[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Penyakit Ambeien

Jumat, 16 Februari 2018

Mudra untuk Penyakit Ambeien

Mudra untuk Penyakit Ambeien, Mudra for Piles ~ Di antara berbagai macam penyakit lama maupun baru yang datang dan pergi, Ambeien adalah salah satu yang cukup awet dari masa ke masa. Sakit yang juga dikenal dengan nama Wasir ini, konon terjadi pada lebih dari 2 juta orang per tahunnya di negara kita. Itu yang tercatat, entah berapa banyak lagi penderita yang tidak melaporkan kasusnya. Maklum, penyakit umum yang bisa menyerang siapa saja ini memang 'memalukan'.

Menurut situs doktersehat.com, Ambeien/ Hemorrhoid adalah pelebaran vena di dalam pleksus hemorroidalis yang tidak merupakan keadaan patologik. Hemorrhoid merupakan pembengkakan submukosa pada lubang anus yang mengandung pleksus vena, arteri kecil, dan jaringan areola yang melebar.

Namun sebenarnya, masih menurut situsnya, Ambeien bukanlah penyakit, melainkan perubahan fisiologis yang terjadi pada bantalan pembuluh darah di dubur, berupa pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan sekitarnya. Tak heran jika penderitanya mengalami kesulitan untuk buang air besar, bahkan terkadang untuk duduk dengan nyaman sekalipun.

Ketidakseimbangan asupanlah yang bertanggung jawab atas semua ini. Terlalu sering memanjakan lidah dengan mengkonsumsi berbagai jenis olahan protein, sehingga melupakan serat yang terkandung dalam sayur dan buah, padahal serat yang tinggi akan melancarkan pembuangan. Demikian pula dengan air putih, yang sering juga diabaikan kebutuhannya, padahal berguna dalam proses pencernaan.

Selain menambahkan serat dan air untuk kebaikan seluruh sistem pencernaan dan pembuangan, yuk cegah dan obati Ambeien dengan berMudra!


Shahaj Shankh Mudra

Dikatakan dari beberapa sumber, bahwa Shahaj Shankh Mudra ini sangat baik untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan anus, misalnya Ambeien atau Wasir. Mudra ini juga memiliki efek baik untuk hal-hal seperti vokal atau suara, pencernaan, perut dan usus. Menurut fisiologi Yoga, ada 10 otot utama yang menjadi lebih aktif sehingga menguatkan tubuh dengan melakukan ini

Pada Shahaj Shankh Mudra, elemen api yang diwakili oleh ibu jari 'dikepung' oleh elemen-elemen tubuh lainnya, yaitu udara, ruang, tanah, dan air. 'Penundukan' ini melemahkan panas di dalam tubuh. Pada saat bersamaan, perjumpaan ibu jari kanan dengan jari telunjuk kiri akan merangsang elemen air sehingga badan lebih sejuk. 


Caranya: Pose terbaik untuk melakukan Mudra yang satu ini adalah dengan posisi duduk Vajra Asana, atau pose Berlian dalam seni olah tubuh Yoga. Vajra Asana dilakukan dengan melipat kedua kaki dan meletakkan bokong di atas/mendudukinya. Orang-orang Jepang suka melakukannya saat upacara minum teh, karena pose duduk ini baik untuk meluruskan punggung dan masalah-masalah pencernaan. 

Setelah duduk, bawa kedua tangan ke pangkuan. Kaitkan jari-jemarinya, dengan menyisakan kedua ibu jari menghadap ke atas berdampingan. Dengan demikian, ibu jari tangan kanan akan menyentuh jari telunjuk tangan kiri. Lakukan selama 30-45 menit untuk ikhtiar pengobatan, dan senyamannya saja untuk ikhtiar menjaga kesehatan pencernaan. 

Shahaj Shankh Mudra bisa diaplikasikan dalam beberapa waktu, dengan tempo senyamannya saja, mengingat poses duduknya bisa membuat kesemutan. Segera hentikan jika sudah tidak nyaman. Yang lebih diperlukan adalah keikhlasan dalam melakukannya, dan keyakinan untuk kesembuhan. 

.......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra pada umumnya adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!  

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.

7 komentar:

  1. Ahhh, aku kurang seraat hidupku, kurang makan sayur dan buah mak.
    Jadi bermasalah sama BAB juga niy.
    Kapan kaoan atuh harus praktek bareng ini maah

    BalasHapus
  2. Waah wasir juga ada mudranya, aku pernah kena gejala wasir ini gara-gara pencernaannya nggak lancar. wajib dipraktekin. Nuhun teh :)

    BalasHapus
  3. Tante aku teh...ambeien lumayan parah.
    Sampai kapok melahirkan. Jadi punya anaknya cukup satu aja.

    Seandainya tahu teknik mudra ini yaa, teh..

    BalasHapus
  4. Pas hamil kemarin ambeien saya kambuh parah bgt, belum tau mudra ini

    BalasHapus
  5. mudra buat ambeie, penting banget nih Teh.

    BalasHapus
  6. Gileeeee buat ambeien pun adaaaaaa!

    BalasHapus