[] Bilik Menulisku: Bersenang-senang di D'Fun Station pada Hari Anak Nasional

Selasa, 25 Juli 2017

Bersenang-senang di D'Fun Station pada Hari Anak Nasional




Bersenang-senang di D'Fun Station pada Hari Anak Nasional Ada arena permainan anak yang baru saya ketahui kemarin ini, namanya D'Fun Station. Padahal berdirinya sudah dari tahun 2005 loh! Lokasi D'Fun Station di komplek Singgasana Pradana, Mekar Sari, Bandung. Masih ada di jalan Soekarno-Hatta, satu lokasi sama rumah saya, walaupun agak jauh juga karena Soetta itu membentang dari ujung barat ke timur Bandung.

D'Fun Station menempati lahan seluas 7.000m2 dan bisa menampung sekitar 200 orang dewasa dan 100 anak-anak. Mengusung konsep Edutainment, D'Fun Station menyediakan pos-pos yang akan mengajarkan anak-anak dengan berbagai hal. Selain itu, anak-anak juga disuguhkan dengan berbagai wahana seperti Flying Fox, Waze/Labirin, Mandi bola, Sand Area, Water Zone dan lain-lain, baik indoor maupun outdoor.



Bertepatan dengan hari Anak Nasional kemarin, Raynor diajak main ke sana. D'Fun Station memang cocok banget buat anak-anak range usia 2-6 tahun. Setiap wahana disesuaikan dengan kemampuan kinestetis anak-anak. Jadilah Raynor banyak bermain di wilayah anak usia 4-6 tahun, karena wilayah anak usia 2-4 tahun itu terlalu mudah buat dia, hahahaha! Mama dan kakak Kayla ikut senang sekali menemani Raynor. Ngga bosen, karena di setiap pos jadi ikutan belajar juga diam-diam, hihi. Pos-pos kemampuan apa saja sih, yang diasah di sana?

1. Pos Linguistik.

Pada pos ini, Raynor dihadapkan pada sebuah papan dengan gambar 4 furnitur dan ruangan di rumah. Tugasnya adalah mencocokkan furnitur dengan ruangannya, sambil dijelaskan fungsinya oleh mbak yang jaga. Karena sambil ditanya-tanya juga, anak-anak akan semakin mampu berbicara dan membuat kalimat dengan bahasa yang lebih kompleks.

2. Pos Natural.

Di sini, Raynor menemui 2 gambar keadaan cuaca: panas dan berawan. Mbak yang jaga memperlihatkan beberapa gambar lagi yang berhubungan kedua cuaca tersebut, dan tugas Raynor adalah menaruh semuanya pada kolom yang tepat, misalnya gambar hujan pada kolom berawan. Lucu juga ya, cara mengajarkan anak tentang alam :)

3. Pos Musik.

Kali ini yang menjaganya adalah laki-laki, dan ia memperdengarkan beberapa bunyi. Uniknya, sumber-sumber bunyi terebut bukan cuma dari alat musik, tapi juga dari barang-barang lain yang dimodifikasi. Misalnya, ada sebilah kayu, sebotol kecil pasir, sebotol besar air, yang kemudian dipukul dengan sumpit sehingga menghasilkan bunyi. Raynor disuruh tutup mata untuk menebak mereka. Seru!

4. Pos Logika Matematika.

Raynor belajar tentang konsep timbangan di sini. Mbaknya memperkenalkannya pada neraca, lalu meminta ia menaruh sebuah bidak di wadah kiri, dan satu kerang kecil di wadah kanan. Karena neracanya belum seimbang, Raynor harus terus mengisi wadah kanannya dengan lebih banyak kerang, supaya mendapatkan berat yang sama. Lalu ia diminta berhitung, satu bidak itu setara dengan sekian jumlah kerang-kerang kecil. Raynor senang dengan matematika, jadi pelajaran itu menarik sekali untuknya.

5. Pos Spiritual.

Pos ini mengenalkan anak-anak pada keragaman kepercayaan di negara kita. Ada 6 tempat ibadah, dengan 6 bidak orang yang berbeda agama. Si mbak menjelaskan sedikit tentang rumah ibadah dan pelaku ibadahnya, dan bahwa setiap orang harus senantiasa berdoa untuk menyampaikan rasa syukur atas kehidupan ini. Bagus banget ya, pelajarannya! Oya, tugas Raynor di sini adalah mengantarkan orang-orang itu ke tempat ibadahnya masing-masing. Namanya anak kecil, orang dan tempat ibadahnya tertukar-tukar, hahaha!

6.  Pos Interpersonal.

Di sini, Raynor belajar mengenal dirinya sendiri dengan berbagai macam emosi. Misalnya, si mbaknya bertanya, apa jadinya kalau orang lain mengambil mainannya? Anak-anak harus mengerti emosi apa yang dikeluarkannya, pada waktu yang tepat. Jadi, bila mainannya diambil orang, Raynor boleh marah. Pelajaran mengenal emosi itu dilakukan dengan beberapa anak lain, dan menggunakan mainan ular tangga dengan bermacam emosi lainnya.

Image may contain: 1 person

Setiap pos memberikan hadiah sebuah bulu layaknya hiasan topi orang Indian. Anak-anak yang masuk memang diberikan satu topi Indian dengan dua bulu warna hitam dan putih. Pada setiap pos belajar, anak-anak diberi hadiah sebuah bulu berwarna lain yang bisa memperbanyak hiasan di topinya. Tapi hanya enam pos itu saja yang mau dimasuki Raynor. Soalnya, wahana-wahana permainan lain mengalihkan perhatiannya, hihi! Raynor masuk ke dalam wahana waze atau labirin dan menemukan sebuah bulu kuning sebagai hadiahnya. Ia juga berlatih kinestetis dengan bermain hulahup bersama kakaknya, dan mendapat satu bulu berwarna merah muda. 

Setelah siang, akhirnya ia berhasil mengumpulkan 11 bulu berwarna-warni yang dapat ditukarkan dengan harta karun. Harta karunnya ternyata adalah sebuah koin emas (isi coklat) dan cermin. Dihadapkan dengan cermin, Raynor mengerti bahwa harta karun terbesarnya dalah dirinya sendiri yang sudah mencapai banyak keberhasilan dalam berbagai wahana permainan dan pos pembelajaran. Yeaay!


Image may contain: 3 people, people smiling, people sitting and outdoor

Di sana, saya juga masuk ke dalam seminar mengenai manajemen emosi anak yang dipersembahkan oleh Happy Club, sebuah Playgroup yang mengadaptasi pendidikan dari negara dengan tingkat pendidikan terbaik: Finlandia. Dengan dua orang Psikolog, para orang tua dijelaskan mengenai karakter anak dan emosi yang bisa dikeluarkannya, serta cara menghadapinya. Happy Club juga menawarkan paket diskon untuk yang mau bergabung, atau sekadar ikut tes sidik jari anak. 

Setelah puas bermain dan mendapat pengetahuan, kami beristirahat di dalam sebuah gedung yang ternyata multifungsi. Di sana ada wahana permainan lagi yang cocok untuk ber-me time-nya orang tua. Sambil makan, maksudnya, hahaha, karena ada kafe dan beberapa booth makanan. Kayla makan semangkuk Nasi Ayam Teriyaki seharga 17.500, dan Raynor maunya makan Nasi Goreng Keju seharga 14.000. Mamanya kok ngga kepengin makan berat ya, malah 'nyamil baso tahu yang enak bingits seharga @6.500.

Oya, di gedung yang sama itu ada Starbright. Sebuah Playgroup dan TK yang menekankan pada seni dan eksplorasi alam. Kemarin ada pertunjukkan dari para muridnya. Mereka menyanyi dan joget-joget lucu! 

......

Nah, bagi yang ingin mendaftar dan menjadi member Happy, segera kepo-in mereka yaa, di Facebook @FunStationBandung dan Instagram @D'FunStation, atau langsung hubungi di:

Jl. Candra Kirana No. 1, Perumahan Singgasana Pradana, Mekarsari, Bandung
Telepon: 022-5436 338
Jam Buka: Selasa-Jumat : 10.00 – 17.00, Weekend : 10.00 – 19.00
Tiket: Anak (Weekdays) 45.000 dan (Weekend) 55.000, Orang Tua Rp 10.000

Have fun!

post signature

11 komentar:

  1. teh ini acara yang dishare di group y?seru yah pengen banget ikutan deh jadinya macam2 aktifitas yang bikin anak ga bosen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa :) Tiketnya murmer, yuk ksana lagii

      Hapus
  2. Tempatnya bagus banget! Semoga banyak tempat sejenis di berbagai tempat di Indonesia

    BalasHapus
  3. Duh asyik banget wahananya,,bocah2ku suka niih

    BalasHapus
  4. Wah edukatif banget mb, sayang jauh yaa hiks..sy semarang mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhihihi.. share tempat main anak di Semarang yaa

      Hapus
  5. mba, saya pengen banget bisa ke Bandung dan nyicipin wahana permainannya satu satu, hehe,

    BalasHapus
  6. Seruuuuu banget acaranya, anak-anak senang dan pastinya ibu pun senang. :)

    BalasHapus