[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Melepaskan Hal-hal Negatif

Senin, 14 Agustus 2017

Mudra untuk Melepaskan Hal-hal Negatif

Mudra untuk Melepaskan Hal-hal Negatif, Mudra for Releasing Negativity Kadang, dunia terasa tidak adil pada kita. Yang lain sepertinya selalu mendapatkan apa yang diinginkan, sementara kita sebaliknya. Karir stagnan, hubungan cinta sebatas status belaka, keluarga dirasa kurang mendukung, memiliki lingkungan pertemanan yang penuh dengan iri dan ketidaktulusan, bahkan wall media sosial pun hanya berisi kebencian. Betapa negatifnya!

Menurut teori The Law of Attraction, kekuatan pikiran sangatlah penting. Bila memikirkan teman-teman yang berkhianat, sinyal pikiran yang diterima alam semesta pun demikian. Maka yang hadir di sekeliling pun hanya teman-teman yang bersikap lain di depan, lain di belakang. Apa yang dikhawatirkan oleh pikiran, jadi kenyataan.

Padahal, Tuhan Semesta Alam sendiri yang berjanji, "Mintalah, maka akan Kukabulkan." Jadi, mintalah dengan segala kepositifan. Niat dan pikiran yang positif, kata-kata yang positif, juga hati dan sikap yang positif 99,99% akan terijabah. Apa yang tidak mungkin bagiNya, Sang Maha Kaya?  

Lalu, adakah cara mudah yang dapat membantu bersikap positif, di tengah himpitan atmosfir negatif ini? Selain berusaha untuk lebih banyak berdoa dan berserah, yuk, ber-Mudra :) 

Baca juga artikel ini untuk yang ingin berkenalan lebih dengan Mudra.

Ksepana Mudra

Di antara banyak pose Mudra, Ksepana Mudralah yang rasanya tepat untuk membantu melepaskan segala kenegatifan. Dalam bahasa Sansekerta, Ksepana mengandung arti 'membuang, menyingkirkan' (to throw away, to cast off). Oleh karenanya, melakukan Mudra ini setidaknya 5-10 menit saja sudah dirasa cukup untuk mengembalikan hati dan pikiran menjadi positif.

Kapanpun merasa resah dengan ketidakadilan, feeling down karena sebuah hubungan atau berita tak mengenakkan, atau penat atas keadaan, segera duduk dan lakukan Mudra ini. Ksepana Mudra akan memberikan efek energy recharging, sehingga pikiran akan terasa lebih ringan, hati akan terasa lebih damai. Pikiran negatif hilang, emosi-emosi yang tidak dibutuhkan akan terbuang. Energi positif kembali menyergap pikiran dan perasaan.


Caranya: Duduk dengan nyaman, usahakan dengan punggung tegak dalam posisi bersila. Satukan kedua tangan, lalu tautkan semua jari, kecuali jari telunjuk. Biarkan kedua telunjuk tetap lurus hingga ujung-ujungnya bertemu. Lakukan Ksepana Mudra kapan saja diperlukan untuk mengisi daya atau me-recharge pikiran positif. Usahakan telunjuknya mengarah ke bawah, untuk melepaskan segala kenegatifan kembali ke bumi, selama tidak lebih dari 10 menit.  

......
Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

2. Untuk Kebahagian Bathin
3. Untuk Kepribadian yang Baik

atau di sini
4. Kumpulan artikel Mudra

"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan. 

21 komentar:

  1. Mba hebat ikh ilmu mudranya. Belajar dari mana mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaak, ngga hebat, cuma kebetulan nulisin duluan :D
      Belajar dari Kakak sepupu, beliau yg masternya :)

      Hapus
  2. Selalu suka baca self healing mudra di blog Teteh^^ makasih banyak ya Teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih senangnyaa.... Makasiy sudah mampir :)

      Hapus
  3. nah ini yg dinanti2, aku nih suudzon aeee orangnya ihh... nuhunn teh, langsung ku save pic :p

    BalasHapus
  4. baru denger soal Mudra nih mbak.. kayaknya konsepnya mirip-mirip Sedona Method ya.. bagian melepaskannya..
    ini kalo mau tau lebih, ada bukunya ya mbak? ada rekomendasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya salah satunya baca bukunya Advait :)
      Makasiy udah mampir...

      Hapus
  5. Udah praktekin. Ih kepake banget! Makasih, teh ayu. Btw waktu ke Borobudur, di sana nama patung yg lg duduk posisi bertapa adalah Mudra. Banyak jenisnya namanya tapi awalannya pasti Mudra.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya ya.. aku baru tau, ngga perhatiin hahah... thx udah ikut aplikasiin ya Lu ^^

      Hapus
  6. Saya pernah dengar tentang mudra, tapi baru kali ini tau kalau mudara juga bisa untuk menurunkan berat badan.. Nice info mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa aa aja ^^
      Thanks juga udah mampir :)

      Hapus
  7. Wah, lumayan nih. Makasih tulisannya ya Mba, saya tertarik untuk nyoba.

    BalasHapus
  8. Saya tandai setiap ada new blogpost dari teh Putu, sukaaaaa dengan MUDRA nya

    BalasHapus
  9. Huaaa mudra yang mesti banget dipraktekin :)

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus