[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Penghormatan, Mudra for Salutation

Kamis, 01 Maret 2018

Mudra untuk Penghormatan, Mudra for Salutation

Mudra untuk Penghormatan, Mudra for Salutation ~ Rasa-rasanya, setiap orang pernah membuat gestur ini: kedua tangan disatukan di depan dada. Tujuannya bermacam-macam. Untuk mengiringi ucapan salam, mengungkapkan rasa terima kasih, menunjukkan rasa hormat atau respek, berdoa, dan hal-hal baik lainnya.

Namaste. Demikian gestur itu berkata. Namaste dalam bahasa Sansekerta berasal dari tiga kata: 'Nama' yang berarti 'Menunduk' (English: to Bow), 'As'yang berarti 'Saya' (English: I), dan 'Te' yang berarti 'Kamu' (English: You). Jika disatukan maka akan secara literal diartikan: Saya menghormati Kamu (I bow to You). Lebih dalam lagi secara spiritual, bisa dimaknai dalam bahasa Inggris yaitu, "The Divine in me honors the Divine in you".

Instruktur Yoga dan para pesertanya melakukan gerakan tersebut setiap memulai dan mengakhiri kelas. Dalam asana (pose) Tadasana (yaitu berdiri tegak dengan kaki menjejak ke bumi dan kepala -bukan muka- menghadap langit), biasanya sambil menangkupkan kedua tangan di dada. Begitu juga dengan serangkaian gerakan Surya Namaskara (terdiri dari 12 asana), yang memulai dengan Tadasana, lalu sepuluh asana lain, dan berakhir dengan Tadasana lagi.

Dalam seni Pengobatan Diri Sendiri atau Self Healing Mudra, asana ini bernama Anjali Mudra.


Anjali Mudra

Anjali dalam bahasa Sankerta artinya 'Penawaran' (English: Offering), sebuah isyarat penghormatan, doa, dan salam. Mudra ini juga dikenal dengan nama Pranam Mudra dan Namaste Mudra. Tidak hanya sebagai isyarat perbuatan baik, pose ini juga bersifat seindah namanya. Abadi dan universal. Dapat dilakukan kapan saja, dan dikenali hampir oleh siapa saja.


Caranya: Hanya dengan membawa kedua tangan ke tengah-tengah tubuh, yaitu di depan dada, lalu menyatukannya. Menurut Krhisnamacharya, kalau dilakukan dengan benar, kedua telapaknya sedikit menangkup atau tidak terlalu datar. Hal ini supaya ada sedikit jarak di antaranya, yang menyerupai bunga yang kuncup, dan sebagai simbol dari terbukanya hati.

Karena diletakkan di bagian tengah tubuh atau di depan dada (Heart/Jantung/Anahata Chakra), maka Anjali Mudra akan membawa pada keseimbangan tubuh dan pikiran. Tidak hanya itu, Anjali juga mempersembahkan sebuah kesempatan untuk menyelaraskan hubungan antara inner self dan outer self. Melakukan Mudra ini juga memperkuat kolaborasi antara kedua bagian otak.

Lakukan Anjali Mudra kapanpun merasa perlu untuk melakukan penghormatan, rasa terima kasih, atau memohon maaf pada diri sendiri maupun kepada orang lain. Aplikasikan juga Mudra ini, bila berkenan, saat berdoa dan mendekatkan diri kepada sang Illahi. 

Anjali Mudra akan membawa pada keharmonisan jiwa, karena dengannya akan terasa sensasi energi pada tulang belakang, serta mengantarkan pada damainya kesadaran tingkat tinggi. Mengingatkan bahwa sejatinya kekuatan bukanlah terletak pada segala kebesaran yang dimiliki, namun pada rasa welas asih yang dibagikan untuk diri sendiri dan sesama makhlukNya.

......

Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:


3. Mudra untuk Kesehatan Jantung

atau di sini

"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!





Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan.

12 komentar:

  1. Wah untuk meredakan kemarahan, kalo tiba2 lagi esmosi tinggi, langsung pose mudra ini ahh biar tenang kembali.
    Tapi mudra tangannya di punggung, belom bisa aja maak

    BalasHapus
  2. Ok gitu sepertinya bisa deh saya praktekkan Teh. Cobain ah

    BalasHapus
  3. Gerakannya sederhana namun kegunaannya wah ya Teh. Aku nyobain satusatu gerakan yang dishare sama teteh lho

    BalasHapus
  4. Wiiih aku baru tau lho definisi nameste ini *ka mana wae, neng?*

    Btw ada mudra buat masalah kulit yang lagi kusam ga, teh? Hihihi plis jangan cubit. Seriusan nih aku nanya.

    BalasHapus
  5. Wah makin ahli aja dirimu soal Mudra, keren ya semua penyakit ada solusi dgn metode mudra ini walau ternyata hrs tetap usaha pengobatan medis juga :)

    BalasHapus
  6. AKu sering melihat orang melakukan self-healing dengan cara meditasi seperti ini, teh...apa harus ada suara-suara juga?
    Emm, semacam menanamkan sugesti?

    Seperti : Aku sudah memaafkan seseorang yang menyakitiku, aku sekarang menjadi pribadi yang baru...yang ceria, baik, dan pemaaf, dll...

    BalasHapus
  7. Namaste.

    Sering baca dan dengar ini ketika baca novel kuliner India. Hehehe

    BalasHapus
  8. Namaste... hehe... baru tau klo artinya menunduk :)

    BalasHapus
  9. wah unik juga ya..baru tau nih
    pengen coba juga sama kayak yoga kayaknya hehehe

    BalasHapus
  10. Wah pose umum yg sering dilakuin nih, tnyt termasuk mudra jg ya

    BalasHapus
  11. Anjali Mudra, kak Ayu ...
    Salam kenal.

    Setelah membaca artikel ini,terrnyata bersikap menangkupkan kedua tangan di dada ini bisa meredakan emosional dan juga bermanfaat untuk kesehatan ya ...

    Aku pernah melihat para biksu melakukan Anjali Mudra setiap bertemu sesama para biksu.
    Unik ngelihatnya..

    BalasHapus