[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Masalah Telinga

Rabu, 08 November 2017

Mudra untuk Masalah Telinga

Mudra untuk Masalah Telinga, Mudra for Ear Problems ~ Siapa yang pernah mengalami telinga berdenging? Rasanya, semua dari kita pernah mengalami masalah telinga itu, bukan? Kondisi demikian dalam istilah medis disebut Tinnitus, yaitu suara-suara 'lain' selain yang kita dengar dari luar. 

Suara 'lain' itu bukan seperti yang dikatakan oleh mitos-mitos, melainkan sebagai akibat dari banyak faktor, seperti:

- Usia lanjut, yang secara alami menurunkan kemampuan pendengaran,
- Infeksi telinga dan banyaknya kotoran telinga,
- Efek samping dari penggunaan obat-obatan seperti Aspirin, atau Antibiotik,
- Terlalu banyak terkontaminasi polusi suara tinggi, seperti misalnya suara mesin pemotong keramik, 
- Penderita Vertigo, atau beberapa penyakit serius lain,
- Ketidakseimbangan tekanan udara, seperti saat naik mobil atau pesawat, dan sebagainya.

Suara ini bisa diderita sebentar saja atau sampai sekian purnama. Semakin hening keadaan sekitar, suara berdengingnya semakin terdengar, sehingga mengganggu waktu tidur dan menurunkan kualitas istirahat Untuk itu, disarankan untuk menemui spesialis THT jika sudah sangat mengganggu.

Sambil menjalani pengobatan medis, tidak ada salahnya untuk berikhtiar tambahan dengan berMudra!


Shuni Mudra

Mudra memiliki banyak formasi, dan salah satu yang paling efektif untuk masalah telinga adalah Shuni Mudra. Tiap jari tangan manusia adalah representasi dari satu elemen kehidupan. Ibu jari mewakili elemen Api, Telunjuk mewakili Udara, Tengah mewakili Ruang, Manis mewakili Tanah, dan Kelingking mewakili Air.

Masing-masing jari juga adalah perwkilan dari lima indra manusia. Ibu jari - Mata, Telunjuk - Hidung, Tengah - Telinga, Manis - Kulit, dan Kelingking -Mulut/Lidah. Dengan demikian, menurut formasi Mudra, jari tengahlah yang paling diperhatikan dalam masalah telinga. Lagipula, telinga memiliki rongga-rongga (ruang), yang harus dijaga keseimbangannya.

Shuni Mudra membantu mengontrol elemen ruang, dan indra pendengaran. Semua hal yang berkaitan dengan ketidakseimbangan pada elemen dan indra ini bisa dinetralisir dengan Shuni Mudra. Lakukan dengan sungguh-sungguh dan kontinu, sebagai pandamping obat-obatan medis, dan bila sudah teratasi, segera berhenti melakukan Shuni Mudra. 




Caranya: Tekuk jari tengah ke dalam telapak tangan, dan tahan dengan ibu jari. Biarkan jari-jari lainnya tetap lurus namun tidak kaku. Lakukan selama 5 menit, atau senyamannya. Untuk kasus-kasus yang lebih besar, aplikasikan dalam waktu yang lebih lama, misalnya 45 menit dalam 3 waktu (masing-masing 15 menit), dan berhenti bila sudah sembuh.

Catatan: Shuni Mudra adalah self healing khusus bagi yang memiliki masalah telinga. Sebaiknya tidak untuk dilakukan oleh yang tidak memiliki masalah telinga. 
.......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.

Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:


2. Mudra untuk Masalah Tidur
3. Mudra untuk Kesehatan Mata

atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra

"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Salam,
Ayu Winayasari.

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.
Dalam istilah medis telinga berdenging disebut sebagai tinnitus yang berarti bahwa suara yang terdengar pada telinga tanpa adanya sumber suara dari luar (sumber eksternal). Suara tersebut dapat berupa suara dering, bersiul, berdengung, berdenging, berkicau, mendesis, menderu, atau bahkan menjerit-jerit.
Sumber: Penyebab Telinga Berdengung (Berdenging) dan Cara Mengatasinya - Mediskus
Dalam istilah medis telinga berdenging disebut sebagai tinnitus yang berarti bahwa suara yang terdengar pada telinga tanpa adanya sumber suara dari luar (sumber eksternal). Suara tersebut dapat berupa suara dering, bersiul, berdengung, berdenging, berkicau, mendesis, menderu, atau bahkan menjerit-jerit.
Sumber: Penyebab Telinga Berdengung (Berdenging) dan Cara Mengatasinya - Mediskus

26 komentar:

  1. nambahh lagiii alat meditasi, suka pengeng2 ga jelas nih emang telingaku semenjak kegembrotan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee, emang ada hubungannya antara bb dengan kuping pengeng?

      Hapus
  2. Aku share buat mamah aku ya teh, mamah aku telinganya bermasalah, udah ke THT tapi ga ngaruh semoga dengan mudra lebih ada perkembangan. Makasi teh share ngyaa

    BalasHapus
  3. Waahhh, saya sering berdengin gitu
    udah saya praktekin
    ternyata mudra banyaknya dan manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, terima kasih sudah mampir ya ^^

      Hapus
  4. Bagus nih untuk suamiku yang suka sakit kupingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sakit kupingnya karena apa, Ran? Sambil ke THT juga yaa....

      Hapus
  5. Nanti mau coba ajarin ke anak-anak, ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ngga sakit telinga ngga usah dipraktikkan, mbak :)

      Hapus
  6. Kenapa baca ini sambil mraktekin ya hahhaaa

    Makasih Mak, sharing mudranya,insyaallah berguna banget niy

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang suka sambil praktikkin kalo liat gambar mudra, teh, hihihi

      Hapus
  7. Balasan
    1. misamiii^^ oya, blognya kok ga bisa dikunjungi yaa?

      Hapus
  8. Edun sampe ke telinga juga ada mudranya euy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini palugada pisan, Lu, sagala aya, hahahaha

      Hapus
  9. Asik, nambah lagi nih. Dan ini terlihat mudah juga untuk di praktekan. Barusan aku praktekan. Bermanfaat, Teh..

    BalasHapus
  10. Iya insyaaAllah bermanfaat :) Nuhun udah mampir, ya Andi

    BalasHapus
  11. Simple dipraktekannya mbak.
    tengkyu :)

    BalasHapus
  12. Enggak nyaman bgt kalau telinga lagi berdengung huhu..

    Lain kali kalau berdengung lagi, coba ah pakai cara ini hihi..

    thanks ya sharingnya..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  13. Baru tau nih penyebab telinga berdenging

    BalasHapus
  14. Weh, ada juga mudra untuk kesehatan telinga? Wah pas nih aku juga sering berobat ke dokter THT. Barangkali ini bisa dipraktekkan ya jadi pendengaranku stereo hehehe dan berkurang gatalnya.

    BalasHapus
  15. Mudra lengkap banget ya sampai masalah telinga juga ada

    BalasHapus