[] Bilik Menulisku: Mudra Untuk Kesejahteraan

Jumat, 28 Desember 2018

Mudra Untuk Kesejahteraan

Menjelang tahun baru seperti sekarang ini, ada banyak sekali dari kita yang merencanakan resolusi-resolusi untuk dicapai di tahun mendatang. Ada yang resolusinya berkaitan dengan hubungan, karir, bahkan berat badan. Menetapkan resolusi memang dapat membuat kita semangat dalam mengejar target demi peningkatan kualitas diri. 

Jika ada yang memiliki resolusi untuk bertambah sejahtera di bidang karir dan keuangan, maka ada baiknya mencoba Kubera Mudra untuk menemani perjalanan pencapaian. Kubera dalam bahasa Sansekerta berarti kesejahteraan. Melakukan Mudra ini konon dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan kejayaan.


Kubera Mudra

Seperti yang diketahui, Mudra adalah pose-pose jari tangan yang dilakukan untuk mengarahkan energi ke bagian-bagian tubuh yang memerlukan. Jari-jari tangan sebagai terminal akhir dari syaraf-syaraf dapat difungsikan sebagai pengaturan energi, hanya dengan membentuknya menjadi pose-pose tertentu. Sinyal dari jari-jari akan mengarahkan energi bergerak ke tujuan, sesuai dengan posenya. 

Kubera Mudra mengarahkan energi tubuh untuk membantu kita lebih tenang dalam bersikap, berkonsentrasi pada tujuan, dan menguatkan niat atas harapan-harapan. Tidak hanya baik untuk praktisinya secara mental, namun melakukan Mudra ini, somehow, akan mempertemukan pada berbagai kesempatan yang menguntungkan. 

Cara melakukan: Bawa tangan pada masing-masing lutut atau paha, dalam posisi duduk bersila dan punggung tegak. Satukan ujung-ujung dari tiga jari: ibu jari, telunjuk, dan tengah dengan lembut tanpa tekanan. Biarkan dua jari lainnya tertekuk pada telapak tangan. Posisi ini adalah yang terbaik, walau kebanyakan Mudra dapat juga dilakukan sambil duduk bersandar atau bahkan rebahan.

Lakukan Kubera Mudra kapan saja dan di mana saja, misalnya saat rehat sejenak dari kegiatan menatap layar monitor di kantor. Pada dasarnya mengaplikasikan Mudra memang sangat mudah dan fleksibel. Tentukan waktu sendiri secukupnya dan senyamannya, ditambah dengan afirmasi yang sesuai kebutuhan, maka energi akan mengalir sesuai yang diatensikan.

......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:


3. Mudra untuk Kesehatan Jantung

atau di sini

"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


6 komentar:

  1. Wew baru tau nih yang begini. coba ah hehe

    BalasHapus
  2. Maturnuwun sanget atas ilmu2 mudranya...mudah2an ibu selalu sehat selalu berlimpah rejeki dan Tuhan memberkati...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matur nuwun juga sudah berkenan mampir ke sini, terima kasih atas doanya, doa yang sama buat bapak dan keluarga :)

      Hapus