[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Menenangkan Pikiran

Selasa, 06 Februari 2018

Mudra untuk Menenangkan Pikiran

Mudra untuk Menenangkan Pikiran, Mudra to Calm Down Restless Mind ~ Seperti yang sudah kita alami bersama-sama, keseharian kita dilalui dengan campur tangan pikiran. Sungguh campur tangan yang membingungkan, karena dengannya, hari-hari malah dilalui dengan segala ketidakjelasan.

Mungkin itu sebabnya, kelas-kelas Yoga semakin diminati, dan seminar mengenai Mindfulness juga banyak dicari. Kita butuh ketenangan pikiran, yang pada gilirannya akan membawa pada kedamaian. Pikiran, mengutip kiasan dari beberapa Guru, bak awan yang lalu-lalang di langit biru. Ada yang berwarna putih dan lewat satu per satu, ada yang berwarna keabuan dan melintas dengan bergerombol. Hilir mudik tanpa henti, mengganggu selama beberapa jam setiap hari, tanpa istirahat. Capek, ya?

Tapi sebetulnya, diri kita yang sejati adalah sebagai langit birunya. Yang seharusnya tenang dan bertindak sebagai pengamat saja. Tidak terpengaruh oleh awan-awan, baik yang lewat dengan santai membawa pelangi, maupun yang bermuatan guntur dan badai. 

Bersediakah menjadi sang langit biru? Yuk, berMudra yang bisa membawa pada ketenangan pikiran.


Vaayu Shamak Mudra

Vaayu, atau Bayu, berarti Angin. Vaayu Shamak berarti mengurangi angin atau udara. Mudra Vaayu Shamak ini diasosiasikan dengan Gaya Hidup Sehat, karena elemen udara yang berlebih di dalam tubuh tentu akan menimbulkan ketidakseimbangan. Berlebih udara di perut, menyebabkan mual dan perut kembung. Berlebih udara di otot, menimbulkan kram atau kaku. Berlebih udara di dada juga bisa mengakibatkan serangan jantung.

Oleh karena itu, melakukan Vaayu Shamak Mudra akan bermanfaat bagi tubuh secara keseluruhan.

Selain untuk kesehatan fisik, mengaplikasikan Vaayu Shamak Mudra juga baik bagi kesehatan mental. Mudra ini sangat membantu menenangkan pikiran. Dengan berkurangnya elemen udara, akan meredakan ketegangan sistem syaraf. Suara-suara akan terdengar melembut, kecemasan mereda, kegelisahan menghilang. Ketidakseimbangan pada hormon Endokrin, yaitu hormon yang berfungsi untuk mengatur seluruh kegiatan organ-organ di tubuh, akan teratasi.


Caranya: Letakkan kedua tangan di atas lutut/paha dalam posisi duduk bersila, menghadap ke atas. Tekuk masing-masing jari telunjuk ke dalam, dan tahan dengan ibu jari. Lakukan Vaayu Shamak Mudra selama 30-45 menit, bisa dibagi ke dalam beberapa waktu. Atau, aplikasikan senyamannya, dengan posisi yang juga senyamannya, setidaknya selama 5 menit.

.......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!  


Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.  

9 komentar:

  1. Ih teteh kok bisa sih, aku bar aja baca tentang hal yangmirip bahwa kita sebaiknya berperan sebagai penonton cerdas, bagaikan langit yang tidak pernah saat datang hujan ataupun terik matahari, makasih inspirasinya

    BalasHapus
  2. Aku suka praktrkin gerakan mudra yang ada disni lho 🙆 tulisannya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  3. Aku sering kusut pikirannya. Mesti dipraktikkin ini mudranya.

    BalasHapus
  4. penting nih, supaya pikiran tenang

    BalasHapus
  5. Aku suka ikut praktekin tp kdg bingung hehe. Tar klo ketemu aku belajar dech

    BalasHapus
  6. Waaah..iya pose Mudra ini emang bikin tenang ya Maak,

    BalasHapus
  7. aku seneng kalau teteh udah kasih sharing soal kaya gini, pas banget buat aku.

    BalasHapus
  8. Waduh ada juga buat menenangkan pikiran ternyata...:)

    BalasHapus
  9. Mudra banyak banget ya fungsinya. Yang bikin pikiran positif kayak gini penting :)

    BalasHapus