[] Bilik Menulisku: Mudra Untuk Mengatasi Kelelahan

Selasa, 26 September 2017

Mudra Untuk Mengatasi Kelelahan

Mudra Untuk Mengatasi Kelelahan, Mudra To Treat Fatigue ~ "Hayati lelah, Bang!", sepenggal kalimat ini sering sekali terlihat di berbagai postingan di media sosial. Sepotong kalimat dalam dialog film 'Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck' yang jadi terkenal, ditulis sebagai curhatan setiap kali ada yang merasa penat, capek, lelah akan berbagai masalah hidup. 

Kelelahan memang nampaknya menjadi teman sehari-hari bagi banyak orang, baik lelah secara fisik maupun mental. Habis mau bagaimana lagi, hari gini memang banyak sekali distraksi. Apalagi di dunia maya, yang menurut ibu Niken, Direktur Jendral Informasi Komunikasi Publik (IKP), Kominfo, ada sekitar 6.000an informasi yang berseliweran di internet dalam setiap menitnya. Enam ribu per menit! Sungguh too much information!

Dunia maya menyumbang sekian banyak kelelahan bathin dengan berita-beritanya, yang terkadang benar terkadang salah, namun dunia nyata pun tak kalah membuat penat. Pekerjaan yang nine to five, ditambah dengan 1-2 jam berada di jalan pada sebelum dan sesudah jam kerja, sangat memberatkan hayati. Belum lagi dengan masalah-masalah lainnya, seperti issue keluarga, hubungan dengan teman atau rekan kerja, soal kendaraan, pekerjaan yang dibawa pulang, dan lain sebagainya. Manusia zaman sekarang sungguh banyak tantangannya!

Yuk, hadapi tantangan hidup ini dengan lebih semangat dan ceria, dengan Rudra Mudra!

Baca juga : Berkenalan dengan Mudra untuk mengenal lebih baik tentang Mudra.

Rudra Mudra

Melakukan Rudra Mudra dipercaya dapat mengontrol cakra ketiga manusia, yaitu cakra Solar Plexus. Cakra ini bertempat pada 5 sentimeter di atas pusar, di sekitar ulu hati. Organ-organ tubuh yang berada pada wilayah cakra itu adalah hati, jantung, pankreas, limpa, lambung. Ketidakseimbangan pada organ-organ vital tersebut, setidaknya bisa membawa kelelahan pada tubuh secara keseluruhan. 

Rudra Mudra efektif dalam mengembalikan keseimbangan pada area-area tersebut di atas, dengan meningkatkan energi yang mengalir ke sana. Dengan demikian, berkaitan dengan fungsi organ-organ itu, melakukan Mudra ini dapat mengatasi kelelahan secara fisik dan meredakan ketegangan atau kecemasan. Rudra Mudra bahkan mengurangi pusing, karena turut mengatur peredaran darah dan pernapasan, dan juga meningkatkan konsentrasi. 

Bagi yang sering merasa kelelahan akibat tekanan perkerjaan, apalagi yang kurang memperhatikan jadwal makan dan tidur, lakukan Mudra ini selama setidaknya 5 menit, lima atau enam kali sehari, atau senyamannya, setiap kali butuh menetralisir keadaan.


Caranya: Renggangkan kedua tangan, dan satukan ujung-ujung ibu jari, telunjuk, dan manis. Biarkan jari-jari tengah dan kelingking tetap lurus, namun tidak kaku. Aplikasikan sambil duduk bersila, dengan kedua tangan di atas paha, di tempat yang nyaman dan tenang, sambil memejamkan mata dan memperhatikan napas. Cukup lima menit, atau senyamannya, namun hasilnya efektif mengembalikan kesegaran tubuh.   

......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.
.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:


atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.

20 komentar:

  1. Waaah coba ah, pas lagi pegel2 nih.

    BalasHapus
  2. Butuh banget nih, saya sering lelah akhir - akhir ini

    BalasHapus
  3. banyak juga manfaat mudra.. darah mudra.. darahnya para remaja, hihi

    BalasHapus
  4. Kebetulan lagi kecapean. Makasih Teh :)

    BalasHapus
  5. Ah iya, aku sering merasa kelelahan meski hanya kerja depan komputer.

    BalasHapus
  6. Pas baca ini bisa langsung dipraktekkan. Lagi lelah banget neh

    BalasHapus
  7. lakukan gerakan ini 5 menit aja jadi ya teh?

    BalasHapus
  8. Aku baru denger Mudra ini mbak, dan benar ya selain berusaha kita tetap harus ikhtiar

    BalasHapus
  9. Akhir-akhir ini sering kelelahan. Harus dipraktikkan ini

    BalasHapus