[] Bilik Menulisku: XL Future Leader yang peduli anak bangsa

Kamis, 21 Mei 2015

XL Future Leader yang peduli anak bangsa


Saya pernah membaca kalau sebuah perusahaan itu harus memperhatikan beberapa aspek selain dari tujuan utamanya mengembangkan usaha. Dua diantaranya adalah aspek lingkungan dan aspek sosial. Kalau soal lingkungan, saya ikut senang melihat banyak perusahaan yang sudah mengerti pentingnya kelestarian alam dengan memilah-milah bahan-bahan yang digunakan serta memperhatikan masalah pembuangan yang dihasilkan. Nah kalau soal aspek sosial,
saya juga sudah mendengar ada beberapa perusahaan yang turun tangan mengabdikan sebagian keuntungannya di jalur pendidikan. Ya, perusahaan yang besar tidak akan menjadi hebat bila belum memperhatikan aspek sosial, yaitu turut menjadi berguna bukan hanya untuk konsumen dan pegawainya, tapi juga bagi masyarakat sekitarnya.

Salah satu perusahaan besar dan hebat yang merasa ikut bertanggung jawab secara sosial terhadap negri ini adalah XL Axiata. Perusahaan provider komunikasi ini ternyata sudah kali yang keempat mengadakan Road Show XL Future Leaders, yaitu program yang dibentuk atas dasar kepedulian terhadap pemuda-pemudi bangsa untuk menjadi pemimpin yang up to date, kreatif, dan percaya diri, melalui proses belajar-mengajar yang berkualitas.

XL Future Leaders is an 
Indonesian corporate social responsibility (CSR)
 program designed to develop leaders
 that are socially informed, creative and confident 
by providing high quality learning resources
for young people across Indonesia.



Acara Blooger Meet Up XLFL di Noah's Barn, Bandung
                                              
Program ini melingkupi :

- Kemampuan berkembang melalui refleksi diri
- Membangun kesadaran kebutuhan pembangunan Indonesia
- Menginspirasi kepercayaan dan pemikiran mandiri
- Menciptakan pengalaman kewirausahaan yang ditangani sendiri

Bekerjasama dengan sebuah lembaga edukasi di Selandia Baru, yaitu Cognition Education, saya yakin program ini kaya akan materi. Kurikulum yang diadopsi dari Cognition ini dianggap paling sesuai dan memenuhi kebutuhan pembelajaran. Setiap tahunnya, XLFL ini menerima sekitar 140an calon pemimpin loh. Jadi, bagi adik-adik yang masih kuliah, atau baru lulus dan ingin menambah kemampuan diri, silahkan mendaftar yaa! Syaratnya hanya usia maksimal 21 tahun dan memiliki IPK minimal 2,8. *Keterangan lebih lanjut, silahkan klik di sini : Registrasi Online XL Future Leaders 4.

Salah satu dari Ladies yang menangin Doorprize. Yaay!

Seakan mengerti benar bahwa tidak selamanya seorang pemimpin adalah yang memiliki nilai tinggi, program ini lalu menitikberatkan pada keahlian lain di samping pengetahuan yang didapat dari mata kuliah-mata kuliah para siswa. XLFL memberi perhatian lebih pada soft skill, yaitu kemampuan berkomunikasi efektif, kreativitas dalam berinovasi dan kewirausahaan, serta kebisaan mengelola perubahan. 4 program yang di-launch adalah :

1. Global Leaders; program pengembangan kepemimpinan intensif selama 2 tahun
2. Local Scholarship; diperuntukkan bagi pelajar-pelajar muda
3. E-Curriculum; salah satu dar sedikit Kursus Online terbuka yang masif
4. CEO Challenge; tantangan bagi mereka yang ingin berada di jajaran atas PT XL Axiata

Salah satu yang menarik bagi saya, yang sudah bukan mahasiswi imut ini (*uhuk!), adalah E-Curriculum nya. Salah satu program pembelajaran masif terbesar di Indonesia ini terbuka untuk umum. Siapa saja yang ingin menambah wawasan dan kemampuan dalam Leadership, bisa ikutan :)

Bersama warga Blogger Bandung ^.^

Mengenai program XLFL ini, saya jadi teringat pada para trainer dulu, bahwa saat ini kegiatan belajar mengajar mulai merubah haluan, lebih memperhatikan pada 'Creative Thinking' para siswa. Jadi saya support banget, pada cara belajar-mengajar di program ini yang mengurangi Teacher Talking Time dan lebih membiarkan siswanya berpikir dan berkreasi dengan lebih kreatif. Saya percaya program ini akan sesuai dengan jargon yang diusungnya, yaitu menghasilkan lebih banyak Future Leader, dan bukannya Future Worker

Saya juga teringat lagi pada salah satu teman yang mengeluh, "Gue udah presentasi beberapa kali di PT XYZ, tapi pas sampe level atas, perusahaan rival gue majuin manager yang bule. Ya mati lah gue...". Ya, dia minder, belum-belum sudah merasa kalah hanya karena lawannya itu 'bule'. Padahal kawan satu kost saya itu juga seorang manager yang hebat loh! Karena itu, lagi-lagi saya support banget pada tujuan XLFL ini, yang berjuang memajukan anak bangsa sebagai pemimpin di negaranya sendiri.

Terima kasih ya XL Axiata, atas perhatiannya pada aspek sosial, dengan menjadi perusahaan hebat yang bersumbangsih dan turun tangan dalam membangun masyarakat sekitar. Seiring dengan XL Future Leader ini, saya ikut berdoa supaya penerus bangsa kita ini semakin maju dalam pemikiran, keahlian, serta akhlak. Aamin.                                                                                                                                                                                             

*gambar dari akun Path-nya mbak Sarah Sandra, hasil jepretan teh Efi Fitriyyah, dan website XL Future Leaders

2 komentar:

  1. Cukup banyak perusahaan besar yang menyelenggarakan acara ini itu. Memang ada unsur promosinya tetap tetap ada juga manfaatnya bagi lingkungan dan masyarakat. Misalnya saja: Mudik Bareng......
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu termasuk unsur 'berguna secara sosial', Pakdhe :) Terima kasih sudah mampir, jauh2 dari Jombang. Salam kembali ^^

      Hapus