[] Bilik Menulisku: Mudra untuk mengatasi Konstipasi atau Sembelit

Senin, 24 Juli 2017

Mudra untuk mengatasi Konstipasi atau Sembelit

Mudra untuk mengatasi Konstipasi atau Sembelit, Mudra for Constipation ~ Sebagai orang 'zaman sekarang', kita terbiasa hidup instan. Dan, dalam masalah makanan, yang instan itu menyebabkan konstipasi. Selain bertebaran makanan yang bisa dibuat sendiri dalam sekejap, bermacam restoran pun menyediakan hidangan yang bisa disajikan dalam waktu singkat. Dengan gaya hidup dan pola makan seperti ini, siapa yang bisa lepas dari jerat konstipasi?

Apakah itu konstipasi?


Konstipasi atau sembelit adalah kondisi sulit buang air besar secara teratur, tidak bisa benar-benar tuntas, atau tidak bisa sama sekali. Secara umum, seseorang bisa dianggap mengalami konstipasi apabila buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu. ~ sumber alodokter.com 

Konstipasi atau sembelit yang membuat perut tidak nyaman ini bisa disebabkan antara lain karena:

1.  Kurang asupan serat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, karena serat sangat membantu proses mencerna makanan.
2.  Tidak rajin minum air putih, sedangkan air putih turut melancarkan proses pencernaan.
3.  Suka menunda-nunda buang air besar, padahal perut sudah menyampaikan keinginannya.
4. Terlalu banyak konsumsi makanan instan dan cepat saji, yang mengandung zat-zat kimia sehingga proses pencernaan terhambat.
5.  Pola makan yang tidak teratur, menyebabkan jadwal mencerna dan membuang pun terlambat.

Adakah cara natural dan sederhana untuk membantu proses pencernaan dan mengatasi konstipasi atau sembelit? Ya, namanya Apaana Mudra. 

Untuk berkenalan dengan Mudra, sila baca artikel ini.

Mudra untuk mengatasi Konstipasi atau Sembelit.

Di antara ratusan formasi jari Mudra, ada satu yang cocok untuk sangat membantu proses pencernaan, namanya Apaana Mudra. Dalam bahasa Sansekerta, Apaana berarti 'gaya gerak ke bawah'. Apaana Mudra mengendalikan pergerakan di seputaran panggul dan perut, yang dengan demikian, turut melancarkan proses pencernaan dan juga pembuangan. 

Tubuh melakukan pembuangan sisa-sisa asupan dengan berbagai cara; melalui saluran keringat, saluran pernapasan, juga saluran pencernaan. Eksresi atau pembuangan tersebut, yang pada saluran pencernaan dilakukan oleh usus, dapat terbantu dengan Apaana Mudra ini.



Caranya: Renggangkan tangan, lalu satukan ujung-ujung dari tiga jari, yaitu ibu jari, jari tengah, dan jari manis, agar saling memijit dengan lembut. Biarkan jari telunjuk dan kelingking tetap lurus, namun tidak kaku. Pose ini dilakukan dengan dua tangan, lalu letakkan pada masing-masing paha sambil duduk bersila. Lakukan setidaknya selama 5 menit atau seperlunya, dan sebaiknya dilakukan pada dini hari di mana proses pembuangan saluran pencernaan sedang bekerja. 

Catatan penting: Mudra ini sangat efektif dan efeknya dapat dirasakan dalam waktu yang relatif cepat. Namun demikian, sehubungan dengan area kontrolnya yang di bagian bawah tubuh, Apaana Mudra TIDAK untuk dilakukan oleh wanita yang sedang hamil. 

 ....

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.
.

Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

2. Untuk Keintiman
3. Untuk Osteoporosis

atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature 



Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan. 

14 komentar:

  1. wah makasih banyak mba tipsnya, aku baru tau ada pengobatan mudra ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Misami ^^ Iya Mudra ini kayak self healing lain tapi belum banyak dipublikasikan aja :)

      Hapus
  2. Wah baru tahu, ampuh banget ya mbak khasiatnya

    BalasHapus
  3. Teh, kalau siang hari bisakah? ,Pagi hari suka paciweuh ga sempet me time hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleee.... Anytime anywhere, Ran. Cuma kan subuh2 teh bagian perut itu mulai pembersihan :)

      Hapus
  4. eh kok menarik yaa? aku mau nyoba ah.. makasih ya mak!

    BalasHapus
  5. Waaah aku nih suka direcokin sama sembelit. Cobain ah.

    BalasHapus
  6. ternyata bisa juga buat sembelit y mba Mudra ini bisa dicoba dirumah

    BalasHapus
  7. waahhh makasih Teh Ayu buat tips nya, kalo lagi sembelit emang ga nyaman banget. Bisa dicoba ah di rumah hehe

    BalasHapus