dapat membantu melancarkan pencernaan dan pembuangan. Mudra ini juga meringankan konstipasi serta meningkatkan jumlah keringat dan urin. Oleh karena itu, Apaana Mudra sejalan dengan program penurunan berat badan dan detoksifikasi racun dalam tubuh akibat pola makan yang tidak teratur dan makanan yang sarat dengan bahan artifisial.

Caranya: Renggangkan tangan, lalu satukan ujung-ujung jari manis, jari tengah, dan ibu jari agar saling memijit dengan lembut. Biarkan jari telunjuk dan kelingking tetap lurus. Lakukan pose ini dengan dua tangan dan letakkan masing-masing tangan di atas paha sambil duduk bersila, atau senyamannya (lihat gambar). Untuk hasil terbaik, lakukan selama setidaknya 5 menit dan maksimal 40 menit.




Catatan penting: Khusus untuk Mudra ini, karena berkenaan dengan pergerakan di bagian bawah tubuh, maka TIDAK untuk dilakukan bagi ibu hamil.

2.    Surya Mudra.

Mudra ini memiliki keunggulan untuk membantu menurunkan berat badan sekaligus menjaga tubuh agar tetap proporsional. Surya Mudra meningkatkan panas tubuh (elemen api ~Agni), dan pada saat bersamaan, menurunkan elemen bumi (Prithvi) yang merupakan komponen terbesar dalam lemak. Jadi, Mudra ini sangat efektif dalam membakar lemak yang berlebih.

Seperti halnya Apaana Mudra, Surya Mudra juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan membantu membuang racun dalam tubuh (detoksifikasi).

Caranya: Renggangkan tangan, dan lipat jari manis. Lalu, tekan kuku jari manis dengan ibu jari, dengan lembut. Pose ini dilakukan dengan kedua tangan, dan letakkan masing-masing di paha sambil duduk bersila, atau senyamannya. Supaya efektif, Surya Mudra dapat dijalankan selama setidaknya 15 menit, 4 kali sehari.


Catatan penting: Karena Surya Mudra ampuh meningkatkan panas tubuh, maka cocok untuk diaplikasikan pada musim dingin. Sebaliknya, Mudra ini tidak disarankan bagi yang sedang bersuhu tubuh tinggi, juga untuk yang underweight (berat badan di bawah normal).

3.    Tritiiya Vayu Mudra.

Setelah menangani masalah pencernaan, pembuangan, pembakaran lemak, dan menjaga berat badan ideal, Tritiiya Mudra hadir untuk membantu menangani masalah disiplin diri. Mudra ini ampuh untuk menekan keinginan yang berlebih, sehingga cocok untuk membantu mengontrol pikiran agar terhindar dari pola makan yang tidak teratur.

Caranya: Duduk dengan tenang dan punggung tegak. Bisa dengan posisi duduk bersila, atau senyamannya. Letakkan kedua tangan di depan dada. Sentuh dasar jari manis dengan kuku ibu jari, lalu lipat jari kelingking, jari manis, dan jari tengah. Kemudian, tautkan kedua jari telunjuk pada buku jari teratas (lihat gambar) agar saling menekan dengan lembut. Karena sifatnya lebih kepada psikologis, Tritiiya Mudra bisa dilakukan hanya dalam 5 sampai maksimal 45 menit saja, di pagi dan malam hari untuk hasil terbaik.



Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Beberapa manfaat Mudra yang lain ada di sini:


Selamat mengaplikasikan, semoga bermanfaat!

"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"

post signature


Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis (dalam hal ini ahli Gizi). Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis atau Weight Management/Program Penurunan Berat Badan yang sedang dilakukan. 

13 komentar:

  1. Baru tau cara ini mbk, jd pgn tahu gerakan2nya, pose2nya,
    Sexara nih pgn bd bs nurunin berat badan yg naik drastis setelah lebaran, hiks,
    Tengkiu sharenya ya mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pas puasa ngurusin pas lebaran nggemukin, hihi.. Sami2, semoga manfaat

      Hapus
  2. wah seperti ini juga hrs pakai konsentrasi, ya saat pikiran kita fokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambil nonton tv juga bisa, nanti lama2 konsen sendiri :)

      Hapus
  3. wah terimakasih tipsnya ya :)

    BalasHapus
  4. Mba ada ga sih mudra utk yg underweight?.. Udh segala cara aku lakuin utk naikin berat, tp ga ada yg berhasil.. Ttp stuck di 41, pdhl tinggiku 155 :( ..

    BalasHapus
  5. Wah saya baru tau ini mba ?, thanks for sharing

    BalasHapus
  6. Mohon informasi, apakah ada buku untuk penjelasan masing-masing mudra ?terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya menyaring dari berbagai sumber, bli Wayan Karta. Dari buku online (salah satunya dari Advait), dan banyak artikel di internet

      Hapus