[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Kesehatan Jantung

Rabu, 23 Agustus 2017

Mudra untuk Kesehatan Jantung

Mudra untuk Kesehatan Jantung, Mudra for Heart  Jantung (bahasa Latin: cor) adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Darah menyuplai okisgen dan nutrisi pada tubuh, juga membantu menghilangkan sisa-sisa metabolisme. ~ Wikipedia

Sebagai yang bukan berlatar belakang dan awam dengan dunia medis, saya tidak terlalu paham mengenai jantung. Walaupun sedikit mengerti bahwa organ tersebut adalah vital keberadaannya bagi tubuh manusia. 

Jantung mengemban tugas untuk memompa darah dalam sebuah siklus yang berulang-ulang, terus menerus hingga akhir hidup. Dengan tugas itu, ia melaksanakan suplai oksigen ke seluruh tubuh, melalui darah. Darah yang kurang oksigen akan dipompa ke paru-paru yang menyediakan banyak oksigen. Di paru-paru, darah mengambil oksigen dan melepaskan karbondioksida untuk kemudian kembali ke jantung, meneruskan perjalanannya, beredar mengalir, mencukupi kebutuhan oksigen di seluruh tubuh.

Dengan tugas yang demikian penting, adalah berbahaya bila jantung tidak berfungsi secara normal. Disfungsi jantung ini bisa disebabkan oleh berbagai hal:

1. Jantung Koroner.
Darah mengalir di sepanjang pembuluh jantung yang disebut arteri koroner. Perjalanan darah ini bisa jadi terganggu karena ada penumpukan plak pada dindingnya. Plak hasil dari kolesterol dan lemak ini menimbun, membuat sumbatan pada jalur yang seharusnya bebas hambatan tersebut. Hasilnya tentu saja sebuah serangan jantung yang fatal.   

2. Kebocoran Jantung.
Sakit ini biasanya adalah bawaan sejak lahir, oleh karena itu penderitanya kebanyakan anak-anak. Kebocoran jantung terjadi pada sekat (septum) bagian dalamnya, yang memisahkan kedua sisi jantung, kanan dan kiri. Pada sisi jantung kanan, darah yang terkumpul adalah yang kekurangan oksigen. Sebaliknya, sisi kiri menyimpan darah yang kaya oksigen. Tentu saja, darah di kedua sisi tersebut tidak boleh bercampur.

3. Jantung Lemah.
Penderita jantung lemah memiliki kondisi otot jantung yang kurang baik, sehingga detaknya lemah atau bisa sampai gagal. Kelainan otot jantung (miokard) ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, lebih seringnya karena kondisi genetik yang diwariskan. Namun, kelainan ini juga sebagai akibat dari detak jantung yang tidak beraturan karena satu dan lain hal (seperti hipertensi, diabetes, penyakit kelenjar tiroid, obesitas, gangguan katup jantung). Gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat pun turut memicu jantung berdebar tidak dengan irama normal.

Mengetahui batapa jantung sangat perlu dijaga kesehatannya, yuk ber-Mudra untuk Jantung sehat.

Baca juga artikel tentang Berkenalan dengan Mudra.

Ada banyak pose Mudra, tapi yang dianggap baik untuk jantung antara lain sebagai berikut:

1. Apaana Vayu Mudra.
Mudra ini dijuluki 'Mudra of Heart', karena dianggap yang terbaik untuk masalah jantung. Selain itu, Mudra Apaana Vayu juga dikenal sebaga 'Mrita Sanjeevani', yaitu 'ramuan keabadian', yang sangat membantu menyelamatkan nyawa. Melakukan Mudra ini berdampak sangat baik bagi kesehatan jantung, karena membantu mengatasi berbagai malfungsi sang organ vital.

Apaana Vayu Mudra menguatkan otot jantung, memberikan stimulasi yang pas sehingga debar jantung stabil -tidak lemah ataupun tinggi. Mudra ini juga turut melunturkan plak yang menempel di pembuluh darah, karena salah satu efeknya adalah menghangatkan tubuh dari dalam. Apaana Vayu bahkan dikatakan sebagai pertolongan pertama pada serangan jantung. Penderita jantung sebaiknya mengingat pose ini untuk turut membantu meredakan rasa sakit, sampai pertolongan medis datang.



Caranya: Renggangkan tangan, dan tekuk jari telunjuk hingga melingkar ke dalam. Satukan ujung-ujung jari tengah dan manis dengan ibu jari. Biarkan jari kelingking lurus namun tidak kaku. Lakukan Apaana Mudra dengan kedua tangan untuk menjaga kesehatan jantung, setidaknya untuk 5 menit. Untuk penderita sakit jantung, lakukan lebih lama, setidaknya selama 15 menit, 3 kali sehari.

2. Surya Mudra.
Surya Mudra sangat ampuh dalam hal menghangatkan tubuh. Konon, melakukan Mudra ini di pegunungan bersalju pun akan menghasilkan keringat. Oleh karena itu, Surya Mudra dapat membantu meluruhkan lemak jahat yang mengendap pada dinding-dinding pembuluh darah, dan melindungi jantung dari kolesterol tinggi. Tubuh yang bersih dari lemak dan kolesterol akan terbebas dari penyakit-penyakit seperti kelenjar tiroid, hipertensi, obesitas, dan sebagainya.


Caranya: Renggangkan tangan dan lipat jari manis ke dalam, lalu tahan di bagian kuku/buku jari dengan ibu jari. Biarkan jari-jari lain tetap lurus dan terbuka dengan santai atau tidak kaku. Lakukan dengan kedua tangan, selama setidaknya 5 menit atau senyamannya. 

Catatan penting: Surya Mudra TIDAK untuk dilakukan dalam keadaan demam. Mudra ini juga sebaiknya TIDAK berlama-lama dilakukan oleh yang memiliki badan terlalu kurus (underweight).

3. Ganesha Mudra.
Ganesha Mudra dikenal sebagai 'Obstacle Remover' atau 'Penghilang Hambatan'. Hal ini disebabkan karena dengan melakukan Ganesha Mudra, masalah di seputaran dada -baik ketegangan secara fisik (pada organ jantung) maupun ketegangan psikis (ketakutan, sakit hati)- akan mereda. Selain itu, Ganesha Mudra berkaitan dengan Chakra Anahata, atau Cakra Jantung, yang membuat praktisi Mudra ini merasakan kehangatan di sekitar organ vital tersebut.

Bila melihat posenya, Ganesha Mudra tampak sebagai latihan yang dapat menguatkan otot-otot lengan, paru-paru dan jantung. Oleh karena itu, ber-Mudra Ganesha dapat menstimulasi kinerja paru dan jantung, serta sangat menolong dalam kasus yang berhubungan dengan miokard atau otot jantung.


Caranya: Bawa kedua tangan ke depan dada  dan berhadapan. Posisikan tangan kiri agar telapaknya mengarah keluar, dengan ibu jari di bawah. Sebaliknya, tangan kanan diposisikan menghadap ke dalam, ke arah dada. Satukan empat jari kedua tangan dalam posisi saling bertaut dan mengunci, lalu mulai bernapas dengan tenang. Saat menarik napas, longgarkan tautan tanpa melepaskan kedua tangan, dan saat menghembuskan, tarik kedua tangan agar semakin mengunci. Lakukan sebanyak 6 kali, lalu ulangi dengan posisi tangan bergantian. Ganesha Mudra dapat dilakukan selama setidaknya 5 menit sampai senyamannya.
......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

3. Untuk Sakit Tenggorokan


atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  



Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan. 

12 komentar:

  1. Waah...manfaat MUdra banyak juga ya. Aku perlu nih mbak, biar berat badan turun, hihi. Aku sering migren juga. Bookmark.
    Tengkiu infonya mbak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya buat turun BB juga bisa, pelan2 insyaAllah berhasil :)

      Hapus
  2. saya langsung share ini ke sepupu dan sahabat saya tehh, yang punya masalah jantung sudah bertahun2..TFS yaaaak

    BalasHapus
  3. Nuhun Teh, Insya Allah berguna untuk saya.

    BalasHapus
  4. Ini ilmu2 yoga mba? Tapi aku lngsung ke inget jaman aku training kerjaan di Bali dulu mba..semua karyawan diminta wajib ikut meditasi.

    BalasHapus
  5. Wuih keren mbak. Btw ini darimana ya ilmunya? Bapak saya jantung koroner. Mau coba saya praktekan.

    BalasHapus
  6. Wow gerakan sesimpel itu aja efeknya ajaib. Praktekin ah!

    BalasHapus