[] Bilik Menulisku: Mudra untuk Kesehatan Ginjal

Jumat, 04 Agustus 2017

Mudra untuk Kesehatan Ginjal

Mudra untuk Kesehatan Ginjal, Mudra for Kidney ~ Salah seorang teman meminta untuk dibuatkan artikel ini, untuk membantu bibinya yang sudah dalam tahap cuci darah setiap minggunya. 

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Bentuknya seperti kacang merah dengan ukuran kurang lebih satu kepalan tangan, dan letaknya di perut bagian belakang kiri dan kanan. Organ vital ini memiliki banyak fungsi, seperti:


1. Membersihkan darah dari kandungan zat asing/racun yang masuk ke dalam tubuh. Bagian dari ginjal yang bernama Nefron melakukan fungsi penyaringan ini sehingga darah senantiasa bersih dan tidak membahayakan tubuh.

2. Membuat urine dari sisa limbah tubuh, sekaligus berfungsi untuk menjaga kestabilan cairan. Ginjal akan membuang kelebihan cairan sehingga kadar air dalam tubuh tetap seimbang.

3. Menjaga keseimbangan mineral-mineral dalam tubuh, seperti kalium, garam, yang jika berlebihan maka tentu saja mengakibatkan ketidakseimbangan dan menimbulkan penyakit.

4. Mengontrol tingkat keasaman darah, dan lain sebagainya

Ginjal berhubungan erat dengan air, sehingga kecukupan air dalam tubuh harus selalu dijaga demi kesehatannya. Selain menjaga kesehatan ginjal dengan konsumsi air putih yang cukup, keseimbangan unsur air juga dapat dibantu dengan ber-Mudra. 

Sila klik di sini untuk berkenalan kembali dengan Mudra.

Ada beberapa Mudra yang diperlukan untuk membantu menyeimbangkan unsur air dalam tubuh. Beberapa di antaranya yang dapat diaplikasikan yaitu:

Kilaka Mudra II

Seperti lazimnya, sebuah Mudra memiliki keragaman manfaat. Salah satu manfaat dari Kilaka Mudra II adalah membantu tubuh untuk memaksimalkan fungsi urinasi (buang air kecil). Sebagian dari kita yang bekerja di belakang meja, biasanya banyak menghabiskan waktu sambil duduk di depan buku atau layar komputer saja. Terbiasa dalam posisi demikian selama berjam-jam tanpa aktivitas fisik lain dapat menyebabkan menurunnya fungsi ginjal dan kandung kemih. Padahal ginjal dan kandung kemih bertanggung jawab atas masalah urinasi. Ginjal membentuk urine dan mengumpulkannya dalam kandung kemih sebelum dibuang. Dengan demikian, melakukan Kilaka Mudra II selama setidaknya 5 menit dapat membantu aktivasi dan stimulasi kedua organ penting tersebut.

Caranya: Kedua tangan direnggangkan dalam posisi berhadapan. Kemudian, bawa keduanya dalam posisi berpunggungan. Tautkan kedua jari kelingking, dan satukan ujung-ujung ibu jari dengan jari tengah dan jari telunjuk pada masing-masing tangan. Biarkan jari manis tetap lurus, namun tidak kaku.

Kurma Mudra

'Kurma' dalam bahasa Sansekerta artinya 'Kura-kura', hewan air yang dapat hidup di darat. Walau nyaman merendam diri dalam air, kura-kura bernapas dengan paru-paru hingga dapat bertahan di daratan. Layaknya kura-kura yang tak kekurangan cairan, Kurma Mudra bermanfaat untuk membantu menyeimbangkan unsur air dalam tubuh, hingga senantiasa lembab dan tidak kekeringan. Dengan demikian, ginjal dapat melakukan tugasnya sebaik mungkin tanpa kekurangan cairan. 






Caranya: Pada tangan kiri, lipat tiga jari: tengah, manis, dan kelingking. Pada tangan kanan, lipat hanya dua jari: tengah dan manis. Satukan kedua tangan pada jari-jari yang dilipat, sehingga lipatan jari-jari tangan kanan berada di atas lipatan jari-jari tangan kiri. Saat kedua tangan sudah bertangkupan, satukan ujung jari kelingking kanan dengan ujung jari telunjuk kiri. Lalu, satukan ujung jari telunjuk kanan dengan ibu jari kiri. Biarkan ibu jari kanan bersandar pada pergelangan tangan kiri. Lakukan sambil duduk bersila dengan punggung tegak atau senyamannya, setidaknya selama lima menit.

Makara Mudra

'Makara' dalam bahasa Sansekerta berarti 'Buaya'. Sama halnya dengan kura-kura, buaya juga nyaman berada di air sekaligus di darat. Makara Mudra melambangkan kekuatan yang disembunyikan, layaknya buaya yang tahan berdiam diri dalam waktu lama namun tetap sigap saat beraktifitas. Mudra ini membantu menguatkan ginjal, sebagai organ vital yang sangat memerlukan cairan. Melakukan Makara Mudra selama setidaknya 5 menit akan menstimulasi ginjal untuk menyimpan cadangan energi yang akan bermanfaat bila suatu saat tubuh sedang kekurangan cairan.



Caranya: Duduk bersila dengan punggung tegak, atau senyamannya. Renggangkan tangan kiri, lalu satukan ujung-ujung ibu jari dan jari manis. Selipkan ibu jari tangan kanan di antara jari manis dan kelingking tangan kiri, hingga ujung ibu jari kanan menyentuh pergelangan ibu jari kiri. Biarkan keempat jari tangan kanan lainnya memegang punggung tangan kiri. Lakukan Makara Mudra selama 5 sampai sepuluh menit untuk memberikan energi pada ginjal.

Shankh Mudra

'Shankh' dalam bahasa Sansekerta berarti 'Cangkang Kerang'. Sesuai dengan bentuk dan namanya, Shankh Mudra memiliki kelebihan dalam menyelaraskan fungsi saluran pernapasan. Tidak hanya itu, mengaplikasikan Shankh Mudra akan juga menyehatkan organ vital lain, seperti jantung, usus, dan ginjal. Untuk membantu menguatkan ginjal, Mudra ini dapat dimasukkan dalam program penyembuhan pasien gagal ginjal, setidaknya selama 5 menit.



Caranya: Letakkan ibu jari tangan kiri pada telapak tangan kanan, lalu lipat keempat jari tangan kanan (telunjuk, tengah, manis, kelingking) hingga melingkari ibu jari tangan kiri. Biarkan ibu jari tangan kanan tetap tegak untuk menyentuh ujung jari telunjuk dan tengah tangan kiri. Letakkan kedua tangan di depan dada dan duduk dengan punggung tegak atau senyamannya.  

Varuna atau Jala Mudra

'Jal' dalam bahasa Sansekerta berarti 'Air'. Air adalah salah satu dari lima elemen penting dalam tubuh, yang kontrolnya berada di jari kelingking. Melakukan Varuna atau Jala Mudra akan menyeimbangkan kadar air dalam tubuh, sehingga sirkulasinya senantiasa lancar. Seperti yang kita ketahui, lebih dari 70% unsur dalam tubuh kita adalah air. Oleh karenanya, mengaplikasikan Mudra ini akan sangat bermanfaat bagi seluruh organ tubuh yang berhubungan fungsinya dengan air, terutama ginjal. 



Caranya: Satukan ujung-ujung ibu jari dengan jari kelingking. Lakukan dengan kedua tangan sambil duduk bersila dengan punggung tegak dan masing-masing tangan berada di atas paha. Bila diaplikasikan dengan rutin setidaknya 5 menit tiga kali sehari, akan menjaga kestabilan cairan tubuh dan membantu fungsi kerja ginjal. 


......

Bila penyakit sudah sampai pada tahap serius, maka diperlukan serangkaian Mudra yang sinergis untuk ikhtiar self healing, seperti Mudra-mudra di atas. Namun jika 'sekadar' ingin menjaga kesehatan ginjal, sepertinya Makara dan Jala sudah cukup -tentu saja diiringi dengan pola hidup, yaitu makan, minum, dan istirahat yang baik.


......



Pose terbaik untuk melakukan self healing Mudra adalah dengan meletakkan formasi jari pada masing-masing paha sambil duduk bersila dan punggung lurus (walaupun tentu saja dalam kasus-kasus tertentu bisa dilakukan dengan duduk bersandar atau berbaring). Lakukan dengan tenang sambil memperhatikan napas. Berkonsentrasi hanya pada menarik dan menghembuskan napas akan membantu pikiran untuk rileks dan tidak kemana-mana. Pada saat itu, energi akan mengalir sesuai dengan formasi Mudranya, dan dengan izin Tuhan, bisa menyembuhkan serta membantu mewujudkan harapan.


Tentang manfaat Mudra yang lain ada di sini:


2. Untuk Osteoporosis
3. Untuk Pemulihan dan Restorasi


atau di sini

4. Kumpulan artikel Mudra


"Mudra, a simple, easy, and free way of self healing"  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

post signature

Disclaimer: Mudra adalah sebuah bentuk pengobatan alami diri sendiri yang bisa menyembuhkan, tanpa efek samping. Tapi tentu saja, setiap manusia harus berikhtiar dalam sakitnya dengan menemui ahli-ahli medis. Bila diaplikasikan, Mudra akan seiring sejalan dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan. 

24 komentar:

  1. Saya baru denger tentang Mudra ini mbak, menarik untuk diikuti.

    BalasHapus
  2. Aku save postingan ini biar gampang nyarinya pas butuh
    Makasi ya mbak. Langsung paktik nih

    BalasHapus
  3. oh baru tahu tentang terapi Mudra ini, mbak. Keep sharing yaa

    BalasHapus
  4. Oh, banyak pemanfaatannya mudra ya. Menarik untuk dipraktikkan.

    BalasHapus
  5. Sekilas terlihat sepele ya mudra ini tapi ternyata banyak manfaatnya apalagi untuk kesehatan.

    BalasHapus
  6. Aku baru tahu tentang ini, dan baru dengar juga mudra, masih asing ditelingaku. Tapi ini bermanfaat banget, baca dipagi hari, ilmu :)

    BalasHapus
  7. Ini ada kelasnya gitu nggak ya teh buat belajar? hehe

    BalasHapus
  8. mbaaaak ini postingannya dibikin video juga dong, sepertinya semakin menarik kalau dibikin video

    BalasHapus
  9. Teh kusuka postingannya, nggak ada kimia-kimianya, setuju sama teh sari, dibikin videonya dong :*

    BalasHapus
  10. Baru tau saya mbak ada tehnik seperti ini, kaya tehnik ninja ya

    BalasHapus
  11. Saya radak ngeri kalau dengar orang sakit ginjal (gangguan ginjal) harus cuci darah setiap periode, kalau nggak tubuh akan bengkak-bengkak,. Mudah2an kita semua selalu diberi kesehatan. BTW Mudra itu apa yang Putu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada penjelasan tentang Mudra di artikel sebelumnya, Mas Anjar :)
      Iya betul, ngeri bayanginnya....

      Hapus