[] Bilik Menulisku: Memulai bisnis Start Up Dengan Low Budget? EV Hive Coworking Space Solusinya!

Senin, 28 Agustus 2017

Memulai bisnis Start Up Dengan Low Budget? EV Hive Coworking Space Solusinya!


Memulai Start Up Business? ~ Robby dan kawan-kawannya sedang bingung. Mereka adalah sekumpulan fresh graduate dari Perguruan Tinggi jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang sedang merancang sistem kursus bahasa Inggris online. Ide mereka segar, dan menjawab tantangan pasar. Sayang, bisnis start up itu terpaksa menemui halangan. Dengan bermodal banyak gagasan dan sedikit uang jajan, mereka tidak memiliki cukup dana untuk menyewa kantor sebagai tempat bertemu dan bekerja. Jika berada di depan laptop seharian di rumah, orang tua bisa menyangka mereka pengangguran yang tidak berguna. Sedangkan nongkrong di cafe demi keleluasaan, bermodal segelas besar cappuccino pun tak enak. Bising, dan lama-lama bisa diusir.... 

Jadi, apa yang bisa dilakukan, jika sedang membangun bisnis Startup dan mengalami masalah-masalah berikut..?
  • Tidak punya kantor, padahal butuh ketenangan dan kenyamanan kerja
  • Low budget, tapi butuh tempat kerja di daerah strategis 
  • Kalaupun ada sedikit dana untuk sewa tempat, susah dapat yang cocok dan murah
  • Dapat tempat yang nyaman, tapi bingung mengisi dan pengelolaannya
  • Butuh privasi dalam bekerja, tapi kalau sendiri di kantor rasanya sepi
  • dan lain-lain, yang berhubungan dengan kebutuhan akan ruang kerja yang ideal
Stay calm, because there has been a great solution for this kind of problem. Permasalahan mengenai kantor dan ruang kerja saat ini sudah menemukan solusi terbaiknya, yaitu Co-Working Space. 

APA ITU COWORKING SPACE?


Co-working Space menjawab masalah bisnis start up yang low budget, dengan menyediakan ruang-ruang terbuka yang terdiri dari meja-meja dan kursi-kursi untuk disewakan. Pebisnis yang sedang memulai usahanya dengan modal terbatas dapat menyewa sebuah kursi untuk berbagi meja dengan sesama Start Up-ers. Di sana, mereka dapat saling bekerja dengan kondisi ruang kerja ideal yang nyaman dan tenang. 
"Co-working space provides rooms with tables and chairs for Start Up-ers to rent and do some works."
APA KEUNTUNGAN MENYEWA SEBUAH CO-WORKING SPACE?

Selain mendapatkan ruang kerja ideal, penyewa juga dapat menikmati berbagai keuntungan lain, seperti:

1. Lokasi yang strategis, dekat dengan berbagai fasilitas umum dan berada di tengah kota. Penyewa tidak akan merasa terasing dari dunia luar, karena dikelilingi oleh restoran dan cafe, shopping mall, dan sebagainya. Selain itu, lokasi yang strategis biasanya familiar dan dikenal banyak orang.

2. Hemat uang transportasi, karena lokasi strategis selalu dilalui oleh transportasi umum dari dan ke berbagai arah. Sangat memudahkan bila harus melakukan pertemuan ke daerah lain, karena dekat dengan halte bus TransJakarta, atau kendaraan umum lainnya. Bila berkendaraan pribadi, lokasi parkiran aman juga tersedia.

3. Atmosfir kerja yang mendukung privasi sekaligus juga silaturahmi. Ini karena semua penyewa adalah pebisnis yang bersikap profesional akan bisnis mereka, baik secara personal maupun sosial. Penyewa tidak akan kekurangan teman untuk bersosialisasi, berbagi ilmu dan mengenalkan bisnisnya, namun tetap dapat menjaga privasinya saat bekerja.

4. Pengelolaan ruangan alias Room Maintenance yang ditangani oleh pihak pemilik, sehingga para tenan selalu memiliki ruang kerja yang bersih dan nyaman. Suasana seperti itu akan sangat mendukung kinerja, baik secara fisik maupun psikis.

5. Ruang kerja yang mendukung efektivitas dalam bekerja. Coworking Space biasanya didesain minimalis, dengan ruang-ruang lapang tanpa sekat dan jendela-jendela besar. Ruangan kerja yang lapang berjendela besar akan secara psikologis membantu berpikir luas dan jernih, ide jadi lebih mengalir dan kreatif, dibandingkan dengan kubikel yang lama-kelamaan menyempitkan hati dan pikiran. 

6. Fasilitas ala kantor yang mendukung. Layaknya bekerja di perkantoran elit, para tenan dimanjakan dengan berbagai fasilitas kantoran, seperti akses internet berkecepatan tinggi, printer, sampai staff yang siap melayani.  

7. Bisa mengundang tamu, karena disediakan juga ruang-ruang tamu dan rapat, sehingga tenan dapat melakukan pembicaraan yang nyaman dengan rekan bisnisnya. Jadi, daripada mengundang klien ke resto/cafe dengan budget besar, undang saja mereka secara profesional ke 'kantor'. 

8. Berpartisipasi dalam berbagai events dan workshops yang diadakan oleh pihak pengelola, maupun tenan yang berkenan berbagi ilmu bisnisnya. Di ajang ini, para tenan bisa mendapat banyak keuntungan, seperti menjalin rekanan bisnis baru, belajar hal baru, bertemu kecengan baru *eh
"So, why a co-working space? Because you will get real office-like privileges at once, only by renting a chair"
DI MANA ADA CO-WORKING SPACE?

Yang sedang nge-hits saat ini adalah EV Hive. EV Hive ada untuk menjawab kesulitan yang dihadapi para pebisnis Start Up atas kebutuhan ruangan kerjanya. Co-working space yang disediakan EV Hive sangat terjangkau dan beragam lokasinya, yaitu:

1. EV HIVE JSC



EV Hive The Jakarta Smart City (JSC) bertempat di Jl. Profesor Dokter Satrio, Karet Kuningan, Jakarta Selatan. Lokasinya strategis, dekat dengan kompleks perumahan, berbagai restoran, Oakwood and Lotte Shopping Avenue shopping centre, juga hotel Marriott dan Ritz-Carlton Mega Kuningan. EV Hive JSC secara resmi didukung oleh Pemerintah Kota Jakarta dalam rangka meningkatkan ekosistem tech -start up di IndonesiaCo-working space yang satu ini memiliki 5 ruang pribadi/private room, 2 ruang pertemuan/meeting room, 28 meja berbagi/shared desk, 2 skype rooms, game room, dan ruang untuk event yang memuat 150 orang.



EV Hive D.Lab bertempat di Menteng, Jakarta Pusat, yang benar-benar strategis karena berada di jantung kota. Lokasinya dikelilingi oleh barbagai fasilitas umum seperti Stasiun Bis Trans Jakarta, shopping mall Grand Indonesia dan Plaza Indonesia, hotel-hotel Grand Hyatt, Mandarin Oriental, The Kempinsky, serta beragam cafe/resto di sepanjang Menteng, Cikini, Gondangdia. EV Hive D.Lab memfasilitasi penyewa dengan ruang pribadi/private room, ruang pertemuan/meeting room, meja berbagi/shared desk, dan ruang untuk event yang memuat 150 orang.



EV Hive The Maja bertempat di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dekat dengan mall Gandaria dan Jl. Jendral Sudirman. Ruang-ruang di sana mencakup 140 tenan dan sangat leluasa untuk jasa pengantaran karena pintu masuknya yang berada di depan. EV Hive The Maja yang berdiri sejak 2005 berfungsi sebagai EV Hive headquarter office, dan sudah sangat dikenal sebagai pusat teknologi dan berbagai events pembicaraan bisnis. Co-working space yang satu ini memiliki 3 ruang pribadi/private room, 1 ruang pertemuan/meeting room, area indoor juga area teras/outdoor, dan ruang untuk event yang memuat 80 orang.



EV Hive The Breeze bertempat di daerah strategis di sisi Jakarta, yaitu di Green Office Park, BSD City Tangerang Selatan. Berlokasi di daerah yang dibangun oleh pengembang raksasa Sinar Mas Land yang sangat eco-friendly, EV Hive The Breeze pun mendukung gaya hidup ramah lingkungan dengan ruangan-ruangan yang penuh sinar alami di sepanjang hari. Dekat dengan kompleks perumahan, co-working space yang satu ini juga dikelilingi fasilitas umum seperti cafe/resto, supermarket, bahkan pusat kebugaran. The Breeze menyediakan  7 ruang pribadi/private room, 3 ruang pertemuan/meeting room, 32 meja berbagi/shared desk, 2 skype rooms, game room, dan ruang untuk event yang memuat 150 orang.



EV Hive IFC Tower bertempat di dalam International Finance Centre Tower 1 di Jl. Jendral Sudirman, Jakarta Selatan. Lokasi EV Hive yang satu ini adalah di area pusat bisnisnya Jakarta dan hanya berjarak 45 menit dari bandara Soekarno-Hatta. Bila memiliki rekan bisnis dari berbagai negara, EV Hive IFC Tower sangat cocok untuk dijadikan kantor. Co-working space ini dilengkapi dengan ruang pribadi/private room, ruang pertemuan/meeting room, meja berbagi/shared desk, dan ruang untuk berbagai acara/event.

HARGA SEWA

Sangat terjangkau, karena konsepnya adalah satu ruangan untuk co-working atau dipakai bersama-sama, sehingga biaya-biaya yang dikeluarkan pun tidak besar dan ditanggung bersama. Berikut adalah tabel daftar harganya

Sumber : EV Hive

Apakah ada keuntungan lain dari menyewa space di EV Hive? 

YUP, BISNIS DI ERA TEKNOLOGI KITA AKAN SEMAKIN BERKEMBANG PESAT ALIAS TERAKSELERASI BERKAT FITUR TAMBAHAN INI:

Tak hanya bisa bekerja secara efektif dan efisien, berkantor dengan profesional di ruangan yang nyaman juga santai, para tenan juga bisa mengikuti berbagai gathering events. Acara kumpul bareng sesama penyewa yang sangat bermanfaat dalam meluaskan wawasan serta pengetahuan, sekaligus menjadi ajang menjalin relasi bisnis baru. Gathering ini sudah dilakukan beberapa kali, dengan output yang menggembirakan. Bisnis semakin terakselerasi lancar, silaturahmi dan jaringan semakin lebar. 

Beberapa events yang diadakan di bulan Agustus ini antara lain:


Ayo, tunggu apa lagi? Bagi kalian yang mengaku sebagai pebisnis start up yang melek teknologi, yuk segera mendaftar menjadi tenan EV Hive!

PS: Ssst, mereka menyediakan freeflow coffee alias kopinya haratis sepanjang hari, loh!
"Bring your laptop and start the day in a convenience place to work as well as hang out!"


18 komentar:

  1. wow, tempatnyaaakece bgd ya mbk,
    Konsepnya jg unik, co-working,
    Pasti betah mah kalok tmpat kerjanya ky gini,

    BalasHapus
  2. Untuk harga segitu dan tempatnya yang kece dan nyaman worth it banget lah ya. Demi menunjang produktivitas kerja.

    BalasHapus
  3. Waaah, baru tau ada ginian.
    Selain buat urusan kerja bin rapat gitu, buat ngerjain tugas bagi anak kuliahan asyik tuh ehehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, hihi, anak kampus juga butuh ruang kerja yaa

      Hapus
  4. Ya ampunnn orang2 sekarang pada pinter ya mba klo mau bisnis. Hebat kepikiran bikin bisnis sewa tempat buat orang lain. Mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, menjawab tantangan pasar banget yaa

      Hapus
  5. Postingannya bermanfaat banget teh, aku juga lagi pengen punya working space kalau lagi banyak deadline blog
    btw, salam kenal ya teh, moga kalau ada event keb bandung bisa ketemuan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalo banyak deadline kudu punya tempat kerja yang tenang dan enakeun ya haha..salam kenal juga ^^

      Hapus
  6. coworking pertama di Indonesia tau ga di mana, teh? di Bandung. Tepatnya di Dago. namanya Workpad. Saya tau karena lokasi coworkingnya ngontrak di kantor suami (dulu masi pacar). Tapi idenya terlalu visioner. Cuma 3 tahunan, tutup. Ternyata di tahun 2014an coworking space meledak :D banyak temen yang gak punya kantor, tapi mereka ngumpul buat kerja di coworking space, cuma bayar bulanan. Enak juga, nyewa kantor terlalu mahal. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah masa, Lu?? Aku taunya Edupl** doang, hihi.... Iya ini konsepnya keren dan pas kebutuhan bingits!

      Hapus
  7. Seru ya, kalau punya kantor kayak gini sih betah lama-lama d kantor, thanks advicenya :)

    BalasHapus
  8. Ya ampun..keren banget EV Hive..harga pun nyaman di kantong. Kayak gini ini yang bisa jadi solusi untuk pebisnis pemula atau untuk pekerja lepas yang butuh tempat kerja...
    Bermanfaat Mbak infonya..Eh, lokasinya strategis pula...Cakep!

    BalasHapus
  9. sayangnya kalo di Surabaya fasilitas dan tempatnya masih terbatas. Semoga bisa segera seperti Jakarta

    BalasHapus