[] Bilik Menulisku: Pipis di kolam renang, boleh gitu?

Senin, 19 September 2016

Pipis di kolam renang, boleh gitu?

Pagi ini saya dirempug, alias dikeroyok sama ibu-ibu sebuah sekolahan. Di kolam renang! Huaaa! Saya sendirian, dan pihak sebrang banyakan. Sungguh pertarungan yang tidak berimbang. Tau sendiri kan, emak-emak kalo udah ngomel berjamaah gimana? Ampuuun!

Cukup nyaman ya, untuk sekumpulan 
anak TK yang mau latihan renang :)

Hari ini, TK-nya Raynor berangkat ke sebuah kolam renang untuk outing rutin bulanan, dan sebagai emak yang penuh tanggung jawab (baca : kurang pede ngebiarin anaknya sendirian, maksudnya, dan iya, hiks, hal tersebut termasuk cara mendidik yang kurang benar, anak jadi susah mandiri!!), saya ikut.

Nah, gegara saya ikut itulah, jadinya harus ngalamin kejadian ‘dikeroyok’ sama ibu-ibu. Tadinya, setelah sampai di sana dan membantu anak-anak yang belum memakai baju renang, saya mau santai-santai aja di pinggir kolam, sambil nyemil risoles dan es teh manis. Saya juga mau mengistirahatkan lengan yang pegal, karena nolongin 3 anak yang ranselnya segede gaban (nolongin anak orang, tapi anakku disuruh nyangklong ranselnya sendiri!). Tapi Allah berkata lain, saya malah ‘dikasih’ sebuah cobaan, dan bukannya mendiamkan saja saya leha-leha di tepi kolam barang sebentar….

Dimulai dengan rengekan seorang anak;

“Mama, mau pipis!”
“Udah di situ aja!”

Saya kaget, dan bolak-balik melihat ke si ibu dan si anak. Ini kalo di film India, pasti muka saya di-zoom in and out. Si ibu nampak kembali asyik dengan telepon genggamnya, dan si anak berdiam diri. Saya jadi penasaran;

“Bu, itu anaknya mau pipis!”
“Ha? Oh, biarin ajalah di situ, hehe!”

Saya melongo, dan memperhatikan si anak. Dia masih berdiam diri, kemudian melakukan gerakan semacam memercikkan air ke bagian bawah tubuhnya. 

Astaga, ini teh serius?? Dia barusan cebok, gitu??

Yang terjadi selanjutnya adalah, saya segera melapor ke pihak manajemen, seorang bapak yang masih muda yang mondar-mandir saja di area kolam. Bapak itu bilang mau menegur si ibu nanti. Dan saya menunggu.

Sekian menit berlalu, si ibu malah melenggang ke seberang lain kolam renang, mengikuti anaknya bersama gerombolan anak lain yang satu TK dengannya. Loh, kok mereka malah mau udahan ya? Padahal si bapak belum sempat menegur. Saya cari lagi si bapak itu, dan dia beralasan bahwa harus konfirmasi ke kordinator TKnya si ibu dulu.

“Saya cari tau dulu, bu, benar atau tidak ada kejadian demikian.” Begitu jawabnya.

Iiih, gemasnya saya! Maksudnya, saya pembohong, gitu? Mengadukan hal yang tidak benar terjadi? Iseng amat…. 

Curigation saya, jangan-jangan dia malas berurusan sama emak-emak macam saya, juga sama si ibu berikut teman se-gengnya.... *emang sapa yang ngga males punya urusan sama ibu-ibu satu batalyon, wahahah!

“Begini, ini kan tempat umum, pak. Harus jelas aturannya. Lagian anak saya berenang di kolam yang sama dengan anaknya dia. Kalo emang boleh pipis, ya nanti saya juga mau pipis di sana!”
“Ya ngga boleh atuh, bu. Masa gitu aja ngga tau, kan ini kolam umum!”
“Lah ya justru itu, pak, makanya saya mau bapak ngomong sama si ibu itu!”

Raynor dan teman-teman saat pemanasan

Akhirnya, si bapak berjalan menuju si ibu itu dan geng sekolah TKnya. Saya jalan di belakangnya, untuk memastikan kebenaran ditegakkan (dan melampiaskan kesal saya, hehehe!). Hasilnya? Kurang lebih begini;

“Kenapa, bu?”, kata seorang guru dari TKnya si ibu.
“Saya cuma mau bapak menegur ibu yang baju pink itu. Soalnya saya mendengar sendiri, si ibu membolehkan anaknya pipis dalam kolam. Kan menurut bapak ini sebagai manajernya, pipis di kolam ngga boleh.”
“Ya nanti saya tanya dulu ya bu, bener gitu ngga.”

Saya capek diajanjikan 'nanti' (dan secara ga langsung disangka berbohong), dan saya jadi kekeuh pengin diketemuin sama si ibu yang bikin masalah itu (sambil mikir, sebenernya saya bukan sih, yang bikin masalah? Hihi).

Lalu dipanggillah si ibu itu, yang datang satu menit kemudian, bersama beberapa orang ibu lagi (sebel ih, dia ngga berani ngadepin saya sendirian, malah nyari balad alias nggolek bolo..).

“Kan anak saya ngga jadi pipis di sana bu. Tadi saya udah tanya ke anaknya. Terus masalahnya apa?”
“Masalahnya bukan di jadi apa enggaknya dia pipis, bu. Tapi etikanya!”
“Lah, biasa aja kok, namanya kolam renang, anak lain pasti ada yang pipis juga!”
“Saya ngga ada masalah sama anak lain, bu, saya kan ngga tau itu. Saya bermasalah sama yang mengizinkan anaknya pipis, dengan sepengetahuan saya!”

Entah mengapa, ini mungkin satu kebiasaan jelek saya, suka berusaha meluruskan yang salah, walaupun saya juga masih sering berbuat salah. 

Saya cuma ngerasa kalo sesuatu yang salah itu juga akan jadi bagian dari pertanggungjawaban saya sama Allah nanti, kalo saya diemin aja tanpa usaha mengingatkan.

Lagipula, apa yang menurut dia ‘biasa’ itu sangat berbenturan dengan ‘biasa’nya saya. Saya ngga ngebiasain anak saya pipis dalam kolam, dan saya ngga biasa denger seorang ibu membiarkan anaknya demikian!

“Ya udah, nanti saya bilangin anaknya biar lain kali ngga gitu lagi!”

Dan saya tertegun, memilih berhenti ‘perang’ di titik itu. Titik dimana dia menyalahkan anaknya! Susah, mau eyel-eyelan sama yang model gitu. Yang ngga mau mikir bahwa kebiasaan atau kesalahan anaknya itu berasal dari dia. Dari didikannya! Atas bimbingannya! Dengan izinnya! Lagian bingung juga, mau neranginnya gimana. 

Soalnya takut menyinggung harga diri dia (dan juga intelegensi saya, bahahah!), kalo harus jadi retoris begini. Harus menjelaskan -apa yang sudah jelas- akibat dari ajarannya itu! 

Saya hanya semakin ngeh, bahwa tugas dan tanggung jawab seorang ibu itu besaaaar! Sebesar kemajuan sebuah Negara. Kebayang kan, gimana jadinya si anak, kalo sejak kecil ibunya mensahkan apa yang salah? Mau gimana nanti si anak berperilaku terhadap peraturan, kalo dari kecil ibunya membolehkan untuk melanggar? Mau dibawa kemana Negara ini kalo isinya orang-orang yang ngga peduli aturan, ngga sadar mana yang salah mana yang benar, dan terbiasa, serta terdidik untuk tidak berintegritas? 

Integritas kan, still doing right eventhough no one’s watching! 
Tetap menegakkan kebenaran walau ngga ada yang memperhatikan.

Begitulah.. hiks. Meskipun masih jadi ibu yang jauuuh dari sempurna, saya komplen berat atas kejadian di kolam renang itu. Sekalian juga berterima kasih, atas ‘cobaan’ yang membuat saya berlatih menjadi ibu yang lebih baik lagi. Serta berdoa setulusnya, supaya semua ibu berusaha sekuatnya mengajarkan dan membimbing anaknya untuk berperilaku sesuai norma dan etika. Aamiin!

Pada akhirnya, bukan gelar S1 S2 S3 dan es-es lain yang akan ditanya malaikat Mungkar dan Nankir di alam sana, dan bukan pula jabatan yang bakal ditimbang di sisi sirathal mustaqim kelak, tapi akhlak kita, kebaikan dan keburukan semasa jadi manusia di dunia.
Fiuh!
Oiya, ini sambil masih kesel, saya tetep pengin bagi-bagi tips seputar bekal anak berenang bersama sekolahannya sedikit, ya :) Supaya beberapa kerepotan yang saya alami saat ngangon mengasuh segerombolan anak TK itu bisa dihindari.

1. Bawa bekal makanan secukupnya saja, jangan sampai malah memberatkan tas si anak. Tadi ada yang bawa biskuit marie satu plastik kresek, dan cuma dimakan sedikit. Maksud ibunya mungkin baik, mengajarkan anaknya untuk berbagi. Tapi ya jangan bawa seplastik juga sih....

2. Bawa obat-obatan pribadi dan jangan lupa minyak telon. Pagi tadi saya sampai membalurkan hampir sepuluh punggung dan dada anak, karena mereka bersin-bersin kedinginan. Minyak telon (atau kayu putih) tentu akan membantu menghangatkan badan mereka setelah berendam lama di air yang dingin.

3. Bawa alat mandi yang sachet aja, jadi praktis, sekali buang. Ada anak yang dibekelin seperangkat sabun dan shampo yang matching dan branded, tapi masih baru. Masih disegel. Baru ngeh masih bersegel itu saat kepala dan badan si anak sudah berada di bawah pancuran, jadi semakin menggigil dia sebelum akhirnya disabuni dan dikeramasi. Mana susah pulak buka segelnya! Hadeuh!

4. Handuknya bawain yang ukuran sedang aja, jangan handuk yang mirip alas duduk kursi kayu pinggir kolam renang itu. Lagian kan cukup berat dan makan tempat di dalam tas. Dan anaknya bisa kelelep di handuk dong....

5. Pakai baju renangnya di rumah aja, biar ngga riweuh saat di kolam nanti. Ini lumayan menghemat waktu dan tenaga loh. Anak-anak tinggal lepas pakaian, lalu nyemplung kolam. Sudah paham kan ya, makein baju anak (apalagi baju renang) dalam keadaaan buru-buru itu rariweuh! Saya bantuin pake baju beberapa anak tadi pagi, dan mereka jadi sedikit kesal karena pengin segera berenang.

6. Bawain ransel yang sesuai ukuran badan anaknya. Jangan anaknya seumil tapi ranselnya segeda gaban. Ini cukup penting, karena berhubungan dengan para guru pendamping juga. Kami tadi harus membantu membawa masing-masing 3 ranselnya anak-anak yang badannya kecil. Pegel! Kebayang kan, kalo mereka yang harus bawa sendiri ranselnya?

7. Kalo packing ransel, ini nasihat dari mantan saya yang anak gunung (ahiw!), taruh yang berat-berat di atas. Taruh barang yang ringan di bagian bawah. Sungguh, ini sangat berarti bagi bahu dan punggung si anak.

Udah gitu aja.... terima kasih yaa, sudah sudi mampir dan bacain curhat saya. InsyaaAllah tipsnya berguna. Happy swimming buat yang ada rencana mau berenang yaa!


post signature


12 komentar:

  1. Aku bacanya aja kesel, Mbaaaak. Banyak kejadian di kolam renang. Pernah lihat ibu berjilbab syar'i tapiiii ngeganti baju renang anaknya di pinggir kolam, di depan mata banyak orang. "Alaaaa...masih kecil, ini. Belum wajib menutup aurat."

    >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan, orangtua (terutama ibu) itu peer ngajarin anaknya banyak.. Good luck dan barakallahu untuk para ortu :)

      Hapus
  2. jangan lupa pake tabir surya mba, suami saya pernah terpapar matahari ketika nemenin anak2 berenang. anak2 sih aman karena pake tabir surya, suami saya gak pake, jadinya terpapar sinar matahari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya bener. Anakku juga pernah 'gosong' tangan-kakinya....

      Hapus
  3. He..he..anak saya ikut ekstra renang, dan saya mewanti-wanti supaya tidak pipis di kolam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harusnya begitu yaa. Sayang ngga semua ibu begitu....

      Hapus
  4. wah kalau pipis di kolam renang pasti banyak yg melakukannya tuh,..

    www.hijabmoderncantik.com

    BalasHapus
  5. salut mom, kalo aku palingberaninya cuma negur, trus kalo di cuekin cuma misuh2 sendiri...besok2 kudu branilah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kesel soalnya, hahahahah
      Ayo mom Enci, harus berani krn benar :)

      Hapus
  6. ya Ampunnnnnnnnnnnnnnn........ ihhhhhhsssss itu dia mak yg bikin aku malas ajak anak renang di tempat umum.. duh gak kebayang dehhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha iya males.. tapi sebenernya kaporit bisa ikut mematikan kuman :)

      Hapus