[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Melihat Keindahan Diri

Senin, 09 Oktober 2017

Mudra untuk Melihat Keindahan Diri

Mudra untuk Melihat Keindahan Diri, Mudra to See Inner Beauty ~ Semua orang tentu tau bunga teratai. Yang tumbuh dalam sebuah kolam berlumpur, dan berjuang untuk tegak berdiri dalam kegelapan kubangan, demi akhirnya menyembul ke permukaan, memperlihatkan dirinya kepada dunia. Sungguh sebuah perjuangan yang warbyasah, bukan?

Kita juga adalah bunga-bunga teratai itu. Karena ada masa-masa dalam hidup yang dihabiskan dalam kekeruhan. Begitu keruh, sampai sekeliling pun susah terlihat. Rasanya tidak ada cahaya, apalagi keindahan di sana. Hanya pekat yang menemani.

Pada saat-saat sulit itu, tidak ada jalan lain, kecuali berusaha bertahan. Terus berdiri, walau di depan entah apa yang menghalangi. Menerobos hari dengan ketakutan, hanya berpegang pada keyakinan, bahwa akan tiba saatnya mentari terlihat lagi di ujung sana. Lalu jika waktu itu datang, kuncup-kuncup kegundahan akan mengembang. Kemudian, bertansformasilah kita. Mekar menjadi pribadi yang lebih tegar, lebih yakin, lebih indah.

Jika sedang menjadi kuncup bunga teratai, atau sedang lupa pada keindahan dalam diri sendiri, yuk ber-Padma Mudra.


Padma Mudra

Seperti namanya, Padma berarti Teratai. Bunga lotus yang muncul dengan indahnya dari sebuah kolam keruh. Filosofi yang diusung Mudra ini pun sama dengan ketekunan sang bunga yang berjuang untuk memancarkan kecantikannya.

Melakukan Padma Mudra akan membantu kita untuk menemukan kembali keindahan-keindahan dalam diri sendiri. Ada cinta, kebahagiaan, dan kemurnian perasaan, tanpa dilingkupi oleh kenegatifan. 

Lakukan Mudra Teratai ini setiap saat merasa kehilangan kepercayaan atas diri sendiri, dan untuk menguatkan apapun itu yang sedang dilakukan pada jalur yang benar. Dengannya, perlahan akan muncul ketenangan yang menentramkan. Jantung sebagai pusat tubuh akan penuh terisi energi, dan hati serta merta merasa damai karena ingat kembali pada keindahan yang ada di dalam diri. 


Caranya: Satukan kedua tangan di depan dada dalam posisi seperti hendak memberi salam. Bayangkan bahwa pose itu adalah bunga yang sedang kuncup. Lalu, perlahan bukalah 'kuncup' itu sehingga mekar. Rentangkan semua jari, dengan ibu jari dan kelingking masih saling menempel. Lakukan selama yang diperlukan, hingga bisa merasakan bagaimana cinta, kebahagiaan dan kemurnian memenuhi segenap ruang di hati.

.......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.

Tentang manfaat Mudra lain yang berhubungan, ada di sini:

"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.

33 komentar:

  1. wah menarik ini ya mba baru tau teknik mudra itu untuk pengobatan. selama ini cuma tau akupuntur, yoga dll

    BalasHapus
  2. Kadang (seringnya, sih) aku dilanda perasaan apalah aku? Ga pede dan merasa inferior. Ga baik, kan?
    Aku praktikin ah,biar jadi booster kepercayaan diri.

    BalasHapus
  3. Harus dipraktekkan biar aura semakin terpancar eaaaa hehe

    BalasHapus
  4. ada ya metode self healing namanya mudra.
    baru tau sayah :D

    BalasHapus
  5. waaah, kerenn nih mudranya,soalnya kadang saya tidak bisa melihat keindahan diri

    BalasHapus
  6. Hal baru yg menarik ini mbak, coba saya baca dlu yg pengenalan ttg Mudra

    BalasHapus
  7. Aduh noted banget yang ini, karena kadang aku suka hilang percaya diri, hehe

    BalasHapus
  8. Teratai memang cantik. Terimakasih sudah berbagi :)

    BalasHapus
  9. aku langsung nyoba Mbak, selain menumbuhkan cinta, pikiran jadi tenang dan setelah membuka mata, mata menjadi langsung bundar segar. Terima kasih banyak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, Mudra selalu memberi efek tenang :)

      Hapus
    2. aku melakukannya lagi, bermanfaat banget untuk membuat hati tenang dan mata jadi seger

      Hapus
    3. semakin sering, semakin terasa indahnya, mbak. ibadah juga lebih khusyuk. barakallahu ^^

      Hapus
  10. Waaah asyek ini. Selain utk sakit beneran, ternyata muda bisa jg utk obat mental yah. Cobain ah dan sebarkan kalo ada murid yg gak pefean. Boleh kan teh ayu ? 😀

    BalasHapus
  11. wah ternyata mudra banyak banget ya teh, sampai ada yang buat kepercayaan diri juga, kereeennn

    BalasHapus
  12. Kalo diambil kesimpulan, Mudra itu sebenernya waktu utk cooling down & selow. Diem menyatu dgn diri sendiri. Lupain kerjaan, masalah, pokoknya fokus utk memulihkan energi sendiri. Abis hidup ini kayaknya kita grasa grusu amat ya. Sibuuuk ngurusin dunia :D teh ayu, cek setting di dashboard & setting who can comment diubah ke Anyone.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah, Lu...ahahahahaha aku gaptek banget ih, nuhun yaaa

      Hapus
  13. Ditandai dulu. Kayaknya perlu buka satu-satu link yang ada di tulisan. Penasaran pengen nyoba tapi belum tahu mau mulai dari mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya silakan, mbak, selamat berpetualang dengan Mudra :)

      Hapus
  14. Wah menarik, saya baru tahu tentang ini.

    BalasHapus
  15. Manfaat mudra banyak ya mba, aku praktekkan beberapa neh

    BalasHapus