[] Bilik Menulisku: Buka Bersama ACT Layanan Humanity Food Truck di Pusdai

Selasa, 20 Juni 2017

Buka Bersama ACT Layanan Humanity Food Truck di Pusdai

Humanity Food Truck

Hai haiii....masih semangat puasa, kan? Bulan penuh berkah tahun 1438 Hijriyah ini tinggal sisa 5 hari lagi, semoga semakin banyak kegiatan positif yang bisa kita semua lakukan untuk mengisinya, yaa! Salah satu kegiatan positif yang saya tau dan baru terjadi beberapa hari lalu adalah ACT Layanan Humanity Food Truck. Saya sudah pernah menghadiri salah satu acara ACT sebelumnya, tapi yang dihelat pada Jumat, 16 Juni 2017 lalu itu sangat berkesan.

Apa itu ACT?

Acara buka bersama ini dipersembahkan oleh ACT, sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan, yang berdiri sejak 21 April 2015. Sebagai yayasan kemanusiaan, ACT bergerak di berbagai bidang, mulai dari kegiatan tanggap darurat, program pemulihan pascabencana, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, serta program berbasis spiritual seperti Qurban, Zakat dan Wakaf. Lembaga yang bermarkas di jalan TB. Simatupang, selatan Jakarta ini memiliki visi untuk 'menjadi organisasi kemanusiaan Global Profesional berbasis kedermawanan dan kerelawanan masyarakat global untuk mewujudkan peradaban dunia yang lebih baik'. Keren, ya? 

Nah, mumpung sedang bulan baik, ACT ini lalu merealisasikan sebuah ide unik, yaitu:

Layanan Humanity Food Truck.

Tadinya truk ini hanyalah sebuah kendaraan besar biasa. Lalu, setelah keluar dari sebuah bengkel karoseri, wujudnya berubah total menjadi sebuah dapur berjalan. Tidak tanggung-tanggung, dapur berjalan itu fully-equipped, alias dilengkapi dengan berbagai alat masak yang canggih, yang siap diajak jalan kemana-mana untuk melayani masyarakat. Selain alat masak, truk yang berwarna putih-hijau muda-oranye itu memiliki berbagai teknologi serta keamanan menunjang seperti radio komunikasi, pendingi udara, videotron, alarm api, dan generator listrik.

Sejak awal Ramadhan, ACT Food Truck ini sudah berkeliling Jabodetabek, loh. Berkeliling dalam rangka melayani masyarakat untuk berbuka puasa bersama, Lalu, sejak 16 Juni sampai 19 Juni kemarin, Food Truck ini sudah mangkal di mesjid Pusdai, Bandung. Para kru bahu-membahu mengolah dan memberikan makanan kepada para jamaah yang melakukan itikaf, juga kepada masyarakat sekitar, musafir yang mampir, serta para buruh, pedagang, terutama dhuafa di kawasan mesjid. 

Menurut Adi Nurdiansyah, Head of ACT Jawa Barat, Food Truck ACT ini selain menjadi saran berbagi juga menjadi wadah filantropis masyarakat luas. 

"InsyaaAllah dalam waktu dekat, mengambil momentum Ramadhan, akan bermunculan banyak filantropis yang ingin mewujudkan cita-cita serupa lewat Food Truck Humanity....", katanya.

Image may contain: 1 person
Ikut Mama buka bersama ACT Layanan 
Humanity Food Truck di Pusdai

Memberi Makan pada Orang yang Berpuasa.

SubhanAllah, betapa mulianya cita-cita kang Adi itu, ya, mengingat sebuah perkataan Rasulullah Muhammad shallahu 'alaihi wassalam mengenai memberi makan orang yang berpuasa....

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”

Seperti yang kita tau, 'memberi makan orang yang berpuasa' bisa beragam macamnya. Menurut Al Munawi rahimahullah menunya boleh jadi sepaket makan malam, atau kurma, atau bahkan cukup dengan seteguk air saja. Hal ini pun pernah dirasakan sang Nabiyullah sendiri, yang serta merta mendongakan kepala ke langit dan mendoakan orang yang memberinya air;

اللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِى وَأَسْقِ مَنْ أَسْقَانِى

Allahumma ath’im man ath’amanii wa asqi man asqoonii”

[Ya Allah, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku]  *rumaysho.com

Ramadhan yang karim ini tinggal 5 hari lagi, yuk semakin memperbanyak ibadah dan amal. Dan semoga sampai umur kita semua untuk merasakan kembali bulan penuh rahmat ini di tahun-tahun berikutnya. Aamiin ya rabbal alamin.

post signature

Tidak ada komentar:

Posting Komentar