[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Sakit Tenggorokan

Selasa, 08 Agustus 2017

Mudra untuk Sakit Tenggorokan

Mudra untuk Sakit Tenggorokan, Mudra for Sore Throat Sakit tenggorokan adalah salah satu penyebab utama yang paling sering membuat kita pergi ke dokter. Apalagi pada bulan-bulan bercuaca dingin sampai peralihannya, sakit tenggorokan sering sekali terjadi. Hal ini tentu saja sangat mengganggu, karena tenggorokan adalah pintu masuknya berbagai asupan untuk hidup; makan, minum, udara. 

Faringitis atau sakit tenggorokan adalah gejala peradangan pada saluran napas di daerah leher, yaitu dari hidung sampai ke trakea (jalan masuk udara menuju paru-paru). Ada beberapa hal yang menyebabkan tenggorokan sakit, yaitu:


1. Berbagai jenis Virus.
Karena virus berterbangan dan siap dihirup kapan saja, oleh siapa saja, maka kita rentan sekali terkena. Virus yang menyebabkan sakit tenggorokan ada banyak, misalnya campak, cacar, bermacam jenis batuk, hingga virus influenza yang tidak ada obatnya kecuali istirahat yang cukup. 

2. Bakteri.
Jika sakit tenggorokan diakibatkan oleh bakteri, maka biasanya mulut akan berwarna merah karena peradangan, sehingga memerlukan obat antibiotik.  

3. Sebab-sebab lain seperti penderita alergi, penderita sinusitis, perokok aktif dan pasif, dan lain-lain.

Sakit tenggorokan biasanya akan membuat penderitanya mengalami satu atau beberapa gejala berikut:


  • Kesulitan menelan, karena tenggorokan terasa seperti teriris, sehingga napsu makan berkurang
  • Sedikit demam dan pusing, bisa juga disertai dengan badan meriang/panas-dingin
  • Tenggorokan kering, sehingga selalu merasa kehausan
  • Batuk dan pilek
  • Lidah sebagai indra pengecap terganggu fungsinya, dan lain-lain 


Namun, selain mengkonsumsi obat dokter, ada baiknya membantu diri dengan self healing Mudra. Yuk, berkenalan lagi dengan Mudra di artikel ini.

Mudra untuk Sakit Tenggorokan.

Ada bermacam pose Mudra yang baik untuk menjaga kesehatan alat pernapasan*, tapi Shankh Mudra rasanya adalah yang paling cocok untuk diaplikasikan, terutama untuk kesehatan tenggorokan. 

*baca juga: Mudra untuk penderita Asma

Shankha dalam bahasa India berarti Keong, atau Cangkang Kerang. Cangkang kerang memiliki keunikan tersendiri, misalnya jika didekatkan pada telinga, akan terdengar suara seperti angin menderu. Selain itu, cangkang kerang yang besar dan indah pada beberapa suku di Indonesia sering digunakan untuk alat komunikasi, seperti halnya kentongan. Dan di India, cangkang kerang dipakai untuk mengumumkan pembukaan rumah ibadah, layaknya bel pada sekolah. 

Sesuai dengan bentuk dan fungsinya, Mudra Cangkang Kerang ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tenggorokan, karena tenggorokan adalah tempat masuk dan keluarnya udara sebagai salah satu sumber hidup kita. Tidak hanya untuk kesehatan tenggorokan, Shankh Mudra juga efektif untuk mengatasi masalah infeksi saluran pernapasan, menyehatkan tiroid, serta sangat baik untuk menghaluskan pita suara. 




Caranya: Taruh ibu jari tangan kiri pada telapak tangan kanan, lalu genggam dengan empat jari tangan kanan (telunjuk, tengah, manis, kelingking). Biarkan empat jari tangan kiri tetap lurus dan menempel pada punggung jari-jari tangan kanan. Satukan ujung ibu jari tangan kanan dengan ujung jari telunjuk dan tengah tangan kiri. Untuk senantiasa menjaga kesehatan seputar tenggorokan, aplikasikan Shankh Mudra selama lima menit, dan untuk ikhtiar self healing atau penyembuhan, lakukan selama setidaknya 15 menit atau selama yang diperlukan.

......


Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:

3. Untuk Mengatasi Kelelahan


atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature


Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan. 

4 komentar:

  1. Aku ksh tau mudra ini ke adikku yang dokter spesialis tht, dan dia tertarik untuk mencoba. Pada dasarnya adekku jg tipe yg sebisa mungkin kalo bisa diobati dengan cara alami, jgn terlalu sering pake obat kimia. :)

    BalasHapus