[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Asma

Senin, 10 Juli 2017

Mudra untuk Asma


Mudra untuk Asma, Mudra for Asthma ~ Siapa yang mengidap asma? Saya! Dan pastinya masih banyak lagi yang lain.... Kata dokter yang pertama kali bilang bahwa saya punya asma, sakit itu memang lebih pada 'turunan'. Dan sejarahnya, kakek saya yang dari Papah mengidap asma. Walaupun asma bisa didapat bukan dari warisan genetika, tapi kemungkinannya lebih besar pada anak-anak yang membawa bakat penyakitnya.

Apa itu asma?
Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi.~ sumber: alodokter.com
Biasanya karena hidungnya sensitif, sehingga alergi terhadap banyak hal; cuaca dingin, serbuk bunga, debu, aerosol, dan berbagai bau-bauan lain. Selain itu, penderita asma juga bisa 'kumat' karena:

1.  Terburu-buru mengerjakan sesuatu hingga susah mengatur napas, 
2.  Tertidur dengan mulut terbuka saat sedang dingin, bahkan 
3.  Akibat tekanan pikiran atau stressed out. 

Maka, sebaik mungkin coba hindari pencetus-pencetus alergi tersebut, ya!

Apa obatnya?

Berbagai jenis obat yang diminum atau dihisap dari berbagai merk beredar di pasaran. Tujuannya untuk mengurangi sesak napas akibat peradangan. Selain berikhtiar dengan pengobatan medis, yuk dibantu dengan self healing dan ber-Mudra. 
Mudra mengatur arus energi pada tubuh, menyeimbangkan unsur-unsur di dalamnya, lalu memulihkannya. Mudra juga menyampaikan pesan-pesan kepada otak yang akan direspon dengan reflek pada anggota-anggota tubuh tertentu.
*Buat yang ingin berkenalan sekilas lagi dengan Mudra, sila baca tulisan yang ini..


Bagaimana Mudra untuk Asma?

Ada dua Mudra yang dapat dipakai untuk self healing asma. Mudra-mudra ini dianggap mampu mengatur pemasukkan udara secara efektif, dan membersihkan saluran bronkial sehingga melegakan pernapasan. 

1. Mudra Asma.

Fungsinya untuk meringankan dan mencegah serangan asma. Melakukan Mudra asma ini dengan teratur setidaknya 5 menit setiap hari (maksimal 45 menit) dua kali sehari, dapat mengurangi serangan-serangan berikutnya.


Caranya: Hadapkan kedua tangan, dan renggangkan. Lipat kedua jari tengah lalu satukan keduanya pada bagian buku jari pertama (kuku bertemu kuku). Satukan ujung jari-jari lain agar saling memijat dengan lembut. Lihat gambar agar lebih jelas. Letakkan posisi tangan ini di depan perut (sedikit lebih tinggi dari pusar). 

2. Mudra Bronkial.

Fungsinya untuk meredakan sesak napas, dan dikatakan sebagai 'life saving' atau penyelamat karena sangat efektif saat sedang mendapat serangan asma. Lakukan Mudra Bronkial ketika terjadi serangan sesak napas sambil menunggu pengobatan medis tiba.


Caranya: Renggangkan kedua tangan, dan lipat masing-masing jari kelingking dan manisnya. Bawa jari tengah dan ibu jari untuk bertemu, agar saling memijat dengan lembut. Biarkan jari telunjuk tetap pada posisi lurus namun tidak kaku. Lihat gambar agar lebih jelas. Aplikasikan dengan kedua tangan sambil duduk bersila dan letakkan di atas paha.

......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Beberapa artikel Mudra lain yang bisa dibaca:

"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"

Selamat mengaplikasikan, semoga bermanfaat!

post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan. 



15 komentar:

  1. Aha, baiklah noted ini,sekarang tuh banyak terapi self healing ya Mak.

    BalasHapus
  2. Makasih ya mba ilmunya. Ini asma saya juga lagi kambuh dari tadi subuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami2, Bunda Erysha, kalo kambuh langsung yang Bronkial Mudra aja. Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  3. Saya suka sesak nafas nih kalau alerginya kambuh... Bisa jg kali ya pakai teknik ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaaAllah bisa, mbak. Pagi tadi karena cuaca dingin, anak saya dateng ke kamar dengan sesak. Saya langsung minta praktekin yg Mudra Bronkial, alhamdulillah lumayan meredakan dalam waktu cepat :)

      Hapus
  4. Aku ga asma sih.. Tp sbnrnya tertarik utk mempelajari ini.. Setidaknya sifat gampang gugup dan panikku bisa berkurang mungkin dengan melakukan ini.. :)..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangga dicobain :) yg buat mengatasi panik juga ada lagi, nanti ya di-share..

      Hapus
  5. Terimakasih ia mbak udah berbagi Ilmu, sangat bermanfaat nih buat saya

    BalasHapus
  6. Keluarga saya memang ada turunan asma, saya sndiri belum yakin asma atau ga, tapi memang ada alergi dingin.. Mau coba ah.. Terima kasih uda sharing..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami2.. Alergi biasanya ke dua kemungkinan: kulit atau pernapasan.mudah2an ngga dua2nya :)

      Hapus
  7. Artikelnya aku share ke kakak yang punya anak sakit asma.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip, nuhun ya Eva, semoga bermanfaat ^^

      Hapus
  8. Makasih ilmunya teh ^_^
    Ini aku baca pas lagi kambuh asma, lumayan meredakan sambil nunggu reaksi obat oral, :D

    BalasHapus