[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Merealisasikan Keinginan

Selasa, 27 Maret 2018

Mudra untuk Merealisasikan Keinginan

Mudra untuk Merealisasikan Keinginan, Wish Fulfilling Mudra ~ Setiap kita pasti punya keinginan. Baik keinginan yang disembunyikan, maupun yang diungkapkan. Salahkah bila punya keinginan? Ya tentu saja tidak. Malahan, keinginan bisa memotivasi untuk berusaha lebih demi menggapainya.

Keinginan hanya bisa menjadi masalah, jika diikhtiarkan dengan cara yang melanggar nilai-nilai kebaikan. Korupsi uang, misalnya, demi kemewahan. Atau, diet yang berlebihan hingga menyiksa badan, demi lekuk-lekuk yang sedap dipandang. Keinginan yang mulia tentu tidak akan menyesatkan, bukan? Tapi, keinginan memang cenderung menyesatkan....

Mungkin karena kebanyakan dari keinginan itu mengandung kemelekatan. Sebuah 'rasa' yang jika tercapai akan menjadi sangat menyenangkan, memuaskan. Sebaliknya, jika tidak terwujud, akan membawa pada kekecewaan. Demikianlah, keinginan memang dipenuhi emosi tersembunyi. Padahal, Tuhan Maha Tahu atas apa yang hambaNya butuhkan, walaupun hamba-hamba seperti kita ini lebih memilih (baca: bahagia) untuk dikabulkan keinginannya -dan bukan (hanya) kebutuhannya. 

Sudah begitu, biasanya keinginan kita itu banyak sekali, meskipun mengerti bahwa sejatinya kebahagiaan itu adalah tanpa syarat. Keinginannya terijabah atau tidak, tetap bisa bahagia dengan bersyukur. Semestinya begitu, bukan? Karena Maha Mengerti IA, akan isi hati para hamba. MakhlukNya yang bisa jadi tamak ataupun sombong, jika banyak dari keinginannya terkabulkan....

Namun demikian, tetap sah-sah saja jika punya keinginan. Kita masih menjadi manusia dengan segala rasa dan pikirannya. Untuk itu, kembalilah kepada nilai-nilai yang diajarkan, saat mengejar keinginan. Juga, sambil dibantu dengan Surabhi Mudra ini.




Surabhi Mudra

Mengaplikasikan Mudra ini akan mengaktivasi cakra ke tiga, yaitu Cakra Pusar (Manipura). Manipura Cakra terletak di daerah pusar, berwarna kuning, dengan organ-organ tubuh seperti pencernaan, hati, pankreas, dan empedu. Oleh karenanya, penyakit-penyakit yang timbul pada organ-organ tersebut dapat terobati. Masalah pencernaan, perut kembung, Asam Lambung, hingga detoksifikasi atas racun-racun yang mungkin terkonsumsi bisa dibantu penyembuhannya.

Surabhi Mudra juga menyeimbangkan hormon-hormon, karena jari-jari sebagai perwakilan elemen dalam tubuh saling menyatu. Jika hormon seimbang, tubuh menjadi nyaman dan pikiran dengan sendirinya akan lebih tenang.

Selain itu, Cakra Manipura adalah tempatnya kreativitas dan rasa percaya diri. Di sini tempatnya rasa-rasa negatif seperti malu, benci, iri, takut bersemayam. Dengan demikian, jika Cakra ini diaktifkan, kenegatifan itu bisa hilang, berubah menjadi percaya diri, welas asih, berani, puas, dan kebaikan lainnya.

Dengan perasaan-perasaan indah, pikiran juga akan terpengaruh menjadi lebih positif, sehingga 'menyetel' self empowerment atau kemampuan diri pada tingkat yang lebih tinggi. Pada gilirannya, ini akan membawa pada kreativitas yang membantu merealisasikan keinginan.  


Caranya: Bawa tangan ke depan pusar, dengan posisi telapak saling berhadapan. Satukan ujung jari telunjuk kanan dengan ujung jari tengah kiri. Lalu sebaliknya, satukan ujung jari telunjuk kiri dengan ujung jari tengah kanan. Lakukan hal yang sama dengan ujung jari manis kiri dan ujung kelingking kanan, dan sebaliknya. Aplikasikan Surabhi Mudra sambil duduk bersila atau senyamannya, dalam waktu setidaknya 5 menit atau senyamannya.
......
Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

2. Untuk Meredakan Kemarahan
3. Untuk Rasa Takut


atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature


12 komentar:

  1. Wah cukup. Rumit ya tapi semoga semua impian tetcapai ya Teh aamiin

    BalasHapus
  2. Aku langsung coba teh, agakrumit yaa posisi jari kelingkingnya. Efek jari buntet deng ini mah ^^

    BalasHapus
  3. Harus dibaca dengan seksama ini mah soalnya ini menurut saya agak rumit dibandingkan mudra sebelumnya ya teh, hehehe

    BalasHapus
  4. keren ada yg buat merealisasikan keinginan segala.. tapi rada ribet yg ini mah ya hehe..

    BalasHapus
  5. Namanya lucu, bikin lapar hahaha... keinginanku banyak nih. Pergi umrah, haji, jalan-jalan, merit (((merit))) dan sebagainya. Hihihi

    BalasHapus
  6. Wuaaah, makasih mba, aku lagi belajar self healing, baca tulisanmu jadi tambah ilmu

    BalasHapus
  7. MUdra termasuk kajian New Age yang selama ini menjadi perhatian saya. Makasih tambahan ilmunya,Teh :)

    BalasHapus
  8. Aku musti baca 3x... maklum lemot. Haha.
    Aku butuh ini banget.

    BalasHapus
  9. Cukup beda kalau yang ini ya..
    Semoga apapun keinginan kita Allah permudah ya, Teh..

    BalasHapus
  10. Rumit ya teh, semoga semua keinginan kita di permudah oleh Sang Pemberi

    BalasHapus
  11. Surabhi mudra ini ibaratnya suatu gerakan untuk penyeimbang antara pikiran keinginan & hal yang belum tercapai agar pikiran kita selalu netral [bahasa Jawanya nrimo] ... betul ngga begitu,kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya :) Juga mengaktifkan cakra manipura, agar kreatifitas, kepercayaan diri, terstimulasi. Kalu punya banyak ide dan yakin pada kemampuan sendiri, apapun -seizin Tuhan- pasti tercapai :)

      Hapus