[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Kesuburan

Jumat, 25 Agustus 2017

Mudra untuk Kesuburan

Mudra untuk Kesuburan, Mudra for Fertility ~ Saat ini, Indonesia menempati urutan keempat dalam jumlah penduduk terbanyak dunia, yaitu sekitar 258 juta jiwa, di bawah Amerika, India, dan China. Mungkin ini adalah hasil dari prinsip para sesepuh, bahwa 'Banyak Anak Banyak Rezeki', yang kemudian dipatahkan oleh jargon pemerintah 'Dua Anak Cukup'. 

Kedua prinsip tersebut masih dijalani hingga sekarang, namun, berapapun jumlah anaknya, orang tua wajib memenuhi hak-hak anak, seperti makan dan minum, pendidikan, kesehatan, sampai rekreasi dengan cukup, sebagai bekal terbaik bagi masa depan.

Bagi yang masih menanti kedatangan buah hati, yuk barengi ikhtiarnya dengan ber-Mudra :)
Baca juga artikel 'Berkenalan Dengan Mudra' di sini.

Terdapat banyak sekali Mudra yang baik untuk masalah keintiman dengan pasangan, apakah itu untuk meningkatkan kualitas seksual, menjaga kekuatan performa, memelihara kesehatan organ reproduksi, meningkatkan kesuburan, dan lain-lain, bahkan ada Mudra untuk menekan hasrat seksual yang berlebih. 

Untuk memelihara kesehatan organ reproduksi yang dapat meningkatkan kesuburan serta kualitas keintiman dengan pasangan, dua Mudra berikut dapat dicoba;

1. Muladhaar Chakra Mudra

Dalam bahasa Sansekerta, 'Mula' adalah 'Akar atau Dasar' dan 'Adhara' adalah 'Dukungan atau Tumpuan', jadi, Muladhara Chakra dapat diartikan sebagai 'Cakra Tumpuan atau Cakra Akar', yang merupakan cakra pertama pada tubuh manusia. Pada cakra ini, terdapat insting-insting awal manusia untuk hidup, seperti keinginan untuk makan, minum, berlindung, juga bereproduksi. Naluri-naluri dasar ini indah dan sederhana, karena murni tanpa motif apapun kecuali untuk bertahan hidup. Layaknya bayi yang menangis karena ingin susu, atau hewan yang memenuhi keinginan dasarnya tanpa peduli ketenaran atau kekayaan.  

Seperti namanya, letak Muladhara cakra ada di bawah. Pada pria ada daerah perineum -di antara anus dan penis, sedangkan pada wanita berada di dekat serviks -tempat bertemunya vagina dengan rahim. Melakukan Muladhara Mudra, dengan demikian akan sangat baik bagi kesehatan otot-otot di sekitaran organ reproduksi, sehingga dapat meningkatkan kesuburan. 

Selain itu, Mudra ini juga mampu meningkatkan produksi hormon seksual dan menstimulasi otot-otot perinal yang berhubungan dengan orgasme dan ejakulasi. Dengan demikian, baik bagi pria dan wanita, melakukan Mudra ini sama-sama akan memperpanjang aktivitas seksual.
Tampak belakang

 Tampak Depan

Caranya: Bawa kedua tangan ke depan dada dalam posisi menempel berhadapan. Tekuk dan kaitkan jari-jari manis dan kelingking tangan kiri dan kanan ke dalam telapak (langkah-1). Biarkan kedua jari tengah tetap lurus dan menempel. Kemudian, buat bentuk melingkar pada masing-masing tangan kiri dan kanan, dengan menyatukan ujung-ujung ibu jari dan telunjuk sehingga bertaut satu lingkaran dengan lainnya. 

Putar posisi tangan menghadap ke bawah, letakkan di depan perut bagian bawah. Sambil melakukan pose ini, pusatkan konsentrasi pada organ-organ tersebut. Lakukan sedikit latihan dengan mengencangkan dan mengendurkan otot-ototnya, setidaknya selama 5 menit atau senyamannya.   


2. Svaadishtaan Chakra Mudra

Svadishtana terdiri dari dua kata dalam bahasa Sansekerta, yaitu 'Swa' yang berarti 'sendiri' dan 'Adhistana' yang berarti 'kediaman'. Jadi Svadishtana dapat dimaknai sebagai 'tempat kediaman diri'. Mudra ini dinamakan 'Mudra of Pelvic Center' dikarenakan letaknya yang berada di cakra kedua pada tubuh manusia, yaitu antara organ genital dengan pusar. 

Dalam Svadishtana terdapat keinginan-keinginan bawah sadar, termasuk hasrat seksual. Melakukan Mudra ini sangat baik bagi keharmonisan pasangan, karena dapat menjaga kesehatan seksual secara keseluruhan. Secara fisik, Svaadishtaan Chakra Mudra dapat menyehatkan sistem reproduksi sehingga meningkatkan kesuburan. Sedangkan secara psikis, Mudra ini membangkitkan perasaan keintiman yang menyelaraskan hasrat seksual. 


Tampak belakang
Tampak depan

Caranya: Bawa kedua tangan ke depan dada dalam posisi menempel berhadapan. Tekuk dan kaitkan jari-jari manis dan kelingking tangan kiri dan kanan ke dalam telapak (langkah-1). Lingkari jari telunjuk pada masing-masing tangan dengan jari tengah, lalu satukan ujung-ujung jari tengah dengan ibu jari. Lakukan selama setidaknya 5 menit sampai 40 menit, selama 2 kali sehari untuk hasil terbaik. 
......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

2. Untuk Masalah Menstruasi
3. Untuk Sakit Punggung

atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan. 

18 komentar:

  1. Yang nomer 2 gampang dilakukan, aku susah meniru yang no 1, hahaha... Suka banget ini dan langsung simpen buat praktek semoga tiap hari bisa. Makasih sharing nya ya

    BalasHapus
  2. Wah, saya baru dengar teknik Mudra untuk kesuburan. Thanks for sharing ya, mbak.

    BalasHapus
  3. Ini cocok buat saya mba. Soalnya saya ada gangguan hormon. Mksh mba udh brbgi 😃

    BalasHapus
  4. wahh yang ini posisi tangannya rada sulit yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayu mah ngga usah yang ini, kecuali kalo mau nambah momongan, hihi

      Hapus
  5. wah agak susah ya harus pelan-pelan nyobain hehe...


    anggiputri.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya agak ribet, hehehehe.. selamat mencoba :)

      Hapus
  6. Wah...saya belum pernah coba nich Kak Ayu..baru tahu kalo bisa untuk kesuburan

    BalasHapus
  7. Ber-mudra sama teh Ayu membuat aku tau banyak hal.
    Semoga ikhtiar ini membuahkan hasil yang baik juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau jadi manfaat. Semoga manfaat yah Len ^^

      Hapus
  8. Wah udah ada di urutan keempat aja nih Indonesia yang penduduknya segambreng hehe... btw itu posisi tangannya mesti dilatih terus kayaknya biar terbiasa Mudra nya ya.

    BalasHapus
  9. Wah udah ada di urutan keempat aja nih Indonesia yang penduduknya segambreng hehe... btw itu posisi tangannya mesti dilatih terus kayaknya biar terbiasa Mudra nya ya.

    BalasHapus
  10. Aku keep dulu, belum waktunya praktekin hahaha.. btw aku sekarang-sekarang ini kalau mau mens suka kembung luar biasa. Kemarin malah ga bisa makan sampai muntah segala *jadi curhat ini*

    BalasHapus
  11. Aih ini cocok banget buat aku
    Pengen punya adik soalnya buat Prema hahaha

    BalasHapus